Cara Bikin Tape Ketan Ijo

Standar

tapeketanijo

“ayo…marilah bersama- sama, rapatkan barisan menuju dapur kita tercinta….membuat tape ketan yang beraroma sedap…..”


*bahan2nya gampang banget kok :

~ beras ketan 1 kilo, rendam semalam.

~ 3 buah ragi[ klo bisa yang bermerk NKL Solo]..klo nyimpen raginya harus bebas dari minyak.

~ pasta pandan.


*Cara bikinnya :

kukus ketan sampe setengah matang, kira2 10-15 menit tergantung apinya, lalu angkat, ambil pasta pandan dan tambahkan air mendidih kira2 300 cc, campur rata lalu siramkan pada ketan yang masih panas itu, sambil di aduk hingga rata…setelah itu kukus kembali sampai ketan bener- bener matang…setelah matang dinginkan, sampe bener- bener dingin, taruh ketan tersebut di alas plastik ato daun[ dilarang ditaruh di tanah tanpa alas, alasannya yaa biar bersih aja, masak naroh makanan di tanah hehehe ]…beberkan selebar mungkin, biar cepet dingin, sambil menunggu dingin , haluskan ragi sehalus mungkin, klo bisa setelah digerus trus diayak [ alat gerusan dan ayakan harus bebas dari minyak dan garam] setelah itu tapiskan ke atas ketan yang udah dingin, aduk lagi supaya raginya merata, habis itu taruh ketan tersebut di kotak ato tempat apapun yang berbentuk wadah dan tertutup, bisa kedap udara, bisa gak, tergantung selera, tapi klo menurutku…asal ditutup aja, gak usah sampe kedap suara eh, salah..kedap udara ! setelah itu biarkan di tempat panas tapi tidak terkena matahari, klo bisa sih di tempat yang agak gelap…biarkan selama 3 hari ato 4 hari ato klo bisa 1 minggu ato 2 minggu…..jadi lebih enak hehehehe….tapi minimal kotak tersebut dibuka pada hari ke 3-4..biasanya si ketan udah berkeringat, tapi sebelum itu jangan dibuka !

*Note : Bila takut bintitan tuh mata karena dikit- dikit penasaran pengen liat udah jadi apa belom nih si ketan, gunakan aja wadah plastik bertutup yang transparan, sehingga kamu bisa ngintip metamorfosa-nya si ketan yang menjadi tape.

Nah, gimana? mau coba? tapi sekali lagi, klo di artikel ini ada yang kurang tentang caranya, kritik dong sekalian tambahin infonya..ok?



About these ads

15 thoughts on “Cara Bikin Tape Ketan Ijo

  1. banyak ko’brur…yang pasti di toko bahan2 makanan untuk bikin kueh, bukan di bengkel motor..:D heheheh
    yg jual biasanya Tacik, ituh lho orang2 china…^_^…
    mksi deh dah nyamper di mari…ntar gantian w dh yang ke blog situ..tunggu ya…^_^..

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s