R0ch4′s Blog

Dunia Lain Di Dunia Yang Lain Dari Duniaku

Qarin, Jin Pendamping Manusia.

qarin, selalu bersama kita

Yang dimaksud dengan qarin dalam surat Qaaf 50:27 ialah yang menyertai. Setiap manusia disertai jin yang selalu memperdayakannya. Allah berfirman, artinya: “Yang menyertai dia (qarin) berkata pula: ‘Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkan tetapi dialah (manusia) yang berada dalam kesesatan yang jauh’…” (QS Qaaf 50:27).

Manusia dan syetan qarinnya itu akan bersama-sama pada hari berhisab nanti. Dalam sebuah hadits (HR Ahmad) Aisyah ra mengatakan:
Rasulullah SAW keluar dari rumah pada malam hari, aku cemburu karenanya. Tak lama ia kembali dan menyaksikan tingkahku, lalu ia berkata: “Apakah kamu telah didatangi syetanmu?” “Apakah syetan bersamaku?” Jawabku. “Ya, bahkan setiap manusia.” Kata Nabi Muhammad SAW. “Termasuk engkau juga?” Tanyaku lagi. “Betul, tetapi Allah menolongku hingga aku selamat dari godaannya.” Jawab Nabi (HR Ahmad).

Berdasarkan hadits ini, Nabi Muhammad juga ternyata didampingi syetan. Hanya syetan itu tidak berkutik terhadapnya. Lalu bagaimana mendeteksi keberadaan jin (misalnya di rumah kita), apa tanda-tanda seseorang kemasukan jin? Tidak ada cara atau alat yang bisa mendeteksi keberadaan jin. Sebab jin dalam wujud aslinya merupakan makhluk ghaib yang tidak mungkin dilihat manusia (QS Al-A’raf 7:27).
Tidak ada manusia yang bisa melihat jin, dan jika ada manusia yang mengklaim mampu melihat jin, maka orang tersebut sedang bermasalah. Bisa jadi dia mempunyai jin warisan atau pun jin hasil dia belajar. Kemampuan ini sebetulnya dalam Islam dilarang untuk dimiliki, dan termasuk dalam kategori bekerja sama dengan jin yang menyesatkan (QS Al-Jin 72:6).

Sesungguhnya, tidak ada cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan jin. Jangan meminta bantuan orang yang mempunyai ilmu terawang. Sebab kalau kita meminta bantuannya, kita berarti telah meminta bantuan dukun musyrik yang dalam Islam merupakan dosa besar, bahkan bisa mengeluarkan seseorang dari Islam.

Qarin (Jin Pendamping):

Abadullah Bin Mas’ud mengatakan bahwa : Rasulullah saw bersabda; “Tidak ada seorangpun diantara kalian yang tidak ditunjuk untuknya Jin pendamping (Qarin)”. Para sahabat bertanya; “Termasuk anda ya Rasulullah ?, “Ya” jawab Nabi, Hanya saja aku mendapat pertolongan Allah,sehingga Jin pendampingku masuk Islam, dan dia tidak pernah mengajakku kecuali yang baik-baik”.
Jin pendamping (Qarin) Rasulullah saw, adalah bernama Habib al-Huda, beragama Islam dan menurut para ulama sampai sekarang beliau masih hidup, beliau tinggal di Baqi’. Di Baqi’, beliau mempunyai majelis pengajaran tafsir dan hadis-hadis Rasulullah saw yang didatangi oleh jin-jin muslim. Hal ini bisa saja terjadi sebab umur rata2 Jin panjang bisa mencapai ratusan dan ribuan tahun.

Bagi orang kita orang awam akan timbul pertanyaan : Apakah Jin pendamping muslim itu juga pasti muslim ..?, jawabnya tidak mesti. Kadang-kadang Jin pendamping seorang muslim itu adalah jin muslim, tetapi ada juga jin kafir, ateis, penyembah berhalah, kristen, yahudi. Jin pendamping (qarin) yang non muslim ini, bertengger dibahu kiri pada orang yang didampinginya, dan dia adalah pendukung kejahatan. Tetapi pengaruh manusia terhadap jin lebih besar ketimbang pengaruh jin terhadap manusia.
Jin Pedamping yang muslim, sangat mencintai orang muslim yang didampinginya dalam derajat yang tidak dapat dibayangkan oleh manusia. Dia melindungi manusia yang didampinginya dari berbagai bahaya, dan membantu untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah. Ketika anda lupa sholat dia membantu mengingatkan dan membangunkan anda. Dia tidak pernah meninggalkan orang muslim yang didampinginya kecuali orang tsb sedang menggauli istrinya. Ketika sang suami isteri sudah masuk kamar dan pintu ditutup, maka Qarin dengan sekejap sudah berada di Mekkah untuk sholat disana, dan balik lagi dalam waktu sekejap kerumah orang muslim tersebut.

Jin pendamping dikuatkan oleh dalil Al-Qur’an dalam (QS. Qaf:23-31)
[23] Dan yang menyertai dia berkata: “Inilah (catatan amalnya) yang tersedia pada sisiku”.[24] Allah berfirman: “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala,[25] yang sangat enggan melakukan kebaikan, melanggar batas lagi ragu-ragu,[26] yang menyembah sembahan yang lain beserta Allah, maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat”.[27] Yang menyertai dia berkata (pula): “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh”.[28] Allah berfirman: “Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku, padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepadamu”.[29] Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku.[30] (Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada *******: “Apakah kamu sudah penuh?” Dia menjawab: “Masih adakah tambahan?”.[31] Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka).

About these ads

12/16/2008 - Posted by | J I N

13 Komentar »

  1. AKU CUMA KENAL JIN DAN JUN AJA TUH…

    Komentar oleh JO | 03/25/2009

  2. gitu ya…hehehehe, ntar deh ta kenalin yang lainnya, emang mau:D

    Komentar oleh r0ch4 | 03/25/2009

  3. Ku,,baru..tau..ttg..qorin.ini..hari..minggu..kmaren.
    Ustadzku..yg..bilang
    Kok..baru,,tau,,yah,,aku.
    Hikhik..katrok

    Komentar oleh Allamanda Syifa | 08/04/2009

  4. ya iya lah kita didampingi jin, kan jin ada dimana2. mkn qarin itu nama/sebutannya memangnya kenapa? jin itu cuma pembantu Tuhan jgn dihiraukan itu urusan majikan sama pembantu. mana ada jin mau bantu manusia..rugi dia sdh ada tugas masing2 dari Tuhan bwt urusin semesta dan isinya (sprti kubaca dlm kitab)

    Komentar oleh yayan | 08/28/2010

  5. WuOOOOOOOOOHhhhhhhhhhhh…..!!!
    Rasulullah emang keerrrennnn!!!!!!!

    Komentar oleh greenb0x3r | 04/03/2011

  6. apakah boleh dan apa hukumnya bila kita mgengobati orang yang kena santet dengan pertolongan khodam??
    orang yg kena santet tdk bsa d obti dg medis. mohon penjelasan

    Komentar oleh ZULIYANDI | 05/03/2011

  7. apakah semua orang muslim di dampingi jin muslim…..
    mohon jawabax

    Komentar oleh Jumardi Netral Comunity | 12/13/2011

  8. terima kasih banyak atas penjelasan masalah jin qorinnya semoga kita semua dapat qorin yang baik

    Komentar oleh komunitas online | 04/13/2012

  9. Woohhh.. Enak ya klau punya jin sprti ini,, tak prlu repot2 ngurusin agama dan krjaan ntar dibantuin ama jin versi rasullulah,, ,..

    Komentar oleh Ulung rumahorbo | 06/03/2012

  10. aq mau cerita dan bertanyaa tlg yg ngerti dijawab yaa… !!
    semulaa ortuQ mengundang uztad kerumah karna ingin mengusir jin kiriman dr org yg iri kepd kluarga kami dan usaha kami. lalu kemudian uztad itu yg semula menerangkan ttg apa yg trjadi drmah dan di usaha kami dg serius. tiba2 aq muncul keruang tamu yang semula aq hny nnton tv druang tengah dan g mau kluar. tiba2 aq ingin sekali ganti baju yg cukup sopan ttntunya dan brgabung k ruang tamuunt ikut mengobrol dg pak uztad.,setlah itu pk uztad yg semula asyik nerangin dy melihat aq langsung kaget. krn mataQ tajam kl dlht dr mt batin. trs dibadanQ ada cahaya putih. katanya itu pendamping atau puyang dy berkerudung.,dan jin itu seusiaku,
    kemudian dy banyak mencritakan tp aq hanya menjawab MINTA DI HILANGKAN. ktnya itu ngg bs.,bwaan sjk lahir. bsnya di asah karna itu ilmu kebatinan (pengobatan).
    kemudian pak uztad zikir trs aq ambilin zajadah setelah q bentang aq pergi. trs d belakang aq ada seorang perempuan dy menanyaai pk. uztad begini “pak uztad mau zikir,yaa? silahkan” (sambil tangannya menunjuk sajadah yg q bntang td dg jempol dan sopan).
    aq kembali keruang tamu dy ikut ktnya. dy yg semula berkerudung melihat aq ngk pakke kerudung dy lepaskan.
    trs pak uztad nyuruh q sholawat,istifar,shadat,(setiap waktu n setiap tmpat. trs jika kpala q sakit, krn jin itu mendekati aq agar aq bs ngerti dy dan berkomunikasi dgnya. trs pk.uztad jg blg kaloo org kyaQ kalau kurang deketin diri sm allah.,umur 30an akn strez jika cahaya yg di dadaQ naik sampai ke pukuk blakang. krn ngk kuat dg cahaya dbadanQ..tp kalo aq bnyk zikir cahaya itu akn memenuhi seluruh tbhQ..
    aq masih bingung.,,ini jin baik atau jahat?
    aq pngen asah agr Q bs beramal dg menolong org. tp aq takut kalo q liaht2 pnampakan..,,
    jd gmn ni komentar kalian???

    Komentar oleh lopphe vitrea | 04/19/2013

  11. mbak loppe….jin itu bermasyarakat seperti halnya manusia…jadi wajar klo mpe ada yang seperti itu…abaikan aja gpp…semasih dia ga ngeganggu mbak loppe…semuanya masih wajar2 aja…..tetaplah beramal dan menolong orang seperti biasa,seperti yang ingin mbak loppe inginkan…santai aja gpp…manusia itu makluk yang paling sempurna…jangan pernah takut ama jin dan sebangsanya…semoga tauziah ane bisa bermanfaat buat mbak loppe…

    Komentar oleh r0ch4 | 05/28/2013

  12. Ada yg bilang,kemampuan indigo itu ada karena kedekatan seseorang dengan qarinnya?

    Komentar oleh Riki Kurniawan Ramang | 07/05/2013

  13. Apa itu benar?
    karena s pernah dengar org2 membicarakan itu,..

    Komentar oleh Riki Kurniawan Ramang | 07/05/2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: