Menghindari Fals Ketika Bernyanyi

Standar

Lakukanlah latihan bernyanyi dengan menutup salah satu telinga, bisa telinga kiri atau kanan. Dengan menutup salah satu telinga ketika bernyanyi, kita bisa lebih jelas mendengar output vocal kita. So, kita bisa lebih mudah mengontrol nada yang kita keluarkan.

Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah bingarnya iringan musik, terkadang kita sulit mengontrol nada. Nah, dengan menutup salah satu telinga, vocal kita akan lebih terkontrol. Tapi, untuk menjaga performance, sebaiknya cara ini dilakukan ketika diperlukan saja. Jangan terlalu sering, cukup ketika kita betul betul sangat sulit mengontrol nada atau ketika kita akan menjangkau nada-nada yang beresiko.

About these ads

31 thoughts on “Menghindari Fals Ketika Bernyanyi

  1. Arik

    aku anak surabaya, aku vocalis band yang lagi ada jadwal tour jatim, begini mas,,,
    aku sering mengalami lelah kecapekan saat performs di panggung, apa lagi nafas, untuk nyanyi’in 1lagu aja aku ngerasa udah ngos2x-an, n bayangin aja, setiap manggung band aku bawa’in 16 sampek 19 lagu, belum lagi waktu interaksi ama penonton,,,
    yang saya mau tanyakan, apakah gara2x rokok bisa mengakibatkan nafas pendek, aku rokok dalam 1hari habis 2bungkus,yang bermerek kuda jingkrak,kadang yang putih,kadang juga yang merah,,,
    olah raga aku jugak gak pernah,,
    minum es setiap hari, n makan2xnan pedas juga setiap hari,,,
    untuk mensiasati ini aku harus ngelakuin apa mas,,,
    minta tolong penjelasanya,,
    kalau mas buka kursus vocal, alamat di mana n 1bulan sampek berapa,,,

    terimakasih,,,
    tolong ya mas, cz kontrak tour jawa timur aku masih panjang,,,???

    Suka

  2. Saya Pengajar/Pelatih VOKAL di tempat2 Kursus, juga ngajar PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama.
    Utk SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA. Juga utk SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan. Waktu les/latihan FLEKSIBEL.
    Kalo mau privat ke rumah siswa,calon siswa harus punya alat musik keyboard.
    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.
    Saya bisa ngajar dimana saja asal dkt dalam kota Jakarta.
    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).
    Untuk lebih jelasnya dpt hub saya di: 012-91023213. ORA et LABORA ~ Salam VOKAL. Thanks *_*

    Suka

  3. Andika

    Mas, saya mau tnya..

    Bagaimana ya..cara mengenal nada..
    Soalnya bnyk yg bilang kalo waktu aku nyanyi nada aku suka lepas..
    Kalo gak ketinggian, kerendahan sampai Fals..

    Punya referensi mengenal nada gak mas..?

    Kalo ada tolong email ke wisnu.andikawisnu.andika@gmail.com

    Terima kasih

    Suka

  4. astrid

    ass. mas…kebetulan saya vocalis, saya punya kendala kepercayaan diri yg kurang shgg ktk sy membawakan lagu pada nada tinggi vocal sya krg maksimal(ragu-ragu) untuk mengambil nada tinggi sehingga nada mnjd fallset…
    kira2 bagaimn cara untuk mncapai nada tinggi tsb tanpa harus takut krn vocal krg sampai???
    tks bwt infonya….

    Suka

  5. donni

    gimana sih cara biar suara kita tinngi sewaktu ada nada yang tinggi, trus tips buat suara falset gimana???
    thankz sebelumnya!@!!!!!

    Suka

  6. Kenapa ya setiap setelah saya latihan vocal suara saya jadi serak, apa mungkin latihan saya salah??
    satu lagi gimana cara ngejangkau nada tinggi tp tetep mnjaga performance agar penonton ngeliat’a ga meringis2 ngeliat saya nyanyi dengan nada tinggi.

    Suka

  7. haztra

    mas sya pelajar, mw tanya, apakah dengan latihan tersebut suara yang tadinya rendah sedikit demi sedikit bisa tinggi?
    trimakasih

    Suka

  8. ihya

    salam vokal ..
    mas .. menghilangkan bekas makanan dan minuman atau asap rokok yang mengendap di tenggorokan, gimana caranya ya ka, yang aman agar suara plong ..

    Suka

  9. AVIV

    aku seorong Vocalis band indi makassar., Q monanya dong, knapa Yach suara Q nie jadi Serak Bgt, Susah AmbiL Falseto, n Main nada rendah too ampe power full,, padalah Dulux gak Kayak gini,, Gimna Cara buat Suara Q bisa kyk Dulu Lagi????

    Suka

  10. aries

    Asslmualkm mas…? mas sya mau ta’y donk..? gmna sih biar suara G Fals saat Nada Tggi…!!! klo Intensif pa ci mas…? tolong kasih tau jawaban’y ya mas…!!!!

    Suka

  11. mas aku bingung,,, aku les vokal udah 5 bulan,,, didalam aku les itu, aku bisa praktekin yang diajarin guru les aku, tapi kenapa sewaktu dipanggung itu rasanya jadi aneh,, aku beban banget malah,, mo bawain lagu sendiri ajh susahnya minta ampun,, malahan aku lebih nyaman bawain lagu2 orang,,, itu kenapa ya mas,,, makasih ya mas bwat tanggapannya

    Suka

  12. Mas,,, aku Mau Nanya?? Aku Kan Suka Bangat Nyanyi Tapi SuaraNya fals… jadi Apa Yang haruys Saya lakukan Agar Suara Yang Bagus Bisa Saya Dapatkan… setiap Pagi saya Sllu Masukin 2 jari Ke Mulut Agar Dahak Keluar,,, Tapi tetap Ajj fals,,,, Mohon Di Jawab Ya Mas,… Thanks,,,,

    Suka

  13. ferrat

    saya vokalis band saya punya masalah sama suara saya…
    jadi gini masalahnya mas :
    ketika saya nyanyi dengan nada yang tinggi terus teriak…
    suarasaya sering sekali habis/serak ,dan butuh waktu untuk ngembaliin suara saya seperti semula..
    saya mau nanya gimanasi cara ngatasinya ????
    tolong di jawab mas….!

    Suka

  14. saya seorang vokalis saya punya msalah sama suara saya….
    apabila saya menyanyikan sebuah nada yang tinggi …..
    suara saya mampu mengatasi nada tersebut,,
    tetapi terkadang pula tidak mampu untuk mengatasinya….
    saya ingin bertanya bagaimana sih mengatasi suara yang naik dan terkadang pula turun
    mohon di jawab yach mas…. ???

    Suka

  15. ini ada tips buat vokal yg pengen nadanya tetep kejaga, mungkin ini agak aneh, tapi bisa dicoba buat vokalis, sory jg kalo repost, intinya saya cuma membantu dan mengeshare pengelaman ane,

    tipsnya : setiap hari konsumsi kencur dengan mengunyah kencur itu kayak permen karet, serap sari2nya lalu buang ampasnya. lakukan setiap menjelang mau tidur dan pas bangun tidur, selama 3 bulan setiap hari. semoga tips ini bermanfaat buat penyanyi.

    Suka

  16. Terimakasih atas informasinya. Saya sudah coba cara untuk menutup satu telinga, dan benar, saya bisa lebih mendengar suara sendiri, meski juga mengurangi pendengaran di sekeliling. Tapi supaya tidak fals ya sering sering latihan pitch dengan piano atau alat musik lainnya

    Suka

  17. mas, saya dari bangka..saya vokalis band..
    saya seorg perokok berat..apkh pengaruh suara saya,tlg saya minta penjelasannya apa yg hrs saya lakukn..?
    masalahnya saya mw mggung d’slh satu kota d’bangka..
    trims..

    Suka

  18. iday

    salam vokal..
    saya vokalis band,band kami udah punya materi lagu sndiri..
    gimana ya caranya supaya lagu kami bisa di orbitin? sementara kami ga punya modal dan waktu yg cukup buat recording karna personilnya beda kota..
    mohon petunjuk,makasih banyak

    Suka

  19. mika elisabeth

    saya seorang vocalis band di surabaya saya mau nanya ada berapa sich unsur unsur vocal yang dapat dikembangkan dan apa saja?

    Suka

  20. apling

    saya vokalis band pop punk, pas lagi latian di studio saya sering ga kedengeran ama suara saya jadi saya nglakuin apa yg bisa bikin suara saya kedengeran nah itu dia, teriak. jadi pas latian uda selese temen2 pada bilang kalo suara saya fals. padahal saya ngrasanya cuma teriak aja, saya harus gimanaaaaa? minta sarannya tolong yaaa

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s