R0ch4′s Blog

Dunia Lain Di Dunia Yang Lain Dari Duniaku

Sayur Bayam Mengandung Racun?????

"ojo ketok-ketok'en, ini bukan ganja...ini BAYAM !"

****Hehehehe….ni baru informasi penting bro, aku repost dari temen, bagi temen- temen yang vegy[vegetarian, termasuk penulis:D..]nih ada informasi tentang sayur mayur yang beracun [ beracun sih, klo gak tau cara mengkonsumsinya:D..]

Bagi kamu- kamu yang menyukai bayam, kenalilah hal-hal apa saja yang terkandung didalamnya dari mulai dipanen hingga dimasak agar bisa meyajikannya secara benar.

  1. Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro) <— udeh tau kan? Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (Oksigen), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita ada ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. JADI.. kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. (Aku dulu bingung kenapa mamaku selalu melarang memanasi  sayur bayam, beliau seh ga bisa jelasin secara ilmiah gitu, tapi selalu bilang “sayur bayam, kalo belom habis jangan dipanasi lagi”)
  2. Jangan pernah mengkonsumsi bayam lebih dari 5 jam. Soalnya, selain mengandung zat yang disebutin tadi itu, bayam juga mengandung zat nitrat (NO3). Kalau teroksidasi dengan udara, maka akan menjadi NO2 (Nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun bagi tubuh manusia. Menurut John S Wishnok, bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitritnitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Mungkin ada yang blum tau bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan Nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. JIKA hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”. kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar

Efek Toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

O,ya jangan memasak bayam pake panci alumunium yach.. soalnye bisa bereaksi dengan zat besi yang ada di bayam, dan … jadi racun.

TIPS MENGKONSUMSI BAYAM :

*Pilih bayam yang baru dipetik dan masih segar*
*Hendaknya langsung diolah setelah mendapatkan bayam segar*
*Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es*

Jadi takut mengkonsumsi bayam?? JANGAN …. soalnya kandungan nutrisinya sangat BESAR alias TOP BANGED. Bahkan bayam disebut sebagai KING oF VEGETABLES, tapi cukup mengetahui sifat dan unsur dari bayam itu sendiri dapat membuat Sayur Bayam Menjadi Nikmat apalagi pakai sambal trasi plus jeruk nipis nasinya nasi jagung plus ikan asin pedho..rasanya selangit tiada tara, morotuo liwat, cuekin aja :D !!!”

About these ads

02/08/2009 - Posted by | Tips- tips dari dapur

11 Komentar »

  1. klo kripik bayam bagaimana??

    apakah juga masih memiliki racun??

    Komentar oleh aulia | 03/11/2009

  2. kripik bayam kan gak perlu diangetin lagi kan sayang….iya kan, yang bahaya itu klo sampe sayur bayam itu diangetin lagi buat keesokan harinya, gicthu, lam kenal deh

    Komentar oleh r0ch4 | 03/11/2009

  3. d mana tu si popaye makan bayem kalengan dah tua tobat lah.. hahaha

    Komentar oleh marno is dead (marno&upas) | 08/29/2009

  4. d mana t si popaye makan bayem kalengan harusnya dah modar tuh

    Komentar oleh marno is dead (marno&upas) | 08/29/2009

  5. gimana mau mampus,lha wong popeye nya makan bayam yg masih mentah,pasti dong g ada racunnya !

    Komentar oleh r0ch4 | 08/30/2009

  6. boloho sia mah piraku bayem beracun anjing sia mah…………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh deni | 06/01/2010

  7. Waduh, kalo dah trlanjur makan bayam yg lebih dr 5 jam gmn donk? Resikonya apa? N obatinya pk apa?

    Komentar oleh Ari | 07/19/2010

  8. bagus buat kti tapi ku ambil tema na gmna y bgus na????

    Komentar oleh azrin | 06/16/2011

  9. Makanya jangan pernah makan sayur bayam di warteg, wartel (ni kayanya gak jualan dah :D), atau warung lainnya.. Karena kita gak pernah tau tuh bayem dibuat kapan.. hahaha :D Mendingan sayur bayam buat sendiri, apalagi buatan Mama.. haha..

    Komentar oleh Iseng Komen Dikit | 02/26/2013

  10. saya ibu menyusui yg sudah terlanjur mam bayam yg lbh dr 5 jam itu bagaimana yaa…kok anak saya jadi sering bab yaa…

    Komentar oleh dd | 07/06/2013

  11. aduh gmn nih q mkn bayam diangetin jangan” bisa mati

    Komentar oleh witieprikitiuu | 10/13/2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: