Tips Olah vokal

Standar

banyak kan diantara teman2 yang ingin belajar olah vocal ato kepingin bisa nyanyi..? Nah, disini saya ada sedikit tips yang saya dapet dari orang2 yang berpengalaman dibidang vocal.

untuk memulai latihan vokal yang baik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

~*1. Relax.
Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.
Misal:
ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.
Bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.
Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (Kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak.

Itu sangat membantu proses relaksasi.

~ *2. Latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Ingat, rahang harus relaks.

A I U E O

latihan diafraghma:

huruf K-Ch-K-ch-sssst-th. dengan tempo cepat.
ho-ho-ho…ha-ha-ha

Lalu latihan wilayah nasal (hidung):
“nya-nya-nya” dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidung.

Lalu latihan bibir
nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal
“brrrrr-brrrr-brrr-brrr”
nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.

Latihan lidah
“La-la-la. ra ra ra, tatata.”

(biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada, arpeggio.)

~ *3. Setelah sudah relaks, kamu baru boleh nyanyi.
Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik.

51 thoughts on “Tips Olah vokal

  1. makan apa aja gak masalah, yang penting gak mengandung minyak, ya klo bisa sering2 minum jamu beras kencur, karena itu bisa membersihkan suara [ biarpun jamu ini biasanya khusus untuk sinden aja:D] serta sering2lah melatih pernafasan kamu, itu penting sekali untuk olah vokal dan buat istirahat kamu cukup, gak usah sering2 mele’an…[begadang bro..] salam kenal ya

    Suka

  2. kalo minuman/ yang mendukung untk olah vokal dan bagaimana menentukan pernafasa perut, pernafasan dada dan pernafasan diafragma thank’s

    Suka

  3. sanggri

    apa benar supaya suara bisa tinggi dan merdu tiap pagi makan pisang ambon dan caranya bagaimana supaya bisa mencapai suara nada tinggi thanks

    Suka

  4. GMN CRA NYA M’NGOLAH VOKAL YG,,BAIK,,,MAKANNA APA SJ YG HRS DH3 JG,,,AGAR BSA M’NDAPAT KHAN SUARA YG DHE INGIN KHAN,,,THANKS

    Suka

  5. Arjuna

    My Bro artikelnya dah keren…cuma mungkin kalo tips diatas kalo gw boleh menambahkan…untuk pernafasan diafragma cara mendeteksinya gampang…usahakan kalo menarik nafas bahu kita gak keangkat….kemudian letakkan kedua tangan di pinggang…saat menarik nafas melalui hidung…rasakan di kedua sekitar atas pinggang biasanya kembang kempis…nah saat kembang kempis itu kalo bener kita melakukannya maka dada kita gak akan gerak…sebenarnya secara tak langsung kita sering melakukan pernafasan diafragma…yaitu ketika kita sedang tidur….kita pasti pake pernafasan diafragma…kalo gak percaya coba aja…kecuali kalo ada gangguan pernafasan…itu lain soal…coba saat kita tidur…letakkan buku dalam keadaan terbuka diatas perut kita…kalo kita tidur sampe pagi…dengan terlentang and buku itu gak jatuh berarti pernafasan kita normal….soal makanan tu menurut gw gak ngaruh tuh…kecuali seperti yang bro di atas bilang seperti minyak2an itu….and pedes menurut gw ngaruh…and buat yang udah taw tekniknya merokokpun gak ngaruh…coz temen gw yang ngerokok tu nafasnya panjang2 aja tuh….kalo gw mah emang dari sononya gak suka ngerokok…hehehehe….kalo mo nafas panjang rajin-rajin aja olah raga kayak misalnya lari….^^…maaf kalo gw kebanyakan omong ni disini..cuma gw pengen share2 aja tentang pengalaman pribadi gw…mohon maaf kalo ada salah2 kata….^^….

    Suka

  6. Arjuna

    Jiahhh…ternyata yang gw bahas udah dibahas di artikel bro yang selanjutnya…ahahhaha…maap2…sekali lagi gw gak taw….cuma tadi refleks aja pengen share2 gitu…hehehehe…buat bro yang punya blogs ini…mantap!!!!and LANJUTKAN!!!hahahahaha…^^

    Suka

  7. Salam Hormat,

    Saya Pengajar/Pelatih VOKAL

    Saat ini saya mengajar di beberapa tempat Kursus, juga PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama. SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA.

    Juga sedang melatih Choir di SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan.

    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) untuk PS/VG
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).

    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.

    Saya bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dalam kawasan kota Jakarta.

    Terima Kasih

    WILLY / WILLAS
    021-91023213

    Suka

  8. iman

    gua iman umur gua 17 thn..
    gua suka nyanyi..
    v suara gua serak@nafas gua pendek..
    gua pengen tanya.
    kalau suara gua pantesnya d musik aliran apa???
    thank’z

    Suka

  9. pengkaw bule

    ada ga cara buat ninggi’in suara..
    terus apa bener di gurah bisa ninggi’an suara

    makasih…….. ….

    Suka

  10. berlian

    pagi mbak,say,a mau tny nih gimana caranya olah vokal yg bener,dan gimana caranya nyanyi dg lagu yg tngga nada nya tinggi dan gimana caranya utk menggolah vokal vibra ,thanks atas sarannya bye……..

    Suka

  11. indra sitinjak

    bagus cuy,
    emang kayak gitu sihh…
    kalo soal makanan gmna bro?
    kan olah vokal ngatur makannya juga..
    kayak goreng2an ato apalah,,
    trus supaya suara kita makin asik, kita makan ato minum apa sih?

    Suka

  12. alan

    hallo gans,, w baru beres di gurah buat nyaringin suara,, tapi w ga tw cara latihan vokal yang bener,, w minta bantuannya ya gans,,
    lam knal aja ya all..

    Suka

  13. irfan

    gimana caranya mempertebal vibra.. dan menjernihkankan suara yang udah kotor ama rokok. adakah sejenis minuman atau apapun yang digunakan???

    Suka

  14. all

    gmn caranya biar suara kita ga terkesan pasaran ,tetapi berkaarakter?
    trus gimana caranya mengilangkan dahak” ygmenyebabkan suara menjadi tertahan(ancur)?
    gmn caranya memiliki vokal yg bagus dan tidak cempreng?
    gmn caranya sewaktu ingn bernyayi tidak gerogi?
    haypp jawab..thank yaa :)

    Suka

  15. angel rara

    mas rara nie maci baru dibidang nyanyi? kata teman suara ara ne tinggi, tapi ara takut ngeluarin suara na yg tinggi tu, takut fals
    gimana caranya supaya nada2 tinggi tu nyampe (g fals)

    Suka

  16. rara…sebenarnya ga ada yang rumit ko’, logikanya orang blajar nyanyi tuh emang harus fals dulu…sama kaek kita ko’…yang penting PD…ga usah mikirin yang lain, teriaklah, lepaskan semua beban yang ada…alah bisa karena biasa, seiring waktu rara bisa ko’ nginprofisasi ….selamat blajar ya…^_^….( aliran musik ku rock n roll, jadi memang harus di tuntut bisa teriak dan jelas )

    Suka

  17. Charly Van Houten

    Yang Tervokalis
    aku charlie st12..
    karena aku sudah hengkang dari st12 , aku mau mengadakan audisi vokalis..
    umur min 17-25 tahun..
    dicari pria..
    langsung rekaman dan dilantik dalam 1 bulan…
    dan honorer hingga 500 juta , jika anda musikalitasnya memang hebat.
    hub 08999204262.
    THX..

    Suka

  18. ryan hyun

    inti nya sebelum nyanyi di mana pun,,,
    usahakan pemanasan 20 – 30 mnt sblum bnr2 mau nyanyi,,,
    tpi lbih bagus tiap bangun pagi langsung pemanasan,,,tiap hari lah gt!!!
    kalau pengen bisa nada tinggi ya mesti pindah register..
    ibaratkan suara kita itu sperti gear motor…
    kalo udh berat di 1 oper ke 2 dst sampai bisa ngebut…
    begitu pun nyanyi…
    nada rendah pakai suara dada trus nada sedang pakai mix voice(gabungan dada & kepala),dan nada tinggi pake suara kepala,,,
    intinya kamu mesti banyak2 latihan,ga perlu kursus cz blm tntu gurunya itu tau karakteristik suara km,,,
    km sendiri yg tau dmn km mst pke suara dada mix voice dan suara kpla,,,
    kalo udah bisa nada tinggi baru deh km kursus,,biar tau dmna klmahan km
    n km ga akan terpengaruh oleh idealis si gurunya,,km bakal nyanyi dg cara km sendiri…
    gt saran dari saya,,,saya juga masih belajar sih ga maksud ngajarin cm sharing aja apa yang aku tau heu
    thanks

    Suka

  19. ryan hyun

    oia kl mau latihan sendiri bisa,,,dari pada kursus buang2 duit gaje,,,hehe
    cari di youtube sing lesson bratt maning,,,
    mantap tuh aku juga udah mulai ada perubahan,,,
    kamu bisa latihan sendiri dan bukan latihan gaje nantinya,,,
    terarah lah istilahnya,,,
    soal nya dia tuh pelatih vokal artis2 besar,,,
    walau pun bukan video full nya,,tapi segitu juga udah bagus ko,,
    itu tpis2 yg ga kan di dapet di tmpt kursus…
    biasa nya di tmpt kursus itu ilmu nya di kasih sdkit2 biar kita kursus nya lama,,,
    otomatis untung buat tmpt kursus itu,,,,hehe
    maaf cm bcanda ko kaka2 pltih vokal :)
    coba dech moga brmanfaat ya…
    mksih slm knal semua
    ‘ryan hyun’

    Suka

  20. ryan hyun

    kalo mau latihan sendiri bisa di cari di youtube biar kita latihan nya ga asal2an….
    di youtube ada cari sing lesson bratt maning…
    itu bagus cz aku juga udah ada byk prubahan stlh ikutn tips2 dari abang bratt…
    n dia itu pelatih vokal penyanyi2 besar lho!!!!!
    dia juga punya vokal 7 oktaf kalo ga salah hehe
    selamat hunting dech heu
    moga bermanfaat ya tips ini
    mksih lam kenal semua nya :)

    Suka

  21. Ridwan D

    kalo saya suaranya kuat sampe daerah Bb4 itu kan udah lewat tenor laki2 A4,, tapi saya masih bisa pake suara asli (ga robah suara kepala),, itu bisa ngerusak ga sih, tpi selama suara kita masih nyaring dan belum pecah???

    Suka

  22. say aan

    aq b9u9 né msalah vokal,aq tu sbenarxa paké suara perut,pa t9gorokan,bi9u9 nentuinxa,gmana z kak caraxa,salam knal smw. .

    Suka

  23. Chevy

    Hi @ll,, klo aq minat bgt pngen punya suara kaya corey taylor, metal gtu lah, ada yg tw tips’y
    Thanx ya

    Suka

  24. ukim uki

    Sy ukim uki ..sy wktu smp & sma ikut lomba ngaji murotal. pas latihan di malam senin & kamis sy d bilang sangat bagus dengan menggunakan suara perut eh pas tampil suara sy serak gra2 kebnyakan latihan dan sy juga malu .. Gmn caranya supaya sura kita kuat dan g mudah serak, walaupun kbnyakan melatih suara tinggi… Mnt solusinya..
    Thmxs

    Suka

  25. Vokal Nasyid Mj Voice

    Suara sya tuh lmayan tnggi ,tpi klau tnpa serak atw scream tuh jelek jdi.ny ..
    Sya biasa pke scream ,mlah sya mndukung suara saya spaya agk serak gtu ..
    Supaya ntupin cmpreng ,klau udh dibiasain psti mudah scream ,.
    Jdi klian smua jngan tkut serak ,krna buat suara cmpreng tuh bgus mlahn ..
    Ltihn ajha scream dlu ,nnti nada tnggi suara tuh getar sndiri ..

    (saya aliran rock/scream)

    Suka

  26. Adit

    y parah nih pdhl walaupn w mghndr mknn _brmnyk dn pedes_ alias jarang tp itu nikmat, rupanya mmg ngrh y mknn bgtu, apalagi gorengan sekali2 no problem kale.. wakakak,tp w bro ttep mngsh suara w lg!…

    Suka

  27. rasel

    ikut coment ya..:D
    sbenernya gk ppa lu mau makan apa aja,mu pedes/ato gorengan pengaruhnya sedikit,yang penting lo hrs lebih sering nyanyi,dan suara lo akan tambah keren..nanti karakter lo akan muncul dengan sendirinya..;)

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

