Meningkatkan Range Vokal [bag.1]

Standar

nyanyi

SOLFEGIO.

Solfegio itu apaan sih? Solfegio itu adalah dikte musik atau tebak nada, belajar atau meniru dan menyamakan nada-nada yang dibunyikan.

Range vokal setiap orang berbeda-beda. Standar normal umumnya orang memiliki dua oktav. Semakin panjang range vokal seseorang, semakin memungkinkan dia untuk membawakan berbagai jenis lagu dengan baik. Dengan catatan, dia memiliki kemampuan/teknik vokal yang baik pula tentunya.

Seseorang yang bertipikal vokal bass, bariton, alto, dan mezo sopran, biasanya memiliki rang vokal yang pendek. Lain halnya seseorang yang bertipikal vokal tenor atau sopran, biasanya ia memiliki range vokal panjang. Namun, terkadang ada juga, meski ia bertipikal bass, tapi memiliki range vokal panjang. Sebaliknya, orang yang bertipikal tenor tapi range-nya pendek.

Pemahaman terhadap tipikal vokal sangat penting. Terutama untuk menentukan nada dasar ketika hendak bernyanyi. Bagi Anda yang bertipikal vokal rendah, jangan khawatir kehilangan kesempatan bernyanyi. Tak masalah. Anda bisa menyesuaikan nada dasar di mana Anda mulai bernyanyi yang sesuai dengan jenis suara Anda. Misalnya dengan menurunkan nada dasar dari penyanyi aslinya. Ilmu vokal bukanlah ilmu eksak.

Pada dasarnya range vokal seseorang bisa ditingkatkan. Ada beberapa jenis latihan yang dapat membantu meningkatkan range vokal. Salah satu di antaranya adalah dengan teknik ”vokal kepala” atau ”suara langit-langit”.

Output vokal seseorang secara natural terbagi dua, yakni vokal kepala dan vokal dada. Vokal kepala adalah vokal yang dihasilkan dari langit-langit atas rongga mulut. Sementara vokal dada adalah vokal yang dihasilkan dari rongga dada.

Untuk menemukan vokal kepala. Mulailah dengan latihan berikut:

Tentukan nada terendah yang mampu Anda bawakan dengan baik, nyanyikan solmisasi (do re mi fa sol la si do) dari suara terendah tersebut hingga nada tertinggi yang Anda kuasai. Pada saat vokal Anda tidak mampu mengeluarkan nada tertinggi dengan baik atau sampai Anda membutuhkan untuk mengubah nada Anda ke dalam vokal kepala.

Mulailah lakukan dengan menggunakan vokal kepala. Caranya ”lemparkan” suara di dalam rongga mulut Anda ke atas langit-langit. Rasakan suara Anda menjadi lebih ringan dan jaga agar tetap bright (jelas). Pada tahap awal, jika Anda menggunakan vokal kepala dengan baik akan terasa dahi atau kepala Anda bergetar. Untuk tahap awal biasanya akan terasa sedikit pusing.

Iklan

10 thoughts on “Meningkatkan Range Vokal [bag.1]

  1. ANDy

    head voice itu sama dengan falset gag sih ?? soalnya pengen banget ninggiin range vocal,. nyari kesana sini.. ketemunya disuruh pake head voice smua.. tapi klo cmn baca teorinya jadi susah dpraktekin.. saya c nganggepnya headvoice itu sama kaya falset, tapi bnyak yg bilang beda. kumaha atuh.. tulung.. head voice gimanaaaaaaaaaa………

    Suka

  2. r0ch4

    emang iya, jadi *Falsetto itu istilahnya “suara dalam”, jadi keluar suaranya tapi diafragmanya ngga bergetar seperti suara biasa, dan umumnya suaranya melengking, karena tujuannya untuk mencapai suara tinggi yang sulit dicapai dengan suara biasa, klo head voice, kamu bisa baca di blogku
    belajar range vokal bag.2…namanya juga belajar, ya pelan2 dan gak langsung bisa, aku dulu juga belajarnya pelan2 dan emang gitu itu bakat2an, klo gak bakat emang susah, tapi sebenarnya gak ada yang susah klo kita mau belajar serius n selamat belajar aja deh…semoga berhasil [ ngefans sama RHCP ya…Frusciante :D]
    *teknik falsetto ini sering sekali dipake misalnya oleh: Glenn Fredly dan gita gutawa [ yang aku tau belakangan ini…]

    Suka

  3. rizma

    sama… aq jg bingung ngebedain falset sm head voice.. aq dah 4 taun ikut paduan suara, tp bwt teknik itu masih kadang dapet, kadang engga!! padahal aq dah berusaha pake teknik yg dAjarin pelatih, suka kesel sendiri, ini apa yg salah gt? kadang jg jd bingung sendiri teknik yg bener itu ky gmn c??

    Suka

  4. Salam Hormat,

    Saya Pengajar/Pelatih VOKAL

    Saat ini saya mengajar di beberapa tempat Kursus, juga PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama. SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA.

    Juga sedang melatih Choir di SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan.

    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) untuk PS/VG
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).

    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.

    Saya bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dalam kawasan kota Jakarta.

    Terima Kasih

    WILLY / WILLAS
    021-91023213

    Suka

  5. REVAN (CWE)

    emm,,,aq ank ngnjuk mz….bsa kcih tau cranya pke suara dalam….cntohnya kya suaranya tantri kotak gtu….aq pngen bsa pnya power yang hbat kya tantri kotak,,,,mtur suwun…

    Suka

  6. victor

    Mas… Maaf klo tipe suara bass atau bariton bisa a setinggi tenor? 😀
    Dan jenis suara delon itu apa? Mksh mas 😀

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s