5 Langkah Mengatasi Kelemahan Diri

Standar

melihat kelemahan kita dari dalam hati

“No Body’s Perfect”….. Semua orang punya kelebihan dan kelemahan. Kelebihan atau kekuatan bisa mendatangkan sukses, sedangkan kekurangan atau kelemahan bisa mendatangkan masalah atau kegagalan. Karena itu, penting untuk memperbaiki kelemahan sebelum menimbulkan kejatuhan.
Berikut ini tip yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diri Anda:

Kenali kesalahan dan introspeksi

Untuk mengetahui di mana letak kesalahan Anda, telusuri semua kesalahan yang bisa dilihat. Berusahalah untuk menemukan kesalahan yang ada dalam diri Anda. Pikirkanlah mengapa Anda sampai melakukan kesalahan tersebut dan mengapa sampai Anda memutuskan untuk melakukan kesalahan tersebut. Analisalah. Jika Anda ingin mengenali kelemahan dalam diri Anda, introspeksilah. Egosentris adalah sifat di mana manusia selalu menjadikan diri sendiri sebagai titik pusat suatu pemikiran atau perbuatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa saat orang menilai dirinya sendiri, orang akan selalu membenarkan sikapnya karena mengacu pada cara pandangnya sendiri. Untuk mencari penilaian yang obyektif, sebaiknya yang menilai adalah orang lain yang sudah mengenal Anda.

Buat catatan harian

Setelah Anda mengevaluasi diri dengan bertanya kepada orang-orang yang sudah mengenal Anda dengan baik, langkah selanjutnya adalah membuat catatan. Langkah ini memang lebih sulit, tapi memberikan hasil yang lebih baik. Buat catatan harian secara jujur dan terus terang, sama seperti apa yang orang-orang ungkapkan pada Anda. Kejujuran itu terkadang pahit. Tapi rasa pahit itu terkadang adalah rasa yang lezat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Terbuka terhadap kritikan

Anda benar-benar perlu mengetahui kelemahan Anda. Siapkan mental untuk mendengarkan kebenaran yang sulit tentang diri Anda sendiri. Simak tanggapan mereka. Dengarkan secara cermat tanggapan mereka. Tak ada gunanya Anda meminta penilaian jika tidak mendengarkan. Buka diri dan pikiran Anda untuk menerima segala kritikan orang lain terhadap Anda. Dan jadikan kritikan tersebut pemicu semangat Anda untuk memperbaiki diri dan mengembangkan segala potensi diri yang ada.

Motivasilah diri Anda

Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda mampu menjadi orang yang lebih baik. Berpikirlah positif tentang apa pun, termasuk tentang diri Anda. Jadikan kegagalan dan kesalahan masa lalu sebagai suatu pembelajaran untuk meraih prestasi. Hidup adalah suatu pembelajaran. Anda tidak akan pernah berhenti mencapai tujuan akhir dari kehidupan, yakni kematian. Anda harus punya semangat dan motivasi untuk memperbaiki diri. Kita semua memiliki kelemahan dan kekurangan. Namun bila kita mampu memahaminya, kekurangan itu sebetulnya bisa menjadi lebih dalam diri kita. Jadikanlah kekuranganmu sebagai kelebihanmu.

Sadari kelebihan dan tingkatkan

Segala sesuatu memiliki dua sisi. Begitu pun dengan diri kita. Di tengah kekurangan pasti ada kelebihan. Yang harus kita lakukan dalam hidup ini adalah selalu berusaha maksimal, yakin akan diri kita, dan selalu berpikir positif. Masing-masing kita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Ada keunikan dan keunggulan dalam diri kita. Jangan selalu menggali keburukan diri sendiri. Cobalah menggali kelebihan diri. Misalnya, Anda tidak pintar, tapi sikap Anda baik. Itu kelebihan Anda. Atau Anda tak pandai berbicara, tapi punya hati untuk mendengarkan orang lain. Itulah kelebihan Anda. Sadarlah bahwa orang sukses juga mempunyai kekurangan. Tapi mengapa ia sukses? Karena dia tak pernah berhenti melihat kekurangannya.

About these ads

5 thoughts on “5 Langkah Mengatasi Kelemahan Diri

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s