R0ch4′s Blog

Dunia Lain Di Dunia Yang Lain Dari Duniaku

Bikin Cilok Ikan Istimewa

cilokmewah

Biasanya jajanan cilok tuh dijualnya di depan sekolahan2, dan yang jual mas- masnya naik sepeda pancal.. tapi kalo cilok yg satu ini, ntar dulu bro…yang jual bawa sedan, karena yang beli para bangsawan hahahahaha….just kidding bro !

*Bahan :

~200 gr daging ikan tengiri giling (atau apa aja deh, hamour juga boleh)
~1 butir telur
~150 ml air
~350 gr tepung kanji
~150 gr tepung terigu
~Air utk merebus
*haluskan :
~4 siung bawang putih
~1 1/4 sdt garam
~1/2 sdt merica

*Cara membuat :

~ Blender daging ikan bersama telur dan air sampai tercampur rata
~ Masukkan dalam tepung kanji yg sudah dicampur terigu.
~ Tambahkan bumbu halus
~ Uleni sampai kalis
~ Bentuk bola2 sebesar kelereng.
~ Rebus sampai matang dan mengapung
~Angkat. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
~ Sajikan dgn saus kacang, saus sambal dan kecap.

*****Ada 2 macam cara bikin saus kacangnya :

*bahan saus kacang 1 :
250 g kacang tanah, hancurkan dengan air matang panas secukupnya
(700 ml air, atau dikira-kira aja kentalnya mau gimana)
1/2 Kg ubi merah kukus, kupas, lumatkan
5 Cabe merah (selera masing-masing kadar pedas-nya), diulek
1/2 Sdt garam
2 Sdt gula
Kecap (selera masing-masing kadar manis-nya)
3 Siung bawang putih dicincang halus
5 Kemiri dihaluskan

Cara membuat saus kacang (bisa juga untuk saus siomay) :
Campur aduk jadi satu semua bahan untuk saus kacang, kecap terakhir aja supaya bisa ditambah lagi sesuai keinginan, manisnya bagaimana.

Note:
penggunaan ubi merah untuk saus kacang cilok siomay ini dulunya dimaksud untuk menghemat kacang tanah (dan tetap kental), biar myurah. Tapi kemudian diketahui kalo ubi merah bisa membantu bumbu kacang jadi nggak gitu berasa bikin eneg.

*Bahan saus kacang 2 :

Bahan:

~ 100 gr kacang tanah, sangrai, bersihkan kulit arinya.
~ Cabe Merah secukupnya, sesuai selera, iris2, goreng
~ 1 sdt garam
~ 1,5 sdm gula merah/gula palem
~ air secukupnya

Cara:
~ Blender kacang goreng dan cabe goreng sampai halus.
~ Masak kacang halus dgn ditambahkan air, garam, gula sampai mendidih
~ Angkat dan siap disajikan.

Siap- siap??? Marilah sebelum makan cilok bangsawan ini kita berdoa dulu…agar cilok ini masuknya enak ke dalam perut kita dan gak bikin kita keselek. amien


About these ads

03/08/2009 - Posted by | URUSAN PERUT

7 Komentar »

  1. saya rasa resep kuliner seperti ini akan cepat booming di masyarakat. apalagi bila ditambah / dimodifikasi dengan kreasi lainnya.

    Komentar oleh bima | 10/15/2009

  2. saya suka sekali resep ini

    Komentar oleh fajar syah | 06/19/2010

  3. patut di coba nih….
    trims…

    Komentar oleh no3nk | 01/17/2011

  4. aduh takaran air yang tepat buat nyampur daging ikan & telur brapa ml?

    Komentar oleh gutata | 11/14/2011

  5. Aku suka bngt cilok’y

    Komentar oleh Zhali | 01/22/2012

  6. Numpang belajar mas… moga-moga ilmunya manfaat niiih…Maju terus cilok…
    Tak lupa terima kasih banyak

    Komentar oleh lukman hakim | 04/13/2012

  7. Iya, istriku juga seneng banget dapat artikel ini…
    makasih Mas…

    Komentar oleh Zai | 07/26/2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: