R0ch4′s Blog

Dunia Lain Di Dunia Yang Lain Dari Duniaku

Menghindari Fals Ketika Bernyanyi

Lakukanlah latihan bernyanyi dengan menutup salah satu telinga, bisa telinga kiri atau kanan. Dengan menutup salah satu telinga ketika bernyanyi, kita bisa lebih jelas mendengar output vocal kita. So, kita bisa lebih mudah mengontrol nada yang kita keluarkan.

Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah bingarnya iringan musik, terkadang kita sulit mengontrol nada. Nah, dengan menutup salah satu telinga, vocal kita akan lebih terkontrol. Tapi, untuk menjaga performance, sebaiknya cara ini dilakukan ketika diperlukan saja. Jangan terlalu sering, cukup ketika kita betul betul sangat sulit mengontrol nada atau ketika kita akan menjangkau nada-nada yang beresiko.

01/13/2009 - Posted by | Belajar Olah Vocal

29 Komentar »

  1. aku anak surabaya, aku vocalis band yang lagi ada jadwal tour jatim, begini mas,,,
    aku sering mengalami lelah kecapekan saat performs di panggung, apa lagi nafas, untuk nyanyi’in 1lagu aja aku ngerasa udah ngos2x-an, n bayangin aja, setiap manggung band aku bawa’in 16 sampek 19 lagu, belum lagi waktu interaksi ama penonton,,,
    yang saya mau tanyakan, apakah gara2x rokok bisa mengakibatkan nafas pendek, aku rokok dalam 1hari habis 2bungkus,yang bermerek kuda jingkrak,kadang yang putih,kadang juga yang merah,,,
    olah raga aku jugak gak pernah,,
    minum es setiap hari, n makan2xnan pedas juga setiap hari,,,
    untuk mensiasati ini aku harus ngelakuin apa mas,,,
    minta tolong penjelasanya,,
    kalau mas buka kursus vocal, alamat di mana n 1bulan sampek berapa,,,

    terimakasih,,,
    tolong ya mas, cz kontrak tour jawa timur aku masih panjang,,,???

    Komentar oleh Arik | 01/31/2010

  2. Saya Pengajar/Pelatih VOKAL di tempat2 Kursus, juga ngajar PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama.
    Utk SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA. Juga utk SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan. Waktu les/latihan FLEKSIBEL.
    Kalo mau privat ke rumah siswa,calon siswa harus punya alat musik keyboard.
    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.
    Saya bisa ngajar dimana saja asal dkt dalam kota Jakarta.
    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).
    Untuk lebih jelasnya dpt hub saya di: 012-91023213. ORA et LABORA ~ Salam VOKAL. Thanks *_*

    Komentar oleh willy | 02/12/2010

  3. apa cara atu sEring juga di laKukan sama peNyanyi pRofesional…?

    Komentar oleh mira | 02/27/2010

  4. Mas, saya mau tnya..

    Bagaimana ya..cara mengenal nada..
    Soalnya bnyk yg bilang kalo waktu aku nyanyi nada aku suka lepas..
    Kalo gak ketinggian, kerendahan sampai Fals..

    Punya referensi mengenal nada gak mas..?

    Kalo ada tolong email ke wisnu.andikawisnu.andika@gmail.com

    Terima kasih

    Komentar oleh Andika | 03/15/2010

  5. ass. mas…kebetulan saya vocalis, saya punya kendala kepercayaan diri yg kurang shgg ktk sy membawakan lagu pada nada tinggi vocal sya krg maksimal(ragu-ragu) untuk mengambil nada tinggi sehingga nada mnjd fallset…
    kira2 bagaimn cara untuk mncapai nada tinggi tsb tanpa harus takut krn vocal krg sampai???
    tks bwt infonya….

    Komentar oleh astrid | 04/15/2010

  6. gimana sih cara biar suara kita tinngi sewaktu ada nada yang tinggi, trus tips buat suara falset gimana???
    thankz sebelumnya!@!!!!!

    Komentar oleh donni | 05/11/2010

  7. Mas,mau tanya..
    Gmn cra supaya bisa nyanyi dgn lepas n suara yg kluar bnr2 smpurna..Mksh

    Komentar oleh Bagus | 06/04/2010

  8. mas Gimn cara ngontrol suara sewaktu yayi dipanggung agar suaranya ga putus-putus mas.,;MkSh

    Komentar oleh fadli | 08/25/2010

  9. Kenapa ya setiap setelah saya latihan vocal suara saya jadi serak, apa mungkin latihan saya salah??
    satu lagi gimana cara ngejangkau nada tinggi tp tetep mnjaga performance agar penonton ngeliat’a ga meringis2 ngeliat saya nyanyi dengan nada tinggi.

    Komentar oleh Rian | 10/02/2010

  10. mas sya pelajar, mw tanya, apakah dengan latihan tersebut suara yang tadinya rendah sedikit demi sedikit bisa tinggi?
    trimakasih

    Komentar oleh haztra | 12/02/2010

  11. maass mau tanya ,, euummmm apakah semua orang bisa nyanyi yg bguss ???

    dan apakahh suara bagus itu udah menjadi kodrat yg dikasihh sama sang pencipta ???

    Komentar oleh arman permana | 01/05/2011

  12. salam vokal ..
    mas .. menghilangkan bekas makanan dan minuman atau asap rokok yang mengendap di tenggorokan, gimana caranya ya ka, yang aman agar suara plong ..

    Komentar oleh ihya | 01/06/2011

  13. mav mas lupa bilang terimakasih ..
    hehe..

    Komentar oleh ihya | 01/06/2011

  14. aku seorong Vocalis band indi makassar., Q monanya dong, knapa Yach suara Q nie jadi Serak Bgt, Susah AmbiL Falseto, n Main nada rendah too ampe power full,, padalah Dulux gak Kayak gini,, Gimna Cara buat Suara Q bisa kyk Dulu Lagi????

    Komentar oleh AVIV | 01/25/2011

  15. Asslmualkm mas…? mas sya mau ta’y donk..? gmna sih biar suara G Fals saat Nada Tggi…!!! klo Intensif pa ci mas…? tolong kasih tau jawaban’y ya mas…!!!!

    Komentar oleh aries | 01/26/2011

  16. thanks ya tips anda keren bgt
    so bermanfaat buat aq yg hoby nyanyi…

    Komentar oleh anik | 03/16/2011

  17. mas aku bingung,,, aku les vokal udah 5 bulan,,, didalam aku les itu, aku bisa praktekin yang diajarin guru les aku, tapi kenapa sewaktu dipanggung itu rasanya jadi aneh,, aku beban banget malah,, mo bawain lagu sendiri ajh susahnya minta ampun,, malahan aku lebih nyaman bawain lagu2 orang,,, itu kenapa ya mas,,, makasih ya mas bwat tanggapannya

    Komentar oleh adi | 03/31/2011

  18. Mas,,, aku Mau Nanya?? Aku Kan Suka Bangat Nyanyi Tapi SuaraNya fals… jadi Apa Yang haruys Saya lakukan Agar Suara Yang Bagus Bisa Saya Dapatkan… setiap Pagi saya Sllu Masukin 2 jari Ke Mulut Agar Dahak Keluar,,, Tapi tetap Ajj fals,,,, Mohon Di Jawab Ya Mas,… Thanks,,,,

    Komentar oleh rizza | 04/15/2011

  19. saya vokalis band saya punya masalah sama suara saya…
    jadi gini masalahnya mas :
    ketika saya nyanyi dengan nada yang tinggi terus teriak…
    suarasaya sering sekali habis/serak ,dan butuh waktu untuk ngembaliin suara saya seperti semula..
    saya mau nanya gimanasi cara ngatasinya ????
    tolong di jawab mas….!

    Komentar oleh ferrat | 06/22/2011

  20. saya seorang vokalis saya punya msalah sama suara saya….
    apabila saya menyanyikan sebuah nada yang tinggi …..
    suara saya mampu mengatasi nada tersebut,,
    tetapi terkadang pula tidak mampu untuk mengatasinya….
    saya ingin bertanya bagaimana sih mengatasi suara yang naik dan terkadang pula turun
    mohon di jawab yach mas…. ???

    Komentar oleh anfhal | 08/19/2011

  21. ini ada tips buat vokal yg pengen nadanya tetep kejaga, mungkin ini agak aneh, tapi bisa dicoba buat vokalis, sory jg kalo repost, intinya saya cuma membantu dan mengeshare pengelaman ane,

    tipsnya : setiap hari konsumsi kencur dengan mengunyah kencur itu kayak permen karet, serap sari2nya lalu buang ampasnya. lakukan setiap menjelang mau tidur dan pas bangun tidur, selama 3 bulan setiap hari. semoga tips ini bermanfaat buat penyanyi.

    Komentar oleh rizal | 11/19/2011

  22. Terimakasih atas informasinya. Saya sudah coba cara untuk menutup satu telinga, dan benar, saya bisa lebih mendengar suara sendiri, meski juga mengurangi pendengaran di sekeliling. Tapi supaya tidak fals ya sering sering latihan pitch dengan piano atau alat musik lainnya

    Komentar oleh Sekolah Musik | 11/28/2011

  23. makasih banyak sob,, aku izin buat belajar ea,,

    Komentar oleh surya | 01/14/2012

  24. mas, saya dari bangka..saya vokalis band..
    saya seorg perokok berat..apkh pengaruh suara saya,tlg saya minta penjelasannya apa yg hrs saya lakukn..?
    masalahnya saya mw mggung d’slh satu kota d’bangka..
    trims..

    Komentar oleh pepengrader | 01/19/2012

  25. Gimana caranya biar suara kita bener2 bagus 100 persen bisa tinggi,,rendah,,seriosa haha

    Komentar oleh Anggi syifa | 02/26/2012

  26. gimana ya caranya biar suara jadi ga falss?

    Komentar oleh rahma | 04/12/2012

  27. salam vokal..
    saya vokalis band,band kami udah punya materi lagu sndiri..
    gimana ya caranya supaya lagu kami bisa di orbitin? sementara kami ga punya modal dan waktu yg cukup buat recording karna personilnya beda kota..
    mohon petunjuk,makasih banyak

    Komentar oleh iday | 06/24/2012

  28. belajar terus
    kamu kurang pecaya di ri dan semangat

    Komentar oleh jaja | 07/28/2012

  29. saya seorang vocalis band di surabaya saya mau nanya ada berapa sich unsur unsur vocal yang dapat dikembangkan dan apa saja?

    Komentar oleh mika elisabeth | 07/17/2013


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

