R0ch4′s Blog

Dunia Lain Di Dunia Yang Lain Dari Duniaku

hutang indonesia terbesar dalam sejarah

utang negara

“Gila…sungguh- sungguh gila…!!!”
Tim Indonesia Bangkit (TIB) mencatat utang Indonesia dalam 5 tahun terakhir justru mengalami peningkatan sebesar 31 persen menjadi Rp 1.667 triliun. Utang sebesar ini merupakan utang terbesar Indonesia sepanjang sejarah.

Demikian disampaikan Ketua Tim Indonesia Bangkit, Rizal Ramli dalam Jumpa Pers di Hotel Bumi Karsa, Jakarta, Selasa (1/4/2009).
Ia menjelaskan, dalam lima tahun terakhir jumlah utang Indonesia meningkat sebesar 31 persen dari Rp 1.275 triliun pada Desember 2003 menjadi Rp 1.667 triliun pada bulan Januari 2009 atau naik kurang lebih sebesar Rp 392 triliun.
“Itu menempatkan Indonesia pada “rekor utang terbesar sepanjang sejarah,” tegasnya.
Sementara itu, Rizal juga mengatakan jumlah utang per kapita Indonesia pun meningkat. Jika pada 2004 utang per kapita Indonesia sekitar Rp 5,8 jutan per kepala, maka pada Februari 2009 melonjak jadi Rp 7,7 juta per kepala.
“Kan aneh, data TIB menunjukkan utang naik, kok berani-beraninya pemerintah bikin iklan utang turun,” katanya.

Indonesia Percuma Datang Ke G-20.
Tim Indonesia Bangkit (TIB) juga menilai kedatangan Indonesia di G-20 bisa sia-sia jika tidak membawa kepentingan ekonomi khusus bagi Indonesia sendiri.
“Percuma saja jika Indonesia di G-20 tidak membawa sebuah agenda khusus yang mengutamakan perekonomian di Indonesia, semua akan sia-sia,” ujar ekonom TIB Hendry Saparini dalam kesempatan yang sama.
Menurut Hendry, jika kehadiran Indonesia hanya memperkuat peran IMF dan Bank Dunia serta membuka lebar pintu perdagangan bebas maka sama saja hal itu akan merugikan Indonesia karena dampak dari perdagangan bebas tersebut akan menjatuhkan industri lokal karena pasar akan dibanjiri oleh produk impor.
“Rugi bila kita tidak membawa suatu agenda yang tidak membahas kepentingan ekonomi kita, namun hanya mengurusi IMF dan Bank Dunia,” jelasnya.
“Kita jangan mau dibodoh-bodohi. Selama ini negara-negara maju tidak pernah membuka luas pintu perdagangan bebas. Kalau Indonesia tidak berani memperjuangkan kepentingan ekonominya ya percuma aja berada di sana,” tuturnya.

Repost by : detik.com

About these ads

04/12/2009 - Posted by | ENDONESAKU

9 Komentar »

  1. wah..wah jadi kacau nihh utang melulu
    uangnya kemana yaaa..gilee

    Komentar oleh cumming sentana | 04/17/2009

  2. utang merupakan bagian dari struktur modal, dalam perluasan pembangunan diperlukan utang untuk mengungkit/mengangkatnya, untuk itu perlu dikaji juga perolehan utang untuk apa? utang indonesia berubah bentuk dari utang kepada IMF, menjadi utang atas surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintahan SBY, berupa SBI,ORI, dan kini SUKUK, dari bentuk utangnya sudah dapat dipastikan beban bunga atas utang lebih tinggi dari utang kepada IMF,amien semoga kita dapat melewati beban utang dengan selamat, untuk itu pilihlah RI-1 yang mumpumi dan strategis, bukan ngebodohi kita2 ya….

    Komentar oleh johny sie | 04/21/2009

  3. semoga bang…..amien deh kali aja kita dapat RI-1 yang mumpuni,cerdas, dan dapat mengangkat harga diri bangsa di kancah internasional, lam kenal bang

    Komentar oleh r0ch4 | 04/21/2009

  4. ree,gw balik lagi sori yang watu tu bercanda haha ,eh lupa email nya apa yang di yahoo lo sama tolong jelasin yang itu cara masukin email lu ke yohoo plizz soalnya yang watu itu katagorinya lupa

    Komentar oleh mayat(marno&dayat) | 04/21/2009

  5. gpp kok yat….ree orangnya asik kok, santai aja hehehe….ID ree : rerestick@yahoo.com [ buat chatting..] / email : robworlds_07@yahoo.co.id

    Komentar oleh r0ch4 | 04/23/2009

  6. klo gw terpaksa chat di sini soalna yang belum ada email punya gw sendiri tapi email yang gw pke email bkap gw …
    tapi klo gw chat d sni kok nga langsung di jawab sich ?

    Komentar oleh mayat(marno&dayat) | 04/24/2009

  7. KENAPA NEGARA INI ORANG2NYA TAU MANA YANG BAIK DAN BURUK TAPI MEREKA TIDAK TAU MANA YANG HALAL DAN HARAM.. MereKA SENANG MEMAKAN UANG UTANG.. Kasian bangsa ini menjadi hancur karna masyarakatnya sediri

    Komentar oleh EDY FAJAR RIZA | 09/06/2009

  8. mukin ini yang di sebut ajal suatu negri yang akan hancur.karena dilihat dari segala aspek dilingkungan yang hancur bukan politik di negara itu sendiri,tapi dari moral anak muda yang semakin menggila dimana yang nama nya sek dalam anak pelajar di jadikan sebuah kebiasaan,dan namanya kriminal sudah di jadikan tontonan yang sering diikuti.yang nama nya pembantaian seseorang sudah menjadi bumbu dalam kehidupan.

    Komentar oleh ahmad | 11/04/2009

  9. kalau kita sadari sebenarnya bangsa indonesia sekarang bukanya bos dalam negara itu sendiri malah jadi kuli/budak dari bangsa lain.dimana perusahaan di indonesia yang memegang 75% adalah bangsa asing.atau dalam kata lain indonesia di jajah tapi orangnya tidak sadar.

    Komentar oleh ahmad | 11/04/2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: