Mengapa Muncul Nada Fals ?

Standar

Seorang penyanyi harus mampu melakukan kontrol nada (pitch control) ketika bernyanyi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga konsistensi vokal, sehingga terhidar dari nada fals (atonal). Munculnya nada fals akan sangat menggangu kenikmatan pendengar. Akibatnya, cemoohanlah yang akan mendera si penyanyi. Bahkan, lebih parah lagi, ia akan kehilangan kredibilitas!

Ada beberapa faktor penyebab munculnya nada fals:

~ * Talenta Musik

Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Ada orang yang memiliki talenta musik yang baik, ada pula yang tidak memilikinya. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki kecenderungan musik (musikalitas) yang baik, akan cukup sulit untuk menjaga dan mengontrol nada. Diperlukan kerja keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Memang ada beberapa tips latihan vokal yang bisa mengatasinya, namun memerlukan waktu relatif lama.

Lain halnya dengan seseorang yang telah memiliki talenta musik (sekecil apapun itu). Melalui latihan intensif, ia akan lebih mudah menguasai dan mengontrol nada, hingga ia bisa bernyanyi mulus, tanpa fals sedikitpun.

~ *Range Vokal Penyanyi

Range Vokal adalah jarak antar nada dari satu interval ke interval lainnya. Dimana satu interval terdiri dari nada: do re mi fa sol la si. Sementara tata nada sebelum dan sesudahnya adalah interval lain.

Manusia pada umumnya, paling tidak memiliki 2 interval nada. Namun ada juga yang memiliki 6 interval, bahkan 8 interval nada. Vokalis Steel Hearth, Mariah Carey, Whitney Houston adalah beberapa penyanyi dengan range vokal sangat panjang.

~ *Nah, apa hubungannya dengan Fals?

Penyanyi dengan range vokal pendek, dia akan kesulitan menjangkau nada-nada yang terlampau tinggi atau rendah. Saat itulah yang paling rawan bagi mereka.

~ *Penguasaan Teknik Vokal

Bagi para penyanyi dengan range vokal pendek, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghindari ranjau-ranjau fals. Diantaranya adalah dengan menggunakan teknik falseto dan cop stemp. Kedua cara ini hampir sama, yakni dengan menggunakan nada ’palsu’ ketika menemui nada-nada tinggi. Perbedaanya adalah output power cop stemp lebih kuat dibandingkan dengan teknik falseto. Sehingga, dengan cop stemp, seolah-olah ia mengeluarkan nada ’asli’ atau normal.

Nah, jika kedua teknik ini tidak dikuasai, maka nada fals akan relatif banyak ditemukan.

~ *Tingkat Kesulitan Lagu

Tingkat kesulitan lagu berbeda-beda. Mulai dari yang hanya memiliki dua atau tiga chord saja. Hingga lagu yang memiliki puluhan chord dalam musik pengiringnya. Untuk lagu yang relatif mudah, tentunya tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ekstra untuk mengontrol nada. Tetapi, ketika menyanyikan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi, seringkali diperlukan beberapa kali latihan penguasaan untuk mendapatkan kualitas vokal yang mulus dari lagu tersebut. Hal ini tidak hanya dialami oleh para penyanyi pemula, tetapi juga oleh para penyanyi kaliber profesional sekali pun. Terutama dalam take vokal untuk rekaman di studio. Seorang penyanyi profesional bisa berkali-kali mengulang baris lagu yang sulit, untuk mencapai tone yang sempurna.

~ *Perangkat Audio Pendukung

Selain faktor internal penyanyi, faktor eksternal juga turut menentukan munculnya nada fals. Misalnya dalam sebuah pertunjukan di dalam gedung yang tidak disertai dengan setting akustik ruangan yang memadai, kemudian kualitas sound system seadanya, dengan tanpa disertai monitor vokal yang baik, niscaya si penyanyi akan sangat kesulitan untuk mengontrol nada.

Sehebat apapun kemampuan vokal si penyanyi, jika menghadapai kondisi seperti itu akan sangat sangat keteteran. Gedung tanpa penataan akustik yang baik, akan menimbulkan gaung yang sangat mengganggu stabilitas tempo. Akibatnya sangat fatal, konsentrasi penyanyi terganggu, harmonisasi musik dan lagu semakin kacau, karena si penyanyi akan menggunakan acuan tempo musik hasil pantulan (gaung), sementara si pendengar/penonton mendengarkan tempo yang asli.

16 thoughts on “Mengapa Muncul Nada Fals ?

  1. Hmmm…..kata Hoppus range vocal joe cuma 1/2 Oktaf…pasti banyak falsnye ye..??

    Dengerin Joe nyanyi dunk….truz kasih saran gimana nyiasati range vocalnye yang pendek….

    Suka

  2. r0ch4

    wah salah tuh..masak 1/2 oktaf????joe pasti gak semangat dalam membawakan lagu sampe dibilang cuma i/2 oktaf, pasti lebih dari itu,aku yakin…jangan menyerah dulu dan memvonis range vokal kita pendek…coba sebelum latihan minum kencur dulu, tau kencur kan? istirahat,menjaga kesehatan, dan sering latihan merupakan kunci sukses seorang penyanyi, ya klo gak ada waktu buat latihan, di kamar mandi bisa juga kan?:D….aku tunggu deh kabar selanjutnya dari joe, dan selamat mencoba [ aku saranin, baca habis kategory olah vokal di blog aku]

    Suka

  3. ridho musician

    sorry sblmx… Mskpn sy gag tau sapa i2 jo…. Tp gag mgkn ada org yg jangkauan oktafx cm 1/2 oktaf….. i2 brartu dia bs dapat 4 nada… yaitu do re mi dan fa…. mgkn 1 1/2 oktaf kalee…

    Suka

  4. waduuh, makasih deh dho’ atas comentnya, ada salah ketik tuh hehehehe, ini emang fungsinya tempat coment dan kritik, jadi bisa tau mana yang salah mana yang bener, makasih deh, iya emang bener kok dho’…lam kenal ya

    Suka

  5. patrick

    range vocal orang tu paling gag 1-1,5 oktaf pasti punya. jgn brkecil hati. dulu waktu gu 16 tahun jangkauan gue cuma 1,5 oktaf, sekarang 6 tahun kmudian udah 4,5 oktaf, latian aja..

    Suka

  6. Salam Hormat,

    Saya Pengajar/Pelatih VOKAL

    Saat ini saya mengajar di beberapa tempat Kursus, juga PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama. SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA.

    Juga sedang melatih Choir di SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan.

    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) untuk PS/VG
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).

    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.

    Saya bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dalam kawasan kota Jakarta.

    Terima Kasih

    WILLY / WILLAS
    021-91023213

    Suka

  7. crizwan

    saya pingin bisa nuyanyi tapi setiap saya nyanyi slalua aja mendahului musiknya jadi apa yang harus aku lakukan

    Suka

  8. Aris

    Boleh nanya gak?
    Kalo saya nyanyi, suara saya cenderung cempreng..
    Suara cempreng bisa d ubah gak sih?
    Kalo bisa, gmana cranya?

    Suka

  9. ihya

    salam damai..
    ada yang tau ga .. jenis makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari oleh vokalis ..
    thanks ..

    Suka

  10. AVIV

    Q mo Nax Dong,, gimana tips buat kita bisa Dengan Santai Mengambil nada2 tinggi tanpa Falseto or Suara Palsu,,seperti fadli Padi, yg Ambil nada tingging bgt tanpa Ada expresi yg Buat kita berfikir Dia kesulitan Ambil Nada i2,, ??????

    Suka

  11. latihan olah dasar yg paling dasar apa ya?trus klo kt g bs nyanyiin lagu2 dgn nada2 yg rendah apalg tinggi apakh bs dperbaiki?. ada org yg g pernah bljr olah vokal sama skali suarany bgs n bs nyanyi lg2 dgn nada tinggi. thx

    Suka

  12. Dep

    klo blm kuat lari 2km, lari 1km az dlu sampe nggk ngerasa cape lagi..
    klo dh klo dh nggk capek lari 1Km tambah lagi jd 1500M ntr bkalan kuat lari 2Km …
    itu istilah … buat nambah vokal range

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s