Mengatasi Nada Fals

Standar

Ketika bernyanyi live seorang penyanyi terkadang ’terpeleset’ ke dalam nada-nada fals. Hal ini cukup wajar terjadi, karena biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor kendala, sebagaimana telah dibahas pada tulisan saya sebelumnya. Akan tetapi, akan sangat tidak wajar jika penyanyi tersebut selalu fals dalam setiap penampilannya. Tentunya ada something wrong di balik itu.

Apakah ia harus pensiun sebagai penyanyi?? Oh tidak, tentunya kesimpulan itu terlalu dini. Setidaknya ia harus berusaha terlebih dahulu untuk memperbaiki kemampuan vokalnya melalui latihan intensif. Setahap demi setahap ia akan memiliki kepekaan terhadap nada, sehingga ia mampu untuk mengontrol nadanya dengan baik.

Di dalam term akademis dikenal teknik latihan solfegio (baca:solfej). Bentuk latihan solfegio bervariasi, mulai dari yang termudah sampai ke tingkat yang relatif sulit. Gunanya adalah untuk melatih ketajaman dan ketepatan nada si penyanyi. Salah satu bentuk latihan solfegio yang cukup praktis dan mudah digunakan adalah teknik latihan yang dikenal dengan nama ’moami amo’.

Sesuai dengan tujuannya, yakni untuk melatih kepekaan nada, latihan ini bertumpu kepada penguasaan tangga nada melalui naik turunnya nada. Selain untuk melatih kepekaan nada, ’moami amo’ juga sangat bermanfaat untuk lebih melenturkan vokal. Tak sedikit penyanyi pemula masih memiliki vokal yang cenderung ’kaku’. Maksudnya, ketika menemukan perpindahan nada tertentu (misal cengkok dangdut, legato, dll) sangat sulit ia raih. Nah melalui ’moami amo’ ini kendala itu bisa diatasi.

Oke, sekarang kita coba praktekkan. Ikuti nada-nada di bawah ini :

| 1 3 | 2 4 | 3 5 | 4 2 | 1 . | . . | . . |

mo o a a mi i a a mo

moamiamo

Ulangi beberapa kali hingga nada demi nada terkuasai dengan baik. Untuk ’moami amo’ pertama, cari dan tentukan nada dasar yang paling bawah. Ingat, kontrol selalu setiap nada yang dinyanyikan. Pastikan nada benar benar pas! Setelah itu baru dinaikkan nada dasarnya satu demi satu. Lakukan terus hingga mencapai nada tertinggi yang bisa dikuasai. Jika telah mencapai nada dasar yang cukup tinggi, ada kendala yang biasa dijumpai, yaitu nada 5 (sol) akan semakin sulit dicapai. Oleh karena itu, perketat lagi kontrol nada, khususnya terhadap nada 5 (sol) tadi.

So, coba dulu aja….

34 thoughts on “Mengatasi Nada Fals

  1. Dwi sentiko

    situs ini cukup bagus…
    gw pngen banget bza jadi vokalis yg berpotensi…
    karna kurangnya kualitas vokal gw,,demo lagu band gw di tolak label..
    gmn ya solusinya…

    Suka

  2. Dwi sentiko

    situs ini cukup bagus…
    gw pngen banget bza jadi vokalis yg berpotensi…
    karna kurangnya kualitas vokal gw,,demo lagu band gw di tolak label..
    gmn ya solusinya…
    klo ad solusi yg bagus bwt w hub…08999155052…

    Suka

  3. ari

    mas..ajari saya agar bisa mencapai nada tinggi…dan olah nafas…saya klo menyanyi sering kdodoran sama nafas bantu ya mas

    Suka

  4. hahahahahhah…..umak iki jan gak nang FB gak nang kene…isine ngejak guyon trus….iyo ancene..aku kan pakar sex..saingan karo dr. boyke….hahahahahahahahahaah

    Suka

  5. wahyu

    saya pnya kndala di nada tingi,
    jdi gmn cra’a ea klo qta spaya kuat nda tinggi,
    nd hal apa aj yg hrus qt lakuin,satu age mkanan yg dlarang apa aj ea ???
    thanks

    Suka

  6. Saya Pengajar/Pelatih VOKAL di tempat2 Kursus, juga ngajar PRIVAT ke rumah siswa serta di STUDIO yg saya ajak kerjasama.
    Utk SOLO maupun GRUP/Paduan Suara. Segala USIA. Juga utk SEKOLAH & KANTOR/Perusahaan. Waktu les/latihan FLEKSIBEL.
    Kalo mau privat ke rumah siswa,calon siswa harus punya alat musik keyboard.
    Skarang saya brdomisili di Beji-DEPOK.
    Saya bisa ngajar dimana saja asal dkt dalam kota Jakarta.
    Latar blakang saya: Choir, Penulis Lagu & Arranger Vokal (Not Angka) serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).
    Untuk lebih jelasnya dpt hub saya di: 012-91023213. ORA et LABORA ~ Salam VOKAL. Thanks *_*

    Suka

  7. ratih apriani

    mas ajarin aku nyanyi donk . coz kata temn2 band aku suara aku datar….
    please tolong bantu

    Suka

  8. iyo

    bradd gmna zii, klo cara ngambil nada tinggi…
    klo suara monoton harus d’gimanain… kasih tau dong trick’y..

    contack; 08979202392

    Suka

  9. wkwkwkwkwk.. Smuanya pda pengin suara bagus, kalu suaranya pengin bagus jangan tirukan yang sesuai di lagu tersebut, mksutnya jangkauan nada kamu sesuaiin sama lagu…

    Suka

  10. ferrat

    situs ini bagus juga …
    kanrna dari sini gw bisa tau cara latihan vokal ,gw latihan vokal karna gw mau mnjadi vokalis yang suaranya bagus

    Suka

  11. Choxy

    maaf mas, saya ingin tanya, awl’a saya bisa vokal tinggi sampai 5,, tpi knp 2 blan ini suara saya turun srastis,, jadi fals? genre musik saya punk pop…

    Suka

  12. masih belum mudeng saya . dari dulu saya sering mengeluh punya suara fales yang susah di latih . apa lagi suara saya kecil . pinginnya punya suara serak2 basah kaya mulan jamela . gmana cara nglatihnya ya ?

    Suka

  13. Harry

    Aku pernah dirubung cemut sekujur tubuh pas manjat pu’un sawo.. Mata perih, dari idung,mulut sampe keluar lendir. Tapi pas besoknya latihan,aku nyanyi lagu scorpion. Eee.. Ternyata nada tingginya nyampe semua. Suara jadi lebih plong.. Ini ceritaku,mana ceritamu?

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

