Arti Kata JANCUK [ - jaran sak dokare...]…..!!!

Standar

Sebenarnya arti kata jancuk ini berasal dari surabaya, tapi kata2 ini udah menjalar ke sebagian besar di daerah jawa timur, saya mengenal kata ini udah mulai dari kecil, Karena saya lahir dan besar di Lumajang, yaa masihlah Jawa Timuran, kata “Jancuk” sering terdengar melintas di telinga saya. Tapi saat itu, saya menganggap bahwa kata2 ini adalah kata2 kotor dan paling tidak sopan di daerah saya pada waktu itu.

Penerapan kata “jancuk” memang bisa dipakai di dua tempat berbeda yang uniknya justru sangat bertolak belakang kondisinya. Kata jancuk bisa dipakai utk orang yg marah dan sekaligus bisa dipakai untuk salam persahabatan dan pertemanan. Saya ga usah mencontohkan untuk orang yang lagi marah. Saya yakin, semua udah pada tahu. Tapi untuk pergaulan, saya biasa bilang..” Yo opo kabare cuk ?”, ” Jancuk, tambah lemu kon”. dll yang sifatnya mengakrabkan dan sebagai pembuka obrolan.

Kata jancuk juga bisa digunakan untuk mengekspresikan penekanan pada sesuatu. Baik yg bersifat negatif maupun yg bersifat positif. Contoh yg negatif : ” jancuk elek-e gambar iku”. Ini menandakan bahwa gambar tersebut benar2 jelek dan bahkan sangat jelek. contoh positifnya : ” jancuk, ayune arek iku”. Ini menandakan bahwa cewek tersebut memang sangat cantik….

Bahwa kata2 jancuk merupakan kata2 keramat arek2 suroboyo dalam mengusir penjajah, ituh emang bener, dah banyak bapak2 ato kakek2 yang bercerita bahwa ejaan lama kata jancuk adalah “DjanTjuk”. Yang berarti ” DJANdji seTija Untuk…”. Dalam suasana dijajah, tentu yg diharapkan adalah kemerdekaan. Maka muncullah ” Djandji setija untuk merdeka”. Disingkat DjanTjuk MERDEKA. Dan inilah konon yg membangkitkan semangat arek2 suroboy dalam menumpas penjajah.

Seiring dengan penyebaran arek2 suroboyo yg melanglang buana, kata jancuk kemudian semakin menyebar. Tak ketinggalan menyebar ke arah barat. Jawa tengah, solo, Yogya, Bandung bahkan Jakarta, makanya sering kita mendengar kata-kata ini di ucapkan oleh orang2 di daerah tersebut.


[ to be continued....heheheh...baca aja dulu, ntar ta sambung lagi....sabar2...:D..]

About these ads

112 thoughts on “Arti Kata JANCUK [ - jaran sak dokare...]…..!!!

  1. aku mau tanya tentang arti jancuk
    aku kadang merasa jenkel dengan kata-kata JANCUK coz kata-kata itu buat ati aku merasa pengen naik darah banget.
    oy kata-kata itu sangat terpopuler dalam kalangan pelajar palagi dalam kalangan para muda-mudi.
    intinya aku BBBBBBBBBBEEEEEEEENNNNNNNCCCCCCCCCCCIIIIIIIIII BBBBBBAAAAAAAAANNNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTT dengan namanya JJJJJJJJJAAAAAAAANNNNNNNNNCCCCCCCCCUUUUUUKKKK
    coz kata-kata itu pernah siucapkan ma seseorang yang da dihatiku.mank c aku yang salah tapi setidaknya g usah bilang gitu ke aku.Rasanya aku kayak g dibutuhin lagi
    g dskul,dlingkungan mainku tetep ja bilang gitu.

    Suka

  2. falsepriest

    sok tau lu..darimana lu dpt sumber kalo kata ‘jancuk’ berasal dari surabaya? dpt referensi dr mana? ada bukti otentik ga?

    Suka

  3. agus pratomo

    jancuk!!!!!!! siiiiip cuk!!!!!!!!!!
    sing gak ngerti iku pancene uteke kotor lan atine pancen bener2 uuelek!!!!!!!
    salut aku karo IBOR……!!!!!!!!!!!!
    gak perlu bukti otentik…..soale aku arek suroboyo asli……
    salut BOR…..IBOR !!!!!!!!!!!!!

    Suka

  4. metuek cOk arek sBy…..,,,,
    JANCOK tekOk malaNG cOy,,,,….
    tu buat ngilOkno ” boNek JANCOK “…,,,,
    hahahahaaaa…,,,,
    aREMa SASAJI

    Suka

  5. hertos alrosa

    kon seng metuEK COK !!!
    djancok iku bahasa laknat..
    itu pantese di ucapno karo supporter laknat macam (AREMANIA,the JACK,LA MANIA)
    wekekekekekekkkk….
    BONEK-VIKING-NJ MANIA satu HATI COK..!!!

    Suka

  6. robert albert

    I THINK THE FINEST EVER DREAM TEAM IS AREMA INDONESIA…!!
    BUT I FELL BORED SUCH AS AREMANIA SUPPORTERS,THEY ARE VERY MORON,STUPID,MORE SUCH AS POOR,,SO I SAY F**K FOR AREMANIA SUPPORTERS ONLY…!!!!
    SALUTE FOR BRAVERY AND FEARLESS FROM PERSEBAYA SUPPORTERS ( BONEK )..
    CHEERS….

    coach>>>ROBERT-ALBERT.

    Suka

  7. ngalam berdikari

    euleh euleh…aink jurig PERSIB euy..
    abdi bogo ka’angen bobotoh…
    jancook wae AREMA_the JACK_ (blegu sia !!!)
    VIKING – bonek SATU HATI EUY
    hatur nuhun…:)

    Suka

  8. robert albert

    I THINK THE FINEST EVER DREAM TEAM IS AREMA INDONESIA..!!!
    BUT I FEEL SO BORED SUCH AS AREMANIA SUPPORTERS THEY ARE VERY STUPID,,MORON,,SUCH AS POOR,,,SO DJANCOK FOR AREMANIA ONLY

    Suka

  9. indra n fi3ah

    he bwt imam jancoooooooooooook……….
    lapoooooooooo drimmmmmmoeeeeeeeeee men2222kn q coooooooook………………………………..
    i hattttttttteeeeeeeee uuuuuuuuuuu………

    Suka

  10. sasmita

    ma4zzzzzz imaaaaaaaam, ayoooooow blikan cooooooook………

    drimoe jare tao cipoan eeeeeeeeeaw ma ceeeeeewek laeeeeeeeeeeeeeeent………….

    Suka

  11. krecho

    @galang : eh cak galang
    asline jancuk iku dari malang… tetapi sering dipakai oleh orang surabaya, kenapa begitu..???
    arema (arek malang) iku adalah jancuk maka dari itu arek suroboyo lak manggil arema itu selalu dengan sebutan akrab yaitu AREMA JANCUK…
    huahahahhaha panganen iku coookkkkkk!!!!!

    Suka

  12. robert albert

    DJANCOK or JANCOK’AN is the best of bad racism word especially racism saying to AREMANIA shits..!!!

    Suka

  13. amir

    JANCUUKKK LOE SEMUA…!!!! SUPORTER KAGAG ADA YG BERES GAG USAH DIBANGGAIN…!! MAKAN TUH JANCUUKK JARAN….

    SAMPAH..!!!

    Suka

  14. 100%BONEK

    AMIT CAK…!! ATENE MELOK MESUHI AREMA…!! AREMA MBOKNE ANCUK!! AREMA TAEK !! WADOKANE AREMA LONTE KABEH !! GAK PERCOYO TA…?? BALON DOLLY AKEH-AKEHE TEKO MALANG… WKWKWK

    Suka

  15. jancokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Suka

  16. Jancukers

    owwwwwwwwwwwwwwwwwwww baru tau gueeeeeeeeee,……………. ternyata artine gitu cuk??………..waaaaaah jancuuuuk…..!@!!!

    Suka

  17. jancukBoy

    wah sialan loe………..kata u jancuk dah biasa dikalangan jawa?????ah, hanya orang gak berbudi yang berani bilang “JANCUK” sing nggae tulisan iki…………Daripada buat ngomong JANCUK/GANCOK/DANCOK/TEMPEK/ASU/KONTOL/dll. lebih bai untuk zikir aja deh…..kan sama2 mangap tapi yg zikir dapat pahala n’ yang “JANCUK” daat dosa……………….DAsar seniman KONT*L……………

    Suka

  18. ela

    memang jelek bangeeeeeeeet yang namanya jancuk aku benciiiiiii bangeeeetttttttttt yang namanya jancuuuuk jangan ditiru ya………

    Suka

  19. agus

    jiancok Jadi inget temen gw waktu SMP suruh mangap terus diludahin congornya gara-gara ngucap Diannccokk matane suwwekk.. didepan guru.

    Suka

  20. fendy

    jancx itu sebuah embel2 untuk orang yg sedang marah terutama di ucapkan oleh anak surabaya
    J : jantan
    A : anarki
    N : Nakal
    C : Cinta
    O : OBLONG
    K : Kreatif

    Suka

  21. dani

    jjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjanccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    maknane yo ekspresi

    Suka

  22. Wis ojo gelut, podo indonesia, sing muslim podo muslim, ayo pada rukun, gemah ripah loh jinawi, apik tenan tulisan mu cuk.. Melu komen ya cuk, ayo pada mampir di blog ku cuk..

    Suka

  23. Djaloe's

    Halah wong yo kabeh iso ngmg JANCOK ae loooo…….

    iku yo expresi tekok awak e dewe….

    nek ket cilik gak krungu omngan ikuw yo gak bakalan ngerti….

    opo JIANCOK ikuw….

    Wong Malaysia opo yo ngeri JIANCOK???

    mending timbang di gae konflik e wong jowo,,,

    di gawe misuh i Malaysia…..

    Sing ngep’ep budaya ne wong Indonesia….

    bener orah rekk!!!!! wakakakakkakakka

    Suka

  24. kevin

    wh klo begitu saya boleh ngomong jancok terus dong salam cokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  25. menungso jalmo

    sebuah istilah yg tdk jelas artinya ini telah membuat sebagian besar pemuda indonesia menjadi gila, malah saling ejek dan olok setelah dikasih sejarahnya, padahal juga belum sah keotentikannya, sudahlah wes gak usah olok mengolok gitu, yg penting kita bisa merdeka, ancene podo jancuk kabeh, wakkakakakakakakaa

    Suka

  26. kamu semua bodoh.. embah embah mu pada berjuang sama sama melawan penjajah.. cucu cucunya berantem cuma masalah bola…kalian semua anjing anjing bangsat yang lupa sama jasa kakek kakeknya.. ASU KABEH.. ora wedhi aku aku su..!!!

    Suka

  27. sudah sudaaah..

    “Jancok” menurutku itu adalah kata kotor asal jawa timur (mungkin dari Surabaya) yang merambah sampai kepelosok jawa, dan kata patrick star “ini hanya kata sisipan saja biar tambah eenaak”. sebenarnya guweee ga ngerti arti kata Jancok tapi saat ada orang lain yang mengucapkannya telingaku terasa risih dan hatiku mendeteksi sekaligus merasakan getaran kalau kata itu kata kasar kemudian otakku menncernanya sebagai kata kotor. yah, begitulah penjelasan yang bisa saya berikan, akhir kata wassalam.

    Suka

  28. *tambahan:
    mungkin karena di Era Globalisasi ini “Jancok” bisa diartikan sebagai panggilan sayang kepada teman. misal kalo di Jawa Tengah (tepatnya Solo dan beberapa daerah lainnya) memanggil teman bisa menggunakan kata “Cah” kepanjangan dari Bocah. kalau orang Jogja “Dab” MUNGKIN kepanjangan dari kata Biadab. terus orang semarang “Ndez” kepanjangan dari kata Gondez. yang dari bahasa gaul seperti Sob (Sobat | kata lain Sahabat), Bro (Brother | arti Kakak), Myman (biasa ditulis dalam sms Mamen), Jeck (nama orang), John (nama orang), dll (dan lakang lakang). jadi rumusnya >> Jancok=Le=Mas=Kak=Sob=Bro=Myman=Jeck=John <<
    apapun panggilannya yang penting minumya Teh Botol SOSOR!

    Suka

  29. arek mbois

    hahahahaha bener bos…..
    malaysia kan seneng ngerbut budayta awakdewe..
    gimana kalo fuckyou di ganti jancok….
    sangar pek…….

    Suka

  30. samsul arifin

    bonek arema the jack dan semua suporter,,,pada dasarnya kn sama2 dukung indonesia knapa harus
    saling ejek knapa g bersatu ja,,by lulamajang peace,,

    Suka

  31. seoul eun ri

    rasan2 opo ae yo! :-*
    seng bener iku atek huruf ” O ” guduk ” U ” . . .
    wahhhh!!! ngerusak boso khas.e suroboyo ae!

    Suka

  32. Nisa

    Kayak gini ini mau bilang kalau kata itu mengundang semangat & keakraban?

    Komentar-komentar dalam postingan ini saja udah jadi bukti otentik kalau kata “Jancok” & sebangsanya adalah kata-kata yang kasar, kurang pantas diucapkan & berniat menjatuhkan.

    -___-

    Suka

  33. draknes

    wkwkwkw percaya aja semua :P
    itu mah supaya banyak yg bilang jancuk itu baik!
    tpi sebenernya jancuk itu kata-kata kasar!

    Suka

  34. kentung

    aremaaaa mbok.ne……
    JJJIIIIIAAAAAAAANNNNNCCCOOOOOOOOKKKK……..!!!!!!!!!!!!!!!
    ASSSUUU…………………..

    Suka

  35. aica

    Dancuk, Jancuk, sebenarnya bahasa Madura mas, Karena orang-orang Madura udah banyak banget di Surabaya, akhirnya nular dech…….. Yakni “ancok” artinya “setubuh” . diancok/diancoki artinya dsetubuhi…… begetooo……………

    Suka

  36. aryasa

    ngomongopo cuk jancuk..!! kata jancuk adalah luapan dua expresi gembira dan marah. jadi situasional akeh manfaate yo onok mudorte, ngunulu cuk jancuk……

    Suka

  37. ghuron

    kata jancuk berasal dari dua kata, ja dan ncuk ja artinya jarang sedangkan ncuk adalah ngencuk. jadi artinya jarang “ngencuk” mangkane lek wong jarang ngencuk biasae ngamu’an,

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s