Khasiat Lain Dari Teh

Standar

teh

Selain untuk diseduh dan diminum, teh ternyata memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat kita ambil. Mari sama-sama kita baca, apa aja yang bisa kita dapatkan dari teh ini.

– Mendinginkan kulit yang terbakar matahari
Jika Anda kelupaan pakai tabir surya dan sudah terlanjur berpanas ria di pantai, tentunya kulit kita akan memerah terbakar, bagaimana cara menanganinya? Tempelkan saja beberapa kantung teh basah, dan rasa terbakar yang ada akan berkurang. Cara ini juga bisa dipakai untuk merawat luka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika. Jika kulit yang terbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bak mandi, dan berendamlah!

– Melegakan mata lelah
Mata Anda yang lelah, sakit atau bengkak. Akan terasa nyaman dengan cara ini: rendam dua kantung teh dalam air hangat, dan tempelkan ke mata Anda, (tertutup) selama 20 menit. Tannin dalam teh akan mengurangi bengkak dan meredakan kelelahan mata.

– Mengurangi sakit luka gores
Misalnya Anda lupa salah meletakkan silet untuk bercukur, dan akibatnya Anda tergores. Goresan luka tadi biasanya sangat perih, cara paling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.

– Menghitamkan rambut
Cara yang sederhana dan murah, tanpa membuat Anda harus membayar mahal untuk menghitamkan kembali rambut. Celupkan 3 kantung teh dalam 1 mug air panas. Tambahkan rosemary dan sage masing-masing 1 sendok makan, biarkan semalam, dan kemudian saring. Keramas dan bilas rambut Anda, setelah kering, semprotkan cairan teh tadi ke seluruh rambut sampai basah. Keringkan rambut, dan jangan dibilas. Jangan sampai mengenai kulit. Gunakan beberapa kali sampai rambut bisa kembali hitam.

– Membantu masalah rambut kering
Untuk rambut kering, atasi dengan cara membilas rambut Anda (setelah keramas) dengan larutan ini: satu liter air hangat dan satu kantung teh biasa.

– Mengeringkan bisul
Setelah teh direbus, tempelkan kantung teh yang basah di bisul, setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasa sakit pada saat Anda terbangun esok harinya.

– Mengurangi rasa sakit di puting payudara akibat menyusui.
Tidak jarang ibu yang menyusui merasa sakit di putingnya. Cara mengatasinya mudah, celupkan teh ke air panas, kemudian angkat kantungnya dan letakkan ke dalam wadah berisi es batu. Setelah itu letakkan di puting yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.

– Mengurangi sakit gusi
Gusi berdarah selain perih memang tidak menyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.

– Mengurangi sakit bayi dari suntikan
Setelah imunisasi, pasti bayi menangis khan? Nah, coba basahi kantung teh, dan tutupkan di bekas luka suntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.

– Menghilangkan bau kaki
Hilangkan dengan cara merendam kaki dalam larutan teh. Buat larutan teh kental dengan cara merendam beberapa kantung teh. Rendam kaki selama 20 menit, bau kaki akan hilang secara perlahan.

– Gunakan sebagai mouthwash
Untuk mengurangi sakit gigi, kumurlah dengan teh peppermint yang dicampur dengan garam seujung sendok. Peppermint selain meredakan sakit, juga berfungsi sebagai antiseptik.

– Membersihkan perabot kayu dan lantai
Teh segar baik sekali untuk membersihkan perabot kayu dan lantai. Rebus beberapa kantung teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Gunakan kain lembut dan celupkan dalam larutan, lalu peras, gunakan kain lembab tadi untuk membersihkan perabotan. Keringkan dengan lap kering dan lembut.

– Membersihkan cermin
Untuk membersihkan cermin, buatlah teh kental, biarkan dingin, dan gunakan untuk membersihkan cermin. Lembabkan kain lembut dengan teh tadi, dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Kemudian keringkan dengan lap kering yang lembut.

– Memperkuat tanaman mawar
Taburkan teh yang sudah digunakan ke tanaman mawar Anda dan siram seperti biasa. Asam tannin yang ada dalam teh adalah nutrisi yang sangat berguna bagi mawar.

Iklan

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s