Ciri- ciri Madu Asli

Standar

maduasli
Kemaren kayaknya aku udah pernah posting tentang madu, tapi khusus yang ini mengupas tentang ciri- ciri madu asli sama madu palsu….yok kita mulai aja mata kuliah pengertian serta ciri- ciri madu asli dan palsu hehehehe…..Dengan terjadinya proses fermentasi, maka akan menyebabkan madu tersebut timbul gas ataupun panas. Dan disinilah terjadinya kesalahan persepsi yang beredar di masyarakat :

~Madu Asli kalo ditutup rapet2 setelah sekian lama akan meletus.
~ Wujudnya benar2 kental~Tidak dikerubutin semut [kalo dikerubutin semut berarti ada campuran gula pasir ataupun gula jawa : gula merah)
~Bila dicelupkan/dioleskan pada pentol korek api, korek api tersebut masih bisa menyala
~Bila dicampur dengan kuning telur maka kuning telur tersebut akan masak dengan sendirinya menjadi setengah matang.[nasutiondina.multiply.com]

Kabar buruknya adalah, itu pembodohan masyarakat,  tapi, kabar baiknya… ternyata ada alasannya. Masih menurut Bpk Moch. Candra yg diperkuat oleh salah seorang ahli perlebahan dari Perhutani yang ternyata juga seorang dosen di Fahutan, hal itu semua disebabkan oleh terlalu tingginya kadar air, yang menyebabkan terjadinya fermentasi.

Dan ini ada informasi tentang ciri-ciri madu asli dan palsu :

Madu yang beredar di Indonesia umumnya dihasilkan dari tiga jenis lebah; apis dorsata (lebah hutan), apis mellifera (lebah unggul) dan apis cerana (lebah lokal) yang ada di atas atap rumah. Dari segi kualitas, madu hutan (madu organik) berwarna hitam pekat lebih baik daripada madu yang di budidaya. Sayangnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa konsumsi madu budidaya berwarna coklat cerah. Akibatnya, madu hutan dianggap sebagai madu palsu.Banyak orang penasaran untuk membedakan madu asli yang dihasilkan lebah pencari makan di alam bebas dari madu palsu (sirup gula, misalnya). Disinyalir, peredaran madu palsu di Indonesia sangat tinggi. Uji coba madu asli atau palsu lewat aroma, semut yang mengerubuti, kekentalan jika diteteskan pada debu, belum jadi jaminan keaslian sebuah produk madu.

Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni agak dominan kelihatan dan kandungan sukrosa lebih menonjol pada madu palsu. Madu asli mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K.
Madu asli mengandung enzim sedangkan madu palsu tidak. Enzim tidak bisa dibuat manusia, dan hanya bisa dibuat lebah madu. Enzim-enzim terpenting dalam madu; diatase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase dan lipase. Diastase merupakan enzim pengubah karbohidrat komplek (polisakarida) jadi karbohidrat sederhana (mono sakarida). Invertase merupakan enzim pemecah molekul sukrosa jadi glukosa dan fluktosa. Oksidase mengemban peran sebagai enzim pembantu oksidasi glukosa jadi asam peroksida. Enzim peroksidase melakukan proses oksidasi metabolisme. Semua zat berguna untuk proses metabolisme tubuh.
Sedangkan madu palsu mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour dan zat warna sangat merugikan kesehatan manusia. Ciri-ciri madu asli harus berwarna-warni, hitam pekat (berasal dari bunga akasia), hitam kemerah-merahan, kuning cerah, kekuning-kuningan atau kuning keputih-putihan (lebah budidaya). Bila mendapatkan madu dengan warna dan kekentalan sama perlu diwaspadai karena warna madu asli tidak pernah sama.
Aroma juga bisa dijadikan media untuk menentukan asli atau palsunya sebuah produk madu. Madu asli punya aroma dan bau khas seperti madu dari bunga rambutan, kapuk randu atau kelengkeng. Ini berbeda dengan madu palsu yang sama sekali tidak beraroma.
Pengujian lain, madu asli bila dituangkan di atas piring sebanyak dua senduk lalu disirami air putih dan digoyang ke kanan ke kiri akan membentuk sarang lebah. Jika tidak menyebar bahkan bercampur dengan air, maka terkategori madu palsu.

Uniknya, Surandi K Riyatmo menganjurkan konsumen untuk coba sendiri dengan menjadikan tubuh sebagai lab alam. Caranya, puasa selama 10 jam, lalu periksa gula darah. Katakan A minum madu 2-3 sendok. Sesudah 2 jam, periksa lagi gula darah. Katakan B bila madunya murni dan alami, selisih antara B dengan A kecil.
Penderita diabetes mellitus (DM) yang berpengalaman minum madu bisa merasakan madu murni dan madu palsu. Bila setelah minum madu, badan jadi segar dan bertenaga kembali (sama seperti bukan penderita DM yang baru saja minum teh manis), itu menandakan madu yang baru diminum murni dan alami.
Dalam tubuh penderita DM, madu diubah jadi tenaga (tanpa bantuan insulin).

Repost by : maduterapi.blogspot.com

About these ads

83 thoughts on “Ciri- ciri Madu Asli

  1. Julia

    aku mau tanya, selain uji di atas piring, apa ada cara sederhana lain untuk menguji madu asli apa palsu? thanks

    Suka

  2. Julia

    aku mau tanya, selain uji di atas piring, apa ada cara sederhana lain untuk menguji madu asli apa palsu? thanks
    tolong ya…

    Suka

  3. bony purnomo

    saya telah mencoba test madu di atas piring (madu sari bunga hutan riau)dan hasilnya memang membentuk sarang lebah,dan yg bikin aya ragu madu yang tidak membentuk sarang lebah ber campur dengan air sehingga warna air menjadi kecoklatan dan yg tertinggal di piring memang membentuk sarang lebah, dan kekentalan mau tidak begitu kental,malah aroma sangat menyeyengat ke asli arom hutan. apakah madu ini di katagorikan madu asli.
    mohon di jawab dengan segera karena saya sedang menggalang obat2 herbal termasuk madu (agen).
    atas bantuanya sesudah dan sebelumnya saya khaturkan abanyak2 terimakasih.

    Suka

  4. Simpang siur memang persoalan cara membedakan madu asli n palsu. Bagi saya, keaslian dan kualitas bisa ditentukan dengan mengonsumsinya langsung walaupun awalnya tetap aja trik2 tertentu dipakai buat milih-milih madu.

    Pilih madu yang punya izin resmi (Dinkes, POM, atau sejenisnya), cari produk madu yang punya peternakan lebah sendiri, setelah itu kita liat ciri2 fisiknya. Pribadi saya lebih memilih madu ternak ketimbang madu hutan, soalnya kebanyakan madu hutan lebih gampang gelembung trus kalo dibuka suka meletup (ini artinya ada proses fermentasi. Proses ini justru menurunkan kualitas madu, jadi bukannya malah bagus karena ada mikroba berkembang biak didalamnya). Trus liat tekstur n warnanya, teksturnya agak kental (gak terlalu kental karena madu lokal paling banter kekentalannya 18%, kecuali madu timur tengah atau yang udah mengalami proses lanjutan) n jernih gak keruh. Kalo sesuai kriteria, beli deh..Sekarang tinggal tes rasa. Kalo rasanya manis menyengat (madu 25% lebih manis daripada gula) tanpa ada unsur asamnya lanjutin dengan mengonsumsinya dalam jangka waktu beberapa lama. Habisin satu botol gede lah minimalnya.

    Abis itu evaluasi lagi apakah madu tersebut memberikan efek positif ke tubuh. Kalo bikin badan seger buger n gak gampang sakit, berarti tuh madu asli dengan kualitas baik..

    oya, main-main dong ke situs saya. Liat-liat aja dulu..pasar-herbal.blogspot.com

    Suka

  5. hairullah

    sy kemarin membeli madu,tapi rasanya tawar.so jd saya penasaran apakah madu yang saya beli itu asli atau palsu.terima kasih

    Suka

  6. margono

    makin banyak orang yang memalsu madu,lebih-lebih di negara kita konon 80 % palsu, hati2…..kemarin beli madu, setelah saya minum bersama anak2…eeee semua radang….

    Suka

  7. yahya

    saya Yahya seorang Mahasiswa ITB
    posisi sekarang d bandung.

    saya bisa menyediakan madu asli sekitar 40 botol(ukuran 630ml)setiap bulannya.

    soal ke aslian anda gak perlu ragu.silahkan anda uji dengan cara apapun..

    doli_hr@yahoo.co.id

    Suka

  8. Wah jadi buingung neh.. padahal aku pengkonsumsi madu.. tapi asli nggak nya.. gak mudeng tuh.. Biasanya aku beli di supermarket.. emang harganya lebih mahal.. tapi kualitasnya jg nggak tahu.Yang jelas badan jadi FIT. Kalau diperhatikan, masyarakat justru ragu untuk membeli madu dalam kemasan pabrik. Mungkin karena terlalu banyak wong pinter yang suka minterin.. Penenya sih.. liat sendiri sarang lebahnya,trs ngelihat sewaktu ngambilnya.. plus ngelihat sewaktu ngemas nya.. Kalau madu yang ASLI tanpa campuran sedikitpun.. tuh rata2 di jual dengan Harga berapa sih per Liter nya..? Atau per Kg nya..

    Ada yang mau memberi masukan…?

    Yang Punga Blog… Maturnuwuuunnn..

    Suka

  9. aku kbtulan sdh bc byk artikel ttg madu.informasi yg sdh sy terima ternyata madu yg bgs dan kualitas internasional itu madu iran( madu sunnah ) hpa sy udh cb madu yg katanya asli emg bnr asli namun rasanya madu sunnah yg paling enak.yg mau cb bs hubungi sy.081391366637

    Suka

  10. surya

    q pribadi seorang pternak lebah skaligus pemasok madu di jawa ,thun ni bnyk pternak lebah yg gulung tikar dikrnakan cuaca skrg tdk dpt diprediksi,bnyk org brkt madu skrg tu rata2 madu palsu tu hny org yg ingin mnjatuhkn hrga madu (permintaan pasar tinggi tpi jmlh brang minim), klo ingin tau tntang madu asli anda dpt brkjung dipati !

    Suka

  11. ragung

    Subhanallah saya sudah mencoba sendiri madu yang asli dgn cara menuangkan madu ke piring terus menuangkan air putih secukupnya terus diayak kyk mengayak emas dan benar kalo yg asli akan membentuk garis2 segi enam spt sarang lebah.terima kasih infonya

    Suka

  12. joni

    sebenarnya madu asli juga suka di kerubungi semut,tapi semut nya akan mati setelah minum madu tsb,karena saya sudah pernah ngambil madu dari proses pemanjatan sampai di dlm botol, cara test yang baik hanya dimasukan ke dalam frezer apa bila tidak beku artinya asli hanya itu saja,krn banyak tukang tipu ,masukan korek kayu ke dlm madu trs di hidupkan maka korek api akan menyala atau dimasukan telur akan masak padahal mereka suka mencampur dgn arak ini pembodohan terhadap konsumen, di tempat saya ada pengambil madu asli warna hitam karena dekat dengan hutan akasia,600 ml atau 1 botol aqua hny 35.000 rupiah, karena si penjual jujur kami rela masuk hutan demi membeli madu tsb, saat di tanya apakah di campur,beliau bilang rugi pak di campur harga gula mahal dan tidak ada manfaatnya dan saya pernah kirim ke teman di jkt ,kebetulan dia pulang dari mataram beli madu juga,jadi di bandingkan dgn madu hutan jambi kiriman saya ternyata memang mantap dan harus rajin di buka tutup botol tsb krn gas nya kuat…hnya berbagi pengalaman jangan sampai kita tertipu

    Suka

  13. Salam Kenal dan Assalamulaikum wr.wb buat smuanya.. saya asli NTT, kebetulan sering ke desa-desa yang mau dikata desa madu… karena sepanjang jalan kita akan temukan lebah madu yang bergantungan di dahan-dahan pohon.. berdasarkan pengakuan salah satu penduduk desa kalau lagi rejeki mereka bisa mendapatkan 50 jirigen isi lima liter per pohon…
    berdasarkan informasi dari ahli perlebahan.. madu yang berkualitas baik adalah madu yang memiliki kadar air yang sangat rendah.. ini berarti madu asli Timor NTT merupakan salah satu madu terbaik karena NTT daerahnya gersang (kurang air) sampai2 ada iklan di TV SEKARANG SUMBER AIR SU DEKAT” mau butuh madu dalm jumlah banyak asli Timor-NTT hubungi : tuk_m0h4n@yahoo.co.id
    Wassalam……….

    Suka

  14. Secara sederhana, madu asli dan palsu dapat dibedakan dengan melihat ciri khas fisis madu asli sebagai berikut :

    1. Cara pertama, meneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.

    2. Cara kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.

    3. Cara ketiga, mencampurnya dengan telur ayam/bebek. Madu asli yang diaduk bersama telur akan membentuk gumpalan dan rasa telur berubah menjadi seperti sudah digoreng.

    4. Cara keempat, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

    Sayangnya, saat ini banyak madu palsu yang menyerupai madu asli hingga cara-cara tersebut hanya bisa sebagai bahan pertimbangan saja. Tipsnya adalah dengan membeli madu di tempat yang sudah terpercaya. Bila terpaksa membeli di tempat lain, bandingkan apakah harganya tidak terlalu beda jauh dengan madu sejenis dari merk lain. Jika harganya sangat murah, bias jadi madu tersebut adalah madu buatan.
    SEMOGA BERMANFAAT

    Suka

  15. sulit mencari madu asli di zaman seperti sekarang ini mas.
    yang ada madu yang berasal dari perternakan lebah bukan dari alam liar. kualitas jauh mamfaat beda

    Suka

  16. Bachrir

    Tidak betul Kalau Madu Asli tidak dikerumuni semut ternyata perna saya buktikan, madu saya ambil dari hutan asli karena saya dan teman2 yang langsung ambil dr.pohon kemudaian setelah kami ambil kami peras hasil perasan kami ada 3 botol madunya seteh saya simpan dan saya ingin membuktikan bahwa apakah betul madu asli tidak dikerumuni semut,ternyata pernyataan itu tidak benar
    sekarang siapa mau beli madu asli masi ada saya simpan 3 botol silahkan hubungi 081242857493 An.Bachrir

    Suka

  17. broto atmojo

    SAYA BIASA BELI MADU HUTAN, KRN SY KRJ DI KALIMANTAN, DSN DIKENAL SBG MADU HITAM (HUTAN) & MADU COKELAT, menurut saya MADU YANG ASLI jk disimpan dlm freezer (kulkas) TIDAK ADA PENGENDAPAN (mnjadi 2lapis bagian) ATAS & BAWAH, sedangkan MADU PALSU JK DISIMPAN DLM KULKAS AKAN TERJADI PENGENDAPAN PADA MADU TSB ???

    Suka

  18. ainin

    aQ kmarEn habis beli madu, katax sih asli . . . .
    aQ belinya pesan dari peternakan lebah BINA APIARI,, kira2 asLi nggak ya???
    mohon komentarnya…

    Suka

  19. wulandyah

    ass,sya akhr2 ini mencri madu buat kmsumsi,sy bli diapotik dan trnyata bs dbilang g ada yg menyediakn 100 persen madu, ada yg 75persen,dan yg trbaik hny 90 persen*. Lalu sy bli madu hutan wrna ny htm pekat tp cair rasany lengket dtenggorokan. Apakah itu asli apa palsu?mohon pencerahan.trimaksh

    Suka

  20. ampera

    Pengalaman yang pahit pernah kami alami, terkecoh saat membeli madu. Begini, sang penjual madu menawarkan kami untuk pergi ke hutan mengambil madu langsung dari pohonnya. Singkat cerita, lokasi yang ditempuh cukup sulit dan berjurang. Kami hanya bisa mengamati dari jauh saat dia mengambil madu dari sarangnya. Terbersit curiga saat madu yang diturunkan begitu banyak, sampai 3 jerigen perpohon. Total hampir 15 jerigen untuk 5 pohon. Setelah serah terima, madu tsb berjamur putih sesudah 1 bulan, aromanya seperti amoniak. Kelamaan madu berasa asam! Kecurigaanterbesar adalah sipenjual madu telah mengisi campuran gula dan sejenisnya pada pohon sebelumnya, baru dia memanen, dan mangsanya jelas si pembeli!!! Pembeli madu berhati hatilah, semua penjual madu hanya manis bicara dimulut saja, seperti madu palsu :/

    Suka

  21. nur

    Kami Sedia Madu Hutan Asli dari Hutan Sumatera ( Riau )
    Madu kami datangkan langsung dari Petani Madu di RIAU
    Sehingga madu masih Fresh, Tanpa Pengawet, Tanpa Pemanis, Tanpa Diolah Pabrik.
    Khasiatnya sudah banyak yang membuktikan…termasuk keluarga saya sendiri.
    Harga per 1 Kg = Rp. 85.000,-
    Yang berminat Hub. 08122771616 ( Nur )’
    Alamat : Pogung Lor, Sinduadi Mlati Sleman – Yogyakarta.

    Suka

  22. sri puji lestari

    Numpang lewat Gan….

    madu hutan Murni kami adalah madu asal hutan Akasia di sumatera selatan. Kami berikan yang terbaik untuk anda. Silahkan kontak kami jika anda berminat beli. 0817712528. ( khusus wilayah jakarta kami antar segera setelah anda pesan minimal 5 botol ukuran 600 ml)

    Spesifikasi madu:

    Warna Coklat kehitaman

    Madu Asli ( kami tidak menjual Aspalan)

    Suka

  23. ahmad

    Asli atau tidaknya suatu Madu HANYA DAPAT DIKETAHUI MELALUI LABORATORIUM (seperti tertulis di artikel), yaitu dengan PENGUJIAN ENZIM. Cara2x pengetesan Madu yang selama ini beredar adalah TRIK/TIPUAN para pedagang. Kalau tidak percaya, sebaiknya cari disitus2x LUar Negeri mengenai Madu, jangan disitus Indonesia, karena banyak bohongnya.

    Suka

  24. Trisno Baba

    saya tidak percaya 200 % kalau madu asli kok semut tidak mau mengerumuni, dit4 kami (semut pudhak, semut hitam, semut gula) suka sekali dengan madu , apalagi semut gula ( agak besar ,warnanya hitam kecoklatan sering membuat colony tawon minggat dari sarangnya krn meraka menghisap madunya.

    Suka

  25. TRIVIGAR

    bagaimana kalau pengujian madu dgn cara dipanaskan menggunakan sendok ???
    apakah madu asli trsebut meluber atau gk….
    trs apakah ketika dingin akan ttp cair atau mngeras ???
    mohon jawaban na y
    ????

    Suka

  26. TRIVIGAR

    bagaimana kalau pengujian madu dgn cara dipanaskan menggunakan sendok ???
    apakah madu asli trsebut meluber atau gk….
    trs apakah ketika dingin akan ttp cair atau mngeras ???
    mohon jawaban na y
    ????

    Suka

  27. Nur

    Buat TRIVIGAR:
    Madu Asli Jika dipanaskan dengan sendok akan cepat mendidih dan berbusa, dan meleleh. Madu Palsu akan lebih lama proses mendidihnya, karena kandungan airnya yg berlebih.
    Jika beli Madu kami sarankan agar membeli dari PETANI MADU langsung,,, dijamin keasliannya. Madu yang sudah mengalami proses peng OVENAN ( seperti Jelly ), kwalitasnnya jauh lebih rendah dari Madu yang Tanpa proses OVEN ( lebih cair ) From = 08122771616

    Suka

  28. satria

    kalo madu asli dimasukkan ke kulkas jadi beku ga ya?krn sy beli madu dr petani ktnya asli,sy masukkn kulkas ternyta lama kelamaan mulai ada bagian yg beku.madu yg satunya merk ternama di solo yg kasih garansi kl ga asli ung kembali 100%,trnyata tdk beku.tlg kasih pnjelasan mana yg asli.thanks atas pnjelasnnya.

    Suka

  29. rajamanau

    Kami pengumpul dan supplier madu hutan liar hasil panen dari hutan2 di sumsel, riau, dan sekitarnya.Jual Madu Hutan secara Curah (Rp 24.000/kg) dan juga Memproduksi Madu Hutan Kemasan (isi : 500gr) dgn Merk Arrijal dengan harga Agen Rp 21.500 (Min 20 Btl) . Untuk order dan keagenan hub : Grosir Madu Hutan Sialang (HP: 089636148114)

    Suka

  30. jhony irawan

    jual madu hutan hitam super.tidak bergas.madu kental alami,tanpa proses pengentalan yg bisa mengurangi khaziat dan zat aktif madu.hub:081906196488

    Suka

  31. fitri juliana

    saya mau tanya,saya beli madu trus saya teteskan madu tsb ke tisu,trus madu itu terserap tisu,apakah madu yg sy beli palsu,mohon saranya,mana saya beli madu tsb 375 rb 1 kg madu tsb,

    Suka

  32. dwie soewarso

    dah wie coba….. ternyata benar kalo di taruh piring dan di kasih air lalu di goyang bisa membentuk sarang lebah….. makasih infonya

    Suka

  33. sympathy blus

    madu hutan golden ‘an-nabawy’ itu asli atau palsu y…
    soalnya sya bru sja d’twri..kalau tidak murni uang kembali..mksih

    Suka

  34. anto

    gampang cara nya bawah pulang madu kerumah,kenalin ke istri tua kalau istri tua marah berarti madu itu palsu.klo nga pasti asli 100%

    Suka

  35. nur

    Saya JUAL MADU HUTAN ALAMI…
    Madu Kami Datangkan dari PETANI MADU HUTAN di RIAU SUMATERA..
    Sehingga Madu dijamin Keasliannya, Tanpa Bahan Pengawet, Tanpa Pemanis & Tidak Diolah Pabrik…
    Insya Allah dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit..
    Alamat : Pogung Lor No 173. RT 08 / RW 047 Sinduadu Mlati Sleman Yogyakarta
    HP : 08122771616

    Suka

  36. romi aries

    Buat rekan-rekan aku baru aja panen madu hutan asli dari awal memanjat dan penurunan madu sampai pengolahannya saya menyaksikannya sendiri.bagi rekan-rekan yang berminat silahkan lihat iklan saya di FB Romi aries..

    Suka

  37. saya menyediakan madu asli dari ternak lebah sendiri… dijamin asli… posisi saya ada d surabaya… free ongkos kirim d daerah surabaya….

    Suka

  38. budi kusuma

    silahkan di coba madu merk AM ,kalo ngga salah ini dari surabaya yang jelas uda lama gw pake.dan waktu gw cb uji pake piring dan air memang asli. belinya di apotik2 jg banyak.

    Suka

  39. klu tmn2 mau membedakan mana madu asli dan madu asli? tmn2 bs menjadikan madu saya jadi acuan madu asli… karena saya ternak sendiri dari lebah penghasil madu… tp klu tmn2 mau membedakan dengan madu hutan, maaf saya gak pernah tau madu hutan yg asli gmana…

    Suka

  40. hanif

    silahkan kecap diayak dipiring berisi…hasilnya sama akan membentuk trigonal seperti sarang…silahkan buktikan….keaslian madu hanya dapat diuji melalui laboratorium

    Suka

  41. herman

    saya di medan, ada jual madu hutan. asal kalimantan, kalo ada yg berminat bisa hub sy di 082166516046/ atau pin BB 22BBFB6D. thx… ^^

    Suka

  42. vie

    saya madu sumatera asli dr hutan… tapi mahal 1botol bir hrg 150.000, jd curiga kalo yang murah2..
    dan setiap minum 1 sendok, berasa panas ke badan!! jgn mau deh kalo yang murah2, mding beli sm yang kenal, sodara dikampung ato kerabat…:)

    Suka

  43. madu asli yg psti harga nya mahal karna faktorx dr pola panen nya bkn perhari.. kami sudah membuktian sendiri dgn mengkonsumsinya.. sebagian pendpat dr kwn2 ttg madu yg asli itu benr.. saya stiap bulan slalu oder 3 kg dr tmn .. yg saya taw madu yg msh terjamin itu masih ada di provinsi jambi. hrga 90rb/kg.. tapi madu hutan,, bkn madu lebah peliharaan..jika tmn2 yg tmpt tglx di sekitar prov jambi ingin order bs hubungi tmn saya lewat facebook nya “gerak siluman” tuk hasiatnya bs di rasaan sendiri stelah kosumsi

    Suka

  44. AKU IKUT AMBIL MADU DI MHUTAN TAPANULI SELATAN DAN HUTAN MANDAILING NATAL, AKU BAGIAN MEMERAS MADU DAN HASIL DARI MADU KUBELI, SEKARANG ADA SISA SERATUS KILO
    JADI MENGENAI ASLINYA ( INSYA ALLAH ) KUJUAL Rp.125.000,– / KG ADA YANG MAU .. . . .
    HUBUNGI AKU DI HP 082370190678 /MINTO DISIBABANGUN TAP-TENGAH SUMUT

    Suka

  45. achmad rudzali

    ini langsung saja, madu merk FLORA, madu putih, sumbawa, BPOM RI MD 137631003004. Produksi PT. Multi Sari Idaman, Serang-42178. Apakah madu asli atau palsu?. Aman dikonsumsi atau berbahaya?. Terima Kasih Infonya.

    Suka

  46. pian

    madu asli itu madu yg d peras langsung dr sarang lebah dan tanpa campuran serta embel2 yg lain….madu yg terbaik d indonasia adlh madu hutan dan madu karang ( putih ) dr NTT….sy punya stok 300ltr bawa dr timor lnsng…berminat hub 081338204708…pian

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s