Tutorial Olah Vocal Yang Baik Dan Benar 1.

Standar

MTVICON AEROSMITH

10 Tips Untuk Suara Yang Sehat.

Beberapa orang meluangkan berjam-jam waktunya berolahraga untuk menjaga kesehatan badannya, tetapi bagaimana caranya menjaga suara agar tetap sehat? Saya sependapat dengan Norman Hogikyan yang mengatakan “Suaramu adalah duta besar untuk dunia luar. Yang mencerminkan kepribadian dan emosimu. Dan banyak orang menentukan nilai dirimu dari suaramu. Jadi sangat penting untuk berpikir tentang apa yang orang-orang dengar saat kita berbicara atau bernyanyi. Problem pada suara bisa menjadi masalah yang pelik dikehidupan kita.”.

Berikut ini adalah 10 tips untuk suara yang sehat yang diberikan oleh Norman Hogikyan :
1.* Banyak minum air, hindari alkohol dan kafein.
Pita suara kita bergetar dengan kecepatan tinggi, dan banyak minum membuat pita suara tetap basah. Makanan yang memiliki kadar air yang tinggi juga baik, seperti apel, pir, semangka, melon, anggur, dan sebagainya.

2. *Lakukan istirahat berbicara beberapa kali setiap hari terutapa jika telah dipergunakan secara ekstensif.
Misalnya guru sebaiknya menghindari atau mengurangi berbicara diantara waktu mengajar.

    3. *Jangan merokok.
    Jika Anda merokok, segera berhenti. Merokok sangat meningkatkan resiko kanker organ pernafasan. Termasuk menghirup asap dapat menyebabkan iritasi pita suara.
    4.* Jangan menyalahgunakan suaramu.
    Hindari berteriak, juga berbicara keras di ruangan yang ribut. Suara serak merupakan pertanda pita suara mengalami iritasi.
    5. *Biarkan otot leher dan tenggorokanmu rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi atau rendah.
    Beberapa penyanyi mengangkat kepala ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.
    6. *Perhatikan caramu berbicara setiap hari.
    Sekalipun orang yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik bisa mengalami luka saat berbicara, karena banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak.
    7. *Jangan batuk terlalu sering.
    Ketika kita batuk (bukan sakit batuk, tapi aktivitas batuk), itu sama seperti melakukan tegangan pada semua otot pernafasan dan pita suara sekaligus. Melakukan batuk terlalu sering bisa melukai otot tersebut dan menyebabkan suara serak. Cobalah untuk minum air untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Jika batuk tidak bisa ditahan, cobalah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
    8. *Ketika sakit, hemat suaramu.
    Jangan banyak berbicara saat Anda bersuara serak karena demam atau infeksi. Perhatikan suaramu.
    9. *Ketika berbicara kepada kelompok besar diluar gedung pertimbangkan penggunaan pengeras suara.
    Berbicara keras tanpa pengeras suara bisa menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot suara. Jadi lebih baik pergunakan pengeras suara.
    10. *Lembabkan udara rumah dan ruang kerjamu.
    Kelembaban udara baik untuk suaramu.

Lebih jauh dari itu, pemanasan suara tidak hanya bagus untuk penyanyi tapi juga untuk semua orang. Cobalah lakukan pemanasan dan melemaskan suara sebelum beraktivitas setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melakukannya:

    ~ Lakukan senam mulut dan lidah dipagi hari untuk pernafasan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Bisa dilakukan di kamar mandi atau saat dalam perjalanan ke tempat kerja.

    ~ Lakukan humming ( Menyanyi dengan bibir terkatup alias bersenandung) atau cooing ( menyanyikan nada vocal A, I, U, E, O ) untuk pemanasan suara dipagi hari.

    ~ Jika hendak melakukan aktivitas suara yang kompleks ataupun pemanasan teknik bernyanyi yang kompleks, lakukan pemanasan yang sederhana terlebih dahulu.

    ~ Ulangi pemanasan beberapa kali dalam sehari untuk menghindari ketegangan otot leher, bahu, dan rahang.
    Saat selesai aktivitas, lakukan pendinginan dengan cara yang serupa dengan pemanasan.

    [ Buka halaman selanjutnya, “Tutorial Olah Vocal Yang Baik Dan Benar 2” ]


15 thoughts on “Tutorial Olah Vocal Yang Baik Dan Benar 1.

  1. Suprast

    Aku suka nyanyi,aku sdah bca artkel anda,bgus bgt,sangat mmbntu aku dlam mndlami ilmu brnyanyi,trimksih…
    See you..

    Suka

  2. baniaz

    thank’s bangedh informasinya..
    beberapa poin udah diajarin pelatih Q,,,hehehe
    kereeeen…
    pasti Q coba yg lainnya..

    Suka

  3. cucus

    saya ingin tanya pita suara saya sensitif gampang banget serak dan gak konsisten kadang bagus banget suaranya(kata orang sih) tapi kadang gag banget tolon solusinya dunkz,!thx b4

    Suka

  4. cucus

    oh… y saya juga pengen tanya klo ngerokok saya bingung ada yang bilang bagus buat bass vocal tp ada yang bilang gag baik buat pernafasan terus saya harus gmn dunkz,?

    Suka

  5. itu hanya masalah fit tidaknya tubuh kita, makanya sering2lah latihan olah vocal sekaligus olahraga yang cukup serta dibantu makanan yang seimbang, insyaAlloh semuanya akan berubah menjadi lebih baik….so, lets go to rock n roll…lam kenal ya cus

    Suka

  6. ya klo bisa gak usah ngerokok cus, karena mengganggu kesehatan, dan itu gak ada hubungannya sama sekali dengan ngebas tidaknya suara kita, suara ngebas itu ciri khas, klo emang suara kita gak ngebas, kita ya gak bisa maksain dong cus, nanti malah pita suara kita dong yang rusak, gimana, ok cus?

    Suka

  7. dars0

    kalo suka sponk ngaruh gak??
    harusnya yang berlatih vocal itu harus banyak berdoa dan bermain catur di waktu senggang

    Suka

  8. Salam Hormat,

    Saya Pengajar/Pelatih VOKAL

    Saat ini saya mengajar di beberapa tempat Kursus, juga PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama. SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA.

    Juga sedang melatih Choir di SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan.

    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) untuk PS/VG
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).

    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.

    Saya bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dalam kawasan kota Jakarta.

    Terima Kasih

    WILLY / WILLAS
    021-91023213

    Suka

  9. Bintang

    Wahhh… Tapi suara saya ini gimana ya, kalo teriak ga bisa.. Malah jadinya cempreng!!
    Trus juga kadang2 ada saatnya suara saya ga jelas.. Dan ada juga saatnya suara saya terdengar jernih dan jelas !!! Saya jadi mati gaya,,, kalo suara jadi ga enak dan ga jelas… Jadi saya diem aja!!!! Lagian mau ngoming suara ga enak banget… Ga jelas gtu,, udah di batuk2in.. Ehemm ehhemm,,, ttp aja ga jelas!! Aneh aja gtu!! Kdang suara jelas, kdang ga jelas !!! Knpa gini sih suara saya !! Saya maunya yang pasti2 aja !!!!!!!
    Dan saya ingin suara saya jelas lah klo ngomong,,, enak kalo ngomong… Jangan ga jelas atau ga enak lg klo ngomong!!! Padahal saya juga pas suara sy ga jelas jg minum air putih……
    Tp mgkin dalam beberapa menit atau bbrp jam bisa balik lagi.. Jelas lagi!

    Tapi bisa aja krn sy ga ngomong gtu,, ketika saya lagi ngomong suaranya jadi keluar ga jelas kedengarannya…

    Tapi biasanya klo saya bangun pagi suara saya jernih dan jelas kedengerannya.. Ngomong jadi enak.!! Semoga aja begitu seterusnya deh… Ga beda2 lgi!!! Aamiin🙂

    #087869588353

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

