Bangsa Kucing..waoow !!!

Standar

2008-08-18-macan-dahan

Macan Dahan.

Kamera penjebak yang dipasang di dalam hutan Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah merekam seekor macan dahan. Ini adalah rekaman pertama yang menunjukkan keberadaan spesies langka tersebut di kawasan tersebut.

“Kami sangat terkejut dengan bukti tersebut karena terjadi di Sebangau,” ujar Profesor David MacDonald, direktur Unit Penelitian Konservasi Kehidupan Liar, Universitas Oxford yang terlibat dalam program konservasi macan besar di Sebangau. Sebab, di lokasi tempat dipasangnya kamera tersebut sebelumnya tak pernah dilaporkan adanya macan dahan.

Macan dahan di Kalimantan belum lama diklasifikasikan sebagai spesies sendiri dengan nama Neofelis diardi. Para ilmuwan menentukan hal itu pada 2007 setelah diketahui bahwa spesies ini memiliki perbedaan dengan sekitar 40 spesies sejenis yang hidup di berbagai negara Asia. Berdasarkan perkiraan dari ruang jelajah dan kepadatan tutupan hutan, populasi macan dahan di Kalimantan diperkirakan tak kurang dari 10.000 ekor.

20070314fule-macan-dahanMacDonald mengatakan macan besar merupakan salah satu prioritas utama program konservasi. Spesies macan yang memiliki corak tubuh khas dengan belang yang besar-besar itu merupakan simbol konservasi yang diusung lembaganya di Asia Tenggara.

150007690_574d6a38f4Harimau.

harimau tergolong dalam kerajaan hewan dalam filum kordata (bersaraf tunjang), sub-filum vertebrata (bertulang belakang), kelas mamalia (berdarah panas, berbulu dengan kelenjar menyusu), susunan maging (Carnivor), keluarga felidae (kucing), genus panthera, spesies tigris (harimau), sub-spesies Panthera tigris tigris.

harimau dipercayai berasal daripada sejenis hewan pemangsa zaman purba yang dikenali sebagai Miacids. Miacids hidup  kira-kira 70-65 juta tahun dahulu semasa jaman dinosaurus di Asia Barat (Andrew Kitchener, “The Natural History of Wild Cats”).  keturunan harimau kemudian berkembang di kawasan timur Asia di China dan Siberia sebelum berpecah dua, satunya bergerak ke arah hutan Asia Tengah ke barat dan barat daya menjadi harimau Caspian. Sebagian lagi bergerak dari Asia Tengah ke arah kawasan pergunungan barat, dan seterusnya ke Asia tenggara dan kepulauan Indonesia, sebagian lagi ke barat hingga ke India (Hemmer,1987)

Dalam spesies harimau modern, terdapat lima sub-spesies harimau dalam Genus Panthera yang masih hidup pada masa sekarang dari jumlah asal  sub-spesies harimau modern. Tiga sub-spesies harimau yang selebihnya telah  dianggap punah secara resmi. Sub-spesies harimau yang diketahui adalah seperti berikut :


waid_tigerharimau Indochina(Panthera tigris corbetti) – yang terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumputMalaysia, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, danVietnam.

2877298000052954010prepms_fsharimau bengal (Panthera tigris tigris) – yang terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumput Bangladesh, Bhutan, China, India, dan Nepal.

south-china-tigerharimau china selatan/amoy(Panthera tigris amoyensis) – yang tinggal di kawasan hutan hujan dan padang rumput tengah dan barat China.harimau siberia (Panthera tigris altaica) – atau juga dikenali sebagai Amur, Ussuri, Harimau Timur Laut China, atau harimau Manchuria.

0000075640-tiger0005-004harimau Siberia tinggal di kawasan hutan hujan dan padang rumputChina, Korea Utara, dan Asia Tengah di Russia.

57276481_1ab209de59harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) – yang tinggal hanya di kepulauan Sumatera,Indonesia.

180px-bertramliger

caspian1

Harimau Caspian pernah menghuni kawasan hutan hujan dan padang rumput Afghanistan, Iran, Turki, Mongolia, dan Asia Tengah Russia. Kegiatan pemburuan dan pembukaan tanah oleh manusia telah menyebabkan harimau Caspian tidak dapat menghadapi ancaman yang terus menerus dan dipercaya telah punah. Harimau Caspian terakhir dibunuh pada 1950.

gambarharimaujawa

ngusung_macanHarimau jawa (Panthera tigris sondaica) – yang telah pupus sekitar 1972. Harimau Jawa pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan kepulauan Jawa, Indonesia. gimana gak abis, gimana gak punah klo masyarakat luas menganggap harimau sebagai musuh, perburuan, hama dsb…percuma ! lihat aja gambar yang terpampang itu…siapa yang bertanggungjawab atas hal yang seperti ini ?


bali-tiger-shot-192511Harimau Bali (Panthera tigris balica) – yang telah pupus sekitar 1937. Harimau Bali pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan kepulauan Bali, Indonesia.

img_2608

85080950_695ac1e0ecHarimau Bengal atau Panthera tigris tigris, terdapat dikawasan hutan hujan dan kawasan padang rumput di India, Cina, Bangladesh, Bhutan, dan Nepal. Kebanyakan daripada populasi harimau Bengal ini hidup dalam negara India.

Harimau Bengal lebih cerah dan besar sedikit daripada harimau Indochina. Selain itu harimau Bengal juga mempunyai belang yang lebih tebal dan panjang daripada harimau indochina. Harimau Bengal jantan mempunyai panjang kurang lebih 2.9 meter (9 1/2 kaki) dari kepala hingga ke hujung ekor dengan beratkurang lebih 220 kilogram (480 paun). Harimau Bengal betina pula berukuran 2.5 meter (8 kaki) panjang dengan berat 150 kilogram (300 paun). Harimau Bengal pada kebiasaannya memburu rusa, dan kerbau liar.

Pengerusakan kawasan yang dihuni oleh harimau Bengal yang disebabkan oleh pembangunan, dan pertanian menyebabkan kehidupan harimau Bengal semakin tertekan. Walaupun Harimau dianggap sebagai hewan yang perkasa dan menjadi lambang kegagahan dan keberanian, semua spesies harimau kini berhadapan dengan ancaman untuk terus hidup. Seandainya tidak ada seorangpun yang bertindak untuk menyelamatkan mereka, harimau Bengal hanya akan tinggal nama di masa akan datang.

african_lion

lion-female

Singa.

Singa atau dalam nama ilmiahnya Panthera leo adalah seekor hewan dari keluarga felidae atau genus kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaannya. Berat Singa kurang lebih antara 150 kg (betina) dan 225 kg (jantan). Umurnya antara 10 sampai 15 tahun di hutan. Tetapi jika dipelihara bisa sampai 20 tahun.

Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya.

Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya, karena singa mampu memanjat pohon, sedangkan harimau tidak.

Singa jantan di tumbuhi bulu tebal disekitar tengkuknya, hal ini lebih menguntungkan untuk melindungi tengkuknya, terutama dalam perkelahian bebas antara kucing besar, yang terkenal dengan selalu menerkam tengkuk untuk melumpuhkan musuhnya.

dsc_9232-black-leopard-with-2-eyes-open-en-az

l19f_snow_leopard_cub

calculation-snow-leopard

leopardr1403_600x4632

leopard1

6a00d8341c90b153ef00e54f29a8798834-800wi

Leopard.

These beautiful gray leopards live in the mountains of Central Asia. They are insulated by thick hair, and their wide, fur-covered feet act as natural snowshoes. These cats have powerful legs and are tremendous leapers, able to jump as far as 50 feet (15 meters). Snow leopards use their long tails for balance and as blankets to cover sensitive body parts against the severe mountain chill.

Snow leopards prey upon the blue sheep (bharal) of Tibet and the Himalayas, and mountain ibex found over most of the rest of their range. Though these powerful predators can kill animals three times their weight, they also eat smaller fare, such as marmots, hares, and game birds.

One Indian snow leopard, protected and observed in a national park, is reported to have consumed five blue sheep, nine Tibetan woolly hares, twenty-five marmots, five domestic goats, one domestic sheep, and fifteen birds in a single year.

Fast Facts.

class=”list-item”>Type: Mammal
class=”list-item”>Diet: Carnivore
class=”list-item”>Size: 4 to 5 ft (1.2 to 1.5 m); Tail, 36 in (91 cm)
class=”list-item”>Weight: 60 to 120 lbs (27 to 54 kg)
class=”list-item”>Protection status:  Endangered.
class=”profile-text”>Size relative to a 6-ft (2-m) man:
Illustration of the animal's relative size

Kucing Emas.

Kucing Emas  merupakan jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini, sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi jenis ini, termasuk populasi mereka di dalam kawasan. pola hidup satwa ini belum diketahui secara jelas tidak seperti jenis kucing hutan lainnya.

Bulu berwarna mulai dari pirang coklat muda sampai hitam. Pada bagian kepala dan bagian bawah ekornya terdapat garis putih yang dapat dilihat dengan mudah. pada tahun 1996, melalui Photo Trapping, Untuk pertama kalinya berhasil terpetret seekor kucing Emas yang berwarna hitam pekat.

Satwa ini dapt ditemukan mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 2.000 m dpl. Hidupnya tidak sesoliter jenis kucing yang lain dan sering terlihat bergerak dalam kelompok, keluarga atau berpasangan. Umumnya satwa ini bergerak di daratan meskipun mereka pandai memanjat dan aktif disiang hari, meskipun mereka pemburu yang ulung di waktu malam. Lokasi yang diperkirakan merupakan habitatnya adalah Tandai dan Gunung Seblat.


ceetah_familyCeetah.

Dalam keluarga kucing besar, ini adalah salah satu karnivora penyendiri dan berburu pada siang hari. Postur tubuhnya yang ramping dengan kaki panjang serta ukuran ekor yang cukup besar sebagai penyeimbang tubuh, adalah kombinasi yang sangat sempurna untuk menempatkan binatang ini dalam predikat binatang darat tercepat. Dalam kecepatan maksimal binatang ini hampir tidak mengalami kendala berkenaan dengan keseimbangan tubuhnya, bahkan untuk melakukan manufer belokan tajam secara tiba-tibapun, sangat berbeda dengan binatang berkaki empat lainnya. Untuk melumpuhkan mangsanya binatang ini memanfatkan warna kulitnya sebagai kamuflase diantara ilalang (di habitat aslinya), dan secara perlahan-lahan mendekati mangsa dan setelah berada dalam jangkauannya secara tiba-tiba binatang ini menyerang mangsanya. Meski sebagai binatang tercepat, tetapi dalam berburu dan diantara kawanan mangsanya, ceetah tetap mencari mangsa yang paling lemah. Karena kemampuan lari kucing ini hanya dalam jarak pendek saja.


196251151_04d6106cc82

Jaguar.

Jaguar, Panthera onca, adalah mamalia dunia baru dari dunia kucing dan satu dari 4 kucing besar dalam Panthera genus, bersama harimau, singa, dan macan tutul dari dunia lama. Dia hanya ditemukan di dunia baru. Jaguar adalah kucing terbesar ketiga setelah harimau dan singa, dan rata-rata terbesar dan terkuat terdapat di belahan bumi bagian barat. Jaguar kini meluas dari Mexico melewati Amerika Tengah ke Paraguai dan Argentina utara. Jaguar telah diburu sejak 1970-an dan sekarang jumlahnya semakin menurun.


Kucing berbintik ini menyerupai macan tutul, walaupun biasanya lebih besar dan lebih kuat dan perilakunya, dan lingkungannya dekat dengan harimau. Sementara hutan hujan yang tebal adalah habitatnya, jaguar akan mencakup berbagai hutan dan tempat terbuka. Ini berhubungan dengan air dan permukaan, bersama dengan harimau, sebagai kucing yang senang berenang. Jaguar adalah sebagian sangat solit, pemangsa penyergap, dan oportunis dalam memilih mangsa. Ini juga puncak kulminasi dan pemangsa dasar, peran penting dalam ekosistem dan pengaturan jumlah jenis mangsa. Jaguar telah mengembangkan gigitan yang sangat kuat, bahkan hampir sama dengan kucing besar lain. Ini memudahkannya menembus kulit reptil dan menggunakan cara membunuh yang tidak biasa : gigitan langsung menembus tengkorak dari buruannya diantara telinga untuk menghasilkan kerusakan parah diotak.


Jaguar berotot dan sedehana. Ada variasi penting dalam ukuran : Beratnya biasanya 56-59 kilogram, Penjantan yang lebih besar bisa mencapai 150 kilogram (lebih kecil dari harimau dan singa), dan yang lebih kecil mempunyai berat yang sangat rendah 36 kilogram. Wanita mempunyai berat 10-20% lebih kecil dari jantan. Panjang kucing bervariasi dari 1.62 meter- 1.83 meter, dan ekornya bisa bertambah sepanjang 75 centimeter. Saat berdiri tingginya kira-kira 67-72 centimeter.


Jaguar menyerupai macan tutul, tetapi lebih berat dan lebih kokoh, 2 hewan dapat dibedakan berdasarkan tutulnya : tutul pada jaguar lebih besar, sedikit, dan lebih gelap . Jaguar juga mempunyai kepala bulat dan lebih pendek, kaki ramping yang menyerupai macan tutul.


Jaguar betina mencapai kedewasaan seksual pada usia 2 tahun, dan pada jantan pada usia 3 atau 4 tahun. Kucing dipercaya kawin sepanjang tahun, saat angka kelahiran meningkat ketika mangsa meningkat. Rangsangan betina adalah 6-17 dari 37 hari siklus penuh, dan betina akan mengiklankan kesuburan melalui bau dari air seni dan peningkatan suara. Sex keduanya akan lebih luas daripada biasanya. Pasangan akan berpisah setelah prosesi kawin selesai dan betina akan mengambil alih tugas sebagai orangtua secara keseluruhan. Masa persiapan berlangsung 93-105 hari, betina bisa melahirkan sampai 4 anak tapi biasanya hanya 2. Induk jaguar tidak akan membiarka jantan mendekat setelah masa kelahiran, karena beresiko anak jaguar akan dimakan pejantan, sikap seperti ini juga sama dengan harimau. Jaguar muda buta saat lahir, dan baru bisa melihat setelah 2 minggu. Anak jaguar tidak akan terpisah dari induknya selama 3 bulan dan berada disarang selama 6 bulan sebelum menemani induknya berburu. Mereka akan terus menemani induknya 1-2 tahun sebelum menetapkan wilayah untuk dirinya sendiri. Pejantan muda pada mulanya sebagai pengembara kemudian berebut dengan yang lebih tua sampai mempunyai daerah sendiri. Biasanya jaguar hidup selama 12-15 tahun tapi di penangkaran jaguar hidup selama 23 tahun keatas, dan mereka ditetapkan sebagai kucing yang bisa hidup paling lama.



Puma, Mountain Lion

Cougar/ Puma, (Mountain Lion)

Felis concolor patagonica

Felidae

In the mountainous areas from Arica to Magellan..

Large feline, can be as long as 2.8 meters and weigh 80 kg. Lives in the mountainous regions and in dense forests. Feeds on guanacos (in the llama family), birds, and rodents.

puma211

Nah…itulah sebagian keluarga Felidae alias cat family’s, dengan adanya artikel ini saya menghimbau kepada para pembaca untuk lebih menyayangi para binatang buas ini, setidaknya melindungi dari kepunahannya…ciaaooo !!!


About these ads

5 thoughts on “Bangsa Kucing..waoow !!!

  1. tolong polisi hutan diperbanyak penjagaan disekitar hutan lindung, supaya para pemburu liar tertang saat sedang ingin menangkap hewan liar.

    Suka

  2. lub

    info :ada yg melihat macan hitam polos sebesar induk anjing melintas, lokasi di jarak sekitar 2 Km dari kereng bengkirai (lokasi sarang walet) sekitar 3 bulan yg lalu .

    Suka

  3. klo macan dahan alhamdulilah masih banyak tersebar di segala penjuru hutan2 di indonesia, meskipun tinggal beberapa..tapi masih bisa disaksikan dengan mata telanjang daripada harimau belang ^_^…but makasih ya atas info nya sip2…

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s