Mamberamo, Dunia Yang Hilang.

Standar

ular-phyton

Sebenarnya berita tentang ditemukannya beberapa spesies baru ini sudah tergolong basi. Tapi  Sekedar informasi, penemuan spesies baru ini terjadi pada akhir tahun 2005 kemarin oleh para ilmuan gabungan dari Indonesia, Australia, dan Amerika. Mereka melakukan ekspedisi di island of New Guinea atau di propinsi Papua, khususnya di sungai Mamberamo, dan setelah selang beberapa waktu kemudian( hitungan tahun !), ditemukannyalah Dunia Yang Hilang !Dan dengan adanya foto- foto ini mengingatkan kita bahwa kekayaan akan flora dan fauna bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain, dan sudah seyogyanya kita wajib menjaga agar mereka ngga’ punah, Dan Alloh Maha Besar dengan semua penciptaan-Nya……Lanjuuuuutttt !


de850fe3


Spesies ini bernama The golden-mantled tree kangaroo atau kangguru pohon berbulu emas. Spesies ini ditemukan di Pegunungan Foja Papua.




Burung ini dijuluki The Smoky Honeyeater. Seperti julukannya, burung ini suka bangetsama yang namanya madu. Sifatnya mirip seperti burung kolibri. Burung ini juga ditemukan di Pegunungan Foja, Papua.



260efc41

Jenis burung baru lainyang ditemukan tim ekspedisi adalah the golden-fronted bower bird atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan burung berdahi emas.

Burung ini boleh dikatakan salah satu penemuan yang spektakuler. Burung  masih ada hubungan saudara dengan cendrawasih, Burung ini berjuluk New Guinea’s “lost” bird of paradise,Artinya kira-kira burung surga Papua Nugini yang hilang. Kenapa para ilmuan menjuluki ini? Hal ini karena burung ini dahulu pernah ditemukan tetapi tiba-tiba menghilang dan sekarang muncul lagi.


Ini adalah salah satu jenis katak yang unik. Katak ini adalah salah satu dari 20 jenis katak yang ditemukan para ilmuan dalam ekspedisi Papua. Kekhasan katak ini adalah ukuran tubuhnya yang super mungil. Panjang katak dewasa kira-kira hanya 0,6 inchi ( 14mm).

mouse240

Tikus raksasa ini ditemukan di pegunungan Foja, Papua. Tikus ini lima kali lebih besar dibandingkan tikus yang biasa ditemukan kota-kota dan merupakan spesies tikus baru.

Penemuan ini merupakan hasil ekspedisi Conversation International (CI) dan LIPI yang menjelajahi lebatnya hutan di pegunungan Foja. Tikus bongsor ini sama sekali tidak takut manusia, malahan mendekati tenda peneliti yang sedang mengunjungi daerah itu.

“Sangat menyenangkan ada tempat di dunia ini yang begitu terisolasi sehingga alamnya masih perawan,” kata Bruce Beehler, pemimpin ekpedisi itu.
Perjalanan menembus pegunungan Foja telah dua kali dilakukan, perjalanan pertama dilakukan ke gunung itu pada akhir 2005 kemudian perjalanan kedua dilakukan pada Juni 2007.

Rencananya CI dan LIPI akan mengadakan perjalanan untuk ketiga kalinya pada akhir 2008 atau awal 2009. Perjalanan ini akan melanjutkan survei untuk mencari katak, mamalia, kupu-kupu, dan tanaman dengan spesies baru.


Sedang tim kupu-kupu dalam penelitian itu berhasil mengoleksi 170 spesies di Pegunungan Foja. “Tim kami berhasil mengidentifikasi lima jenis kupu-kupu spesies baru” ujar Bruder Henk, ahli kupu-kupu dari Papua. Ia mengaku tak pernah selama hidupnya mengoleksi begitu banyak spesies baru dalam waktu singkat dan hanya di satu lokasi saja. Keberadaan ratusan spesies kupu-kupu itu menunjukan wilayah setempat masih termasuk hutan lebat.


possum01b-evo-27

A tiny possum and a giant rat were recorded by scientists as probable new species on a recent expedition to Indonesia’s remote and virtually unknown “Lost World” in the pristine wilderness of western New Guinea’s Foja Mountains. The Foja Wilderness is part of the great Mamberamo Basin, the largest unroaded tropical forest in the Asia Pacific region.

genimageaspx_4531

Itulah dari beberapa satwa yang ditemukan di daerah Pegunungan Foja dan Mamberamo River, Sepanjang kita masih bisa menghargai “mereka” untuk tidak kita komersilkan secara pribadi, “Mereka” akan tetap bersama kita dan anak cucu kita nanti pasti tetap akan bisa melihat mereka.

Sumber: National Geographic

3 thoughts on “Mamberamo, Dunia Yang Hilang.

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s