Dunia Katak

Standar

783687283_40ae0318eb

Allow pren- pren….kita kini membahas tentang binatang, nah kebetulan sekali binatang ini sangat familiar dengan lingkungan sekitar kita, yaitu katak. Nah kali ini si penulis mencoba untuk menulis beberapa jenis katak- katak yang ada di seluruh dunia, gak semua sih..tapi yah lumayan sih buat literatur, yok mulai aja gak pake lama… !!!

Kepunahan katak akibat pemanasan global dapat menimbulkan kerugian pada manusia sebab satwa amfibi tersebut memegang peran penting dalam mata rantai kehidupan, di antaranya pemangsa serangga dan bahan obat-obatan.

“Menurunnya populasi katak di berbagai belahan dunia membuat satwa ini menjadi perhatian dunia sehingga ada upaya-upaya agar tidak punah,” kata Drs Jansen Manansang, MSc, pegiat konservasi satwa yang juga Presiden South East Asian Zoos Association (SEAZA). Ia mengemukakan hal itu sehubungan dengan rangkaian kampanye 2008 Year Of The Frog.


katak-litoria-jenis-baru21

Genus Litoria, Species Baru Katak Hijau.

Para ilmuwan Conservation International baru-baru ini menemukan, spesies baru bagi dunia ilmu pengetahuan, katak hijau dari genus Litoria yang dijumpai di kawasan utara daratan Papua. Jenis baru ini hampir sama dengan Litoria graminea dan Litoria infrafrenata. Yang membedakan dengan Litoria graminea adalah keberadaan baris putih di bagian pinggir yang kuping yang tidak tampak. Sedangkan dari jenis Litoria infrafrenata adalah ukuran tubuh yang bila dibandingkan relative kecil (jantan 57.9–60.4 mm). Jari-jarinya mempunyai selaput dan suaranya agak panjang.
goliathfrogherpstour9

Goliath Frog.

Conraua goliath atau sering disebut Goliath Frog, merupakan jenis katak terbesar di dunia, dengan beberapa diantaranya dapat mencapai berat diatas 3 kilogram. Ukurannya dapat mencapai 33 cm. Sekali bertelur katak ini mengeluarkan ratusan telur dan memakan waktu 85-95 hari untuk menetas.

Jumlah populasi katak ini semakin menurun karena tempat populasinya yang terbatas, hanya sekitar Gabon,Afrika Barat, kondisi lingkungan yang rusak, deforestasi dan sebagainya.

katak

Giant Toadzilla.

Toadzilla merupakan katak tebu raksasa yang pernah ditemukan di Australia utara.

Katak ini berobot sekitar 1kg, kata kelompok pecinta lingkungan.

Para pecinta lingkungan mencoba menghentikan penyebaran hewan beracun ini di kawasan tropis Australia.

Katak ini didatangkan dari Hawaii pada tahun 1930-an untuk memerangi kumbang tebu Australia, namun upaya ini gagal.

Toadzilla ditemukan saat warga beramai-ramai memburu katak tersebut di Darwin. Warga diimbau agar ikut menghentikan penyebaran hama yang sangat tidak dikehendaki.


Meracuni.

Katak tebu pertama kali dilepaskan di Queensland dan sejak saat itu berkembang menjadi jutaan ekor dan bergerak ke seluruh Australia.

Mereka cepat sekali berkembang biak. Ada yang memperkirakan jumlah mereka mencapai 200 juta ekor.

Mereka tidak diragukan lagi menimbulkan dampak bagi lingkungan.map

Mereka meracuni banyak satwa asli, termasuk buaya yang mati setelah melahap mereka.

Populasi sebagian ular, katak dan hewan kecil berkantung juga sangat menderita akibat katak ini.

Seorang anggota parlemen Northern Territory pernah mengatakan, katak itu sudah sangat mengancam sehingga wara seyogyanya menyerang mereka dengan tongkat golf untuk mengendalikan jumlah mereka.

repost by : cenil.wordpress.com

poison-dart-frog

Dart, Si Cantik Yang Beracun.

Katak bernama Dart ini merupakan salah satu hewan paling beracun yang pernah ada di muka bumi. Seekor katak dari spesies ini yang panjangnya hanya dua inci / lima centimeter mempunyai cukup racun untuk membunuh sepuluh orang dewasa, terutama yang berwarna emas. Racun mereka terletak hampir di seluruh permukaan kulit, terutama di punggung mereka. Indigenous Emberá, orang-orang asli Kolombia telah melumuri sejata mereka dengan racun katak ini ketika berburu. Oleh sebab itu senjata mereka diberi nama “blowgun dart” sesuai dengan nama kataknya. Jika anda pernah menonton film “Apocalypto” arahan Mel Gibson, anda pasti ingat ketika sang “jaguar” atau pemeran utamanya melumpuhkan musuh dengan sejenis tulup (senjata tiup yang biasanya menggunakan bambu kecil dan panah beracun ) yang dilumuri racun dari punggung katak.

strawberry_poison-dart_frog
Katak Dart beracun ini mempunyai warna yang paling indah dan mengagumkan di dunia tergantung dari habitat mereka. Habitat mereka adalah sepanjang Costa Rika hingga Brasil. Warna mereka bisa bermacam-macam seperti kuning, emas, tembaga, merah biru, hijau atau hitam. Banyak spesies berwana mencolok yang merupakan hewan paling mematikan di dunia. Jika anda tersesat di hutan maka sebaiknya menghindari hewan atau tumbuhan dengan warna mencolok. Mereka seakan memperingatkan bahwa “aku tidak enak dimakan”.
Beberapa spesies katak ini mempunyai “parenting habit” seperti membawa telur mereka dipunggung. Pejantan sering kali secara eksklusif menjaga sarang mereka dan berperan penting dalam tugas transportasi telur. Makanan alami mereka adalah lalat, jangkrik, semut, rayap dan kumbang.
Para ilmuan belum yakin darimana asal racun yang mengagumkan tersebut, beberapa dugaan bahwa katak ini membuat racunnya dengan mencerna beberapa jenis racun tumbuhan, yang dibawa oleh mangsa mereka. Katak Dart yang tumbuh dalam penangkaran dan terisolasi dari serangga di habitat asli tidak pernah menghasilkan racun.


Profile singkat

Tipe : amphibi
Makanan : karnivora
Umur rata-rata dalam penangkaran adalah 10 tahun
Ukuran : 1 inci ( 2,5 centimeter )
Nama kelompok : Army
Did you know? Satu-satunya pemangsa alami dari katak Dart emas adalah ular yang disebut Leimadophis epinephelus, yang telah mengembangkan kekebalan terhadap racun katak jenis ini.
Status : terancam punah
Ukuran dibandingkan dengan paper clip :

size-golden-poison-dart-frog.gif

2008-11-26-kodokmerah

Kodok Merah ( Leptophyrne Cruentata).

Untuk mencegah dari kepunahan, kodok merah (Leptophyrne cruentata) diajukan sebagai satwa dilindungi. Kodok yang termasuk jenis endemik atau hanya hidup di Pulau Jawa itu sudah jarang sekali ditemui saat ini. Seorang peneliti pada tahun 2005 hanya menemukan 4 ekor species kodok merah di daerah jawa baratSejak tahun 2004, spesies tersebut sebenarnya telah masuh dalam Red List International Union for Conservation of Nature dengan status CR (critically endangered) namun belum masuk dalam daftar satwa yang dilindungi.Populasinya diperkirakan hanya tersisa di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Kodok merah hidup pada dataran tinggi pada ketinggian antara 1200-1500 meter di lingkungan dekat air yang jernih dan mengalir seperti air terjun.



Ini adalah salah satu jenis katak yang unik. Belum dijelaskan termasuk jenis katak apa dan apa namanya ( ato si penulis yang belum dapat info😀 ?)Katak ini adalah salah satu dari 20 jenis katak yang ditemukan para ilmuan dalam ekspedisi Papua. Kekhasan katak ini adalah ukuran tubuhnya yang super mungil. Panjang katak dewasa kira-kira hanya 0,6 inchi ( 14mm).


Prestasi lain dari penelitian yang menghebohkan ini adalah penemuan kembali katak berstatus sangat langka yakni katak mata jaring (Nyctimytes fluviatilis) dan katak Xenorhina arboricola. “Kedua jenis katak itu hanya ditemukan di Papua Niugini, dan pegunungan Foja,” jelas Stephen Richards M.Sc, peneliti asal Adelaide, Australia. Selama ini, pegunungan Foja dikenal merupakan salah satu lokasi yang kaya akan amfibi di kawasan Asia Pasifik.

140734p

katak berwarna ungu dan besarnya tidak lebih dari kuku  ini menghabiskan hidupnya pada kedalaman empat meter di bawah tanah juga di daftar atas 100 amfibi paling terancam yang disusun Zoological Society of London (ZSL) .

“Spesies-spesies tersebut ibarat ‘kenari di tambang batubara’ – mereka sungguh sangat sensitif terhadap faktor-faktor seperti perubahan iklim dan polusi, yang memicu kepunahan, dan peringatan keras terhadap sesuatu yang akan terjadi,” ujar Jonathan Baillie, kepala program EDGE (Evolutionarily Distinct and Globally Endangered) ZSL.

EDGE merupakan proyek yang dimulai sejak tahun lalu untuk mengidentifikasi dan memulai perlindungan terhadap hewan-hewan paling unik dan di ambang kepunahan. Program tahun lalu fokus kepada mamalia dan tahun ini kepada amfibi.

” dan perlu diingat 85 persen di daftar 100 teratas hanya memperoleh sedikit perlindungan atau bahkan tidak sama sekali,” kata Helen Meredith, ketua proyek EDGE untuk amfibi.

katakborneo

Katak Pohon Borneo.

11

Katak Malagasi Rainbow.

agalinis_calibris_rana_ojos_rojos_1_0

Katak Agaligis Calibris Rana.

frog

frogm

Katak Daun Amazon.

katak-pertama-tanpa-paru-paru

Katak Cycloop Papua ( Katak Pertama Tanpa Paru- paru).



14 thoughts on “Dunia Katak

  1. r0ch4

    sebagian besar katak pohon kecuali giant godzilla dan goliath frog…mungkin rendy ada postingan baru tentang katak? kita bagi-bagi yuk,biar tambah lengkap klo memang ada postingan yang terbaru lain…..:D

    Suka

  2. iwan76

    saya belum liat langsung, tapi cuma lewat foto aja itu katak raksasa…kayaknya lebih gedhe ketimbang goliath frog. itu katak diletakkan di atas jirigen 20 liter en ampir nutupin jirigen. lokasi temuan di Kalbar…kalo tak salah di th 2006

    Suka

  3. iwan76

    saya gak bisa janji, apalagi tu foto bukan karya sendiri.
    coba hub kawan2 mahasiswa IPB yang periode 2006 berangkat survey ke Kalbar. Nanti kalo ada foto katak karya sendiri saya bagi tuk anda

    Suka

  4. kang semar

    bag, aku kemarin malam nemuin katak tapi kok mirip Litoria sp. masih agak g yaki juga, moga bukan, soalnya takut g kerawat…hehehehe.

    aku nemuin di daerah wisata kaliurang. disalah satu villa disana. ntar kl bisa aku minta info tambahan tentang katak pohon.

    ciri-ciri:
    warna hijau,polos tanpa garis
    ukuran sepanjang jari telunjuk +/- 5-6cm,
    warna mata kelabu
    telapak tangan berwarna kuning.

    mhn bantuannya….

    Suka

  5. fany

    adakah jenis – jenis hewan n pepohonan yang langkah lain yang ditemukan pada cagar alam pegunungan cycloops ?
    data tingkat kerusakan dan penyebabnya pada cagar alam cycloops, kalu bisa info na yang terbaru
    kalau ada tolong di infokan ya …. n kalau bisa cepat dong
    soalnya lagi pembuatan tugas nich …..
    mohon bantuan dari teman – teman semua
    thanks
    salam sayang buat teman – teman semua
    mmmuah…..

    Suka

  6. Hartanto

    Wah bagus bagus sekali ya warna dan aneka ragam jenis kataknya dan sekaligus peringatan akan bahaya dari racun katak tersebut …….

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s