Macam- macam Olah Pernapasan

Standar

Ini adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah latihan vocal. Kalian tahu kenapa..? Karena nafas adalah penggerak utama dari suara. Kuatnya nafas dapat menimbulkan dan menciptakan getaran sebagai sumber dari pada “ Bunyi “. Dan nafas juga sebagai Vitamin yang paling ampuh untuk menyehatkan suara. Makanya pernafasan harus dilatih dengan baik dan teliti.

Dalam bernyanyi, kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri:

~ *1. Pernafasan Bahu
Yaitu pada saat mengambil / menarik nafas, dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus.

~ *2. Pernafasan Dada
Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.

~ *3. Pernapasan Diafragma
Lazim kita sebut dengan pernafasan rongga perut. Yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu.

Dengan pernafasan diafargma penyanyi dapat leluasa dalam berekspresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.

***Cara melatih pernapasan dalam menyanyi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih pernafasan ini, khususnyamelatih “DIAFRAGMA” penyanyi, antara lain:

~ *a. Dengan berdiri santai, badan lurus, sambil meletakkan ujung jempol jari di ujung tulang rusuk terbawah. Tariklah nafas melalui hidung dengan cara perlahan atau dengan cepat, dan rasakan bahwa jempol kamu tadi terdorong kesebelah luar, sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga.
Jika telah terasa penuh, kemudian nafas tadi dikeluarkan dalam bentuk senandung vocal “a” atau konsonan “s” ataupun dengan hitungan. Yang jelas bukan dengan cara mendorong, tapi mengeluarkan nafas sehemat mungkin.
Lakukan minimal 20x setiap hari atau setiap ada kesempatan buat latihan. Ini akan membuat otot-otot perut kamu menjadi semakin kokoh dan kuat.

~ *b. Dengan posisi tidur terlentang lurus dan kedua tangan diletakkan sejajar dengan tubuh. Letakkan beberapa benda seperti buku diatas perut sebagai beban dan tariklah nafas seperti bagian “a” diatas serta rasakan bahwa beban diatas perut terangkat keatas, juga rasakan tulang rusuk ikut mendorongnya.
Jika telah terasa penuh, keluarkan lagi seperti yang “a” tadi dan lakukan minimal 20x sehari ato tambahan kapan aja kamu punya waktu buat latihan.
Latihan ini bisa membuat otot perut menjadi kokoh serta kita pun jadi santai untuk mengucapkan kalimat. Selain itu juga dapat merubah kebiasaan bernafas yang dilakukan dengan mengangkat bahu atau membusungkan dada.
Ada juga cara buat nguatin otot perut yaitu dengan tertawa terbahak bahak , sampai terasa klo perut tergoncang goncang. Tapi klo latihan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati, karena nanti bisa dibilang orang gila (hehehe)

Pengambilan nafas pada saat memulai lagu atau awal kalimat lagu dapat dilakukan dengan menarik nafas melalui hidung dengan santai. Namun jika pada saat bernyanyi atau ditengah lagu sebaiknya dilakukan dengan singkat atau dengan mendengkus, seperti kita nyium aroma yang harum atau aroma makanan.
Pada pernafasan yang demikian, kita hanya mengembangkan pernafasan “alami” yang kita miliki, akan tetapi jika pernafasan alami “naik turunnya sama” sedangkan penyanyian itu “ menarik nafas dengan cepat dan mengeluarkannya dengan sehemat mungkin” karena tujuan utama kita adalah menyelesaikan satu kalimat dalam satu tarikan nafas. Dengan demikian kalimat yang kita ucapkan /nyanyikan kedengaran indah dan bermutu, tidak tersendat-sendat.

About these ads

19 thoughts on “Macam- macam Olah Pernapasan

  1. putra

    Mas saya mau nanya agar vocal stabil, waktu perform di panggung…
    Dan.. apa saja yah yang dilakukan untuk latihan pernapasan?
    Saya penyuka musik cadas.

    Suka

  2. kesukaan kita sama…..sebelum manggung, kondisi tubuh, otak dan hati harus berjalan seiring…maksudnya tubuh harus fit, dan pasti vokal akan mengikuti, otak sebaiknya fokus pada lagu apa yang akan kita bawakan, hati harus tenang….memang sih siapapun itu pertama naik panggung pasti bawaannya gamang, tapi biarkan saja, setelah 3 menit pertama diatas panggung kita akan terbiasa dengan sendirinya [pengalaman pribadi :D]….sekelasnya axl aja [ vokalisnya GNR..] sampe berdoa berkali- kali setiap akan naik panggung…jadi santai aja, kamu gak sendiri , untuk latihan pernafasan, kayaknya udah ada deh di kategori belajar olah vokal…selamat belajar deh…and goodluck !!! :D

    Suka

  3. Salam Hormat,

    Saya Pengajar/Pelatih VOKAL

    Saat ini saya mengajar di beberapa tempat Kursus, juga PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama. SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA.

    Juga sedang melatih Choir di SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan.

    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) untuk PS/VG
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).

    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.

    Saya bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dalam kawasan kota Jakarta.

    Terima Kasih

    WILLY / WILLAS
    021-91023213

    Suka

  4. tonny

    sorry sedikit koreksi, kl nafas bahu dan dada adalah hal yg sama: satu lg adalah nafas kepala: nafas ditahan di leher sehingga produksi suara menjadi berat utk keluar.
    sebelum pitch kontrol, penyanyi harus kontrol emosi. krn singer have to be freedom from tension!
    thanx, en maju terus…..!!!!

    Suka

  5. Zagar

    Saya pengen naya ni.
    Gmana sich caranya mengatasi nada tinggi..
    Soalnya saya kalo mengambl nada tinggi suka gak ku..gmana ya.

    Suka

  6. penasaran

    mohon penjelasan tentang pernapasan diafragma ya?saya kurang mengerti..
    apakah udara di masukan melalui hidung atau melalui perut?
    gmn membedaiin nya dgn mudah terhadap jenis pernapasan yang lain?

    Suka

  7. Fidiest_gapaynis

    Trimksh bnyk.. Atas pmberitahuan nya, dr itu saya lbh tau dan lbh smangat untuk mendalami vokal saya.

    Suka

  8. cara menambah range vocal lagi gimana ya mas ???
    aku kemaren kemaren gak dapat nyanyi lagu adam lambert yang “whattaya want from me” sekarang sudah dapat….but masih kurang lagi,…pengen latihan teknik yang seperti adam lambert….ummm…..soalnya asik banget kalo bisa dapat range vocal sampai segitu…. :)

    suara adam itu termasuk head voice atau gimana ya ??? powernya kencang juga apa gimana ????

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s