Ada Poligami, Ada Poliandri????

Standar

i do not like poliandri!

Setelah aku browsing kesana kemari,waaaaallaah….gak taunya penggemar Poliandri tuh bejibun dan mayoritas perempuan [ ya e ya lah, secara gitu loh :D], ada juga sih dari pihak laki-laki yang asal posting biar dikira lucu [kebanyakan postingannya guyonan dan semuanya kebanyakan hasil Copas = Copy Paste, malu bro..tulisan salah kok di Copas hehehehe ] dan semua orang diharapkan bisa tertawa, menertawakan Islam??? situ tau hukumnya melecehkan Islam? HAH ! TAU GAK… darahnya halal untuk dibunuh ! diem itu lebih baik bro, daripada ngomong tapi gak tau persoalannya, hati- hati bro, lidah tak bertulang, perang- perang yang ada di dunia ini mulai dulu sampe sekarang  itu hanya gara- gara lidah, hanya karena sepotong L.I.D.A.H !!! lagian, jangan asal bicara deh, ntar lo dikira mulut cewe lagi, mau lo? artikelnya kebanyakan guyonan…hiks hiks berhentilah kalian mempermainkan hukum islam,takutlah kalian kepadaNya.

Memang sih masalah ini g pernah selesai dan terus berlarut-larut dan terus menimbulkan opini-opini baru tentang Poliandri yang terkadang bisa membuat panas kuping. Dan karena gak selesai2, orang2 jadi pada bikin guyonan, aku juga heran,bukannya aku meremehkan kelegalitasan suatu hukum bahwa di dunia hanya ada satu,Poligami ! dan lainnya g ada……tapi kenapa klo Poliandri dilarang,kenapa ada istilah Poliandri? siapa yang pertama mempublikasikannya? gak takutkah dia melawan suatu hukum yang sudah jelas2 ada firmanNya? itu yang sebenarnya perlu dicari, aku hanya orang awam yang selalu ingin tau hal2 yang aku tidak tau, dan aku tidak perlu membela mana yang benar,karena setelah baca sana baca sini,aku jadi tau hanya Poligami yang benar, hanya Poligami yang legal [ merujuk pada Rosul] lain tidak ! tapi aku juga tidak mau menyudutkan istilah Poliandri itu sendiri, biarlah Alloh yang mengaturNya….

i do not like poligamy !

Kita ini sekarang ada di dunia, dimana semuanya itu bisa terjadi , hukum apapun bisa diputar balikkan, sekarang itu banyak orang bodoh tapi sok pintar, orang pintar tapi sebenarnya bodoh, gak tau apa- apa tapi bicara agama, banyak bicara tong kosong nyaring bunyinya…dan tau gak, setelah berdebat kusir yang gak ada abis2nya, para kumpulan hewan pengais tulang tak berotak [klo gak mau dibilang anjing !] itu malah bikin guyonan yang menyudutkan salah satu pihak yang sebenarnya mempermainkan hukum agama, wah wah….aku pribadi sebenarnya sangat menghormati kalian para wanita [dan para laki-laki yang mulutnya minta dirobek itu! ] seperti halnya aku sangat menghormati Mamaku sendiri, tapi kalian yang berkoar- koar tentang Poliandri itu sangat memalukan sekali, kenapa kalian sangat berani denganNya? apa kalian sadar bahwa kalian sudah bermain api denganNya?aku yakin kalian bukan dari agamaku, dan klo memang kalian dari agamaku, kalian pasti kurang memahami tentang firmanNya…aku juga orang bodoh seperti kalian, suka guyon seperti kalian, tapi aku bisa menempatkan diri, mana guyon yang baik mana yang gak, dan DIAM klo memang gak tau, klo kalian cerdik pandai dan tau masalah ini, gak apa- apa ikut ngomong, tapi yang aku baca dari browsing kesana kemari, kebanyakan dari kalian itu hanya coba-coba, sok pintar, sok tau !!!

Dan klo dari kalian ada salah satu yang pernah membaca postinganku tentang Poligami, itu karena aku memang membenarkan bahwa Poligami itu hukumnya boleh di kacamata Islam [ gak usah aku mengutip dari ayat- ayat tertentu ! ], tapi aku sendiri memang gak begitu sreg dengan Poligami,karena aku pribadi emang gak suka punya banyak-banyak istri, terlalu rame [tau sendiri kan, wanita itu suka ngomel dan suka ngeluh, bisa dibayangin klo istrinya 3 ato 4 dan semuanya ngomel campur ngeluh bareng2,waaaaa gak bisa ngebayangin deh…:D, belum lagi masalah anak, ribeeeeeet boo’ ! ] takut g bisa adil dengan yang lain, takut salah satu ada yang sakit hati dan takut- takut yang lain, kesimpulannya biarpun nanti aku ditakdirkan jadi orang kaya [ insyaAlloh ], tapi gak pernah ada di benakku untuk berpoligami !….wah aku sangat gak berani menanggung resiko sedemikian besar, biar deh hidup yang normal- normal aja, satu istri dan 2 anak cukuplah sudah…Poligami aja aku gak suka, apalagi Poliandri, sok tau kalian semua !

Daripada ngomongin yang gak jelas juntrungannya, lebih baik kita membahas masalah yang masih ada hubungannya dengan Poligami [ biarpun aku gak suka ], yaitu Pernikahan, postingan kali ini aku ambil dari sini .Pernikahan sendiri merupakan legalisasi penyatuan antara laki-laki dan perempuan sebagai suami isteri oleh institusi agama, pemerintah atau kemasyarakatan. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk perkawinan beserta pengertian / arti definisinya :

A. **Bentuk Perkawinan Menurut Jumlah Istri / Suami**

~ *1. Monogami.

Monogami adalah suatu bentuk perkawinan / pernikahan di mana si suami tidak menikah dengan perempuan lain dan si isteri tidak menikah dengan lelaki lain. Jadi singkatnya monogami merupakan nikah antara seorang laki dengan seorang wanita tanpa ada ikatan penikahan lain.

~ *2. Poligami.

Poligami adalah bentuk perkawinan di mana seorang pria menikahi beberapa wanita.

Berikut ini poligami akan kita golongkan menjadi dua jenis :
a. Poligini : Satu orang laki-laki memiliki banyak isteri.
Disebut poligini sororat jika istrinya kakak beradik kandung dan disebut non-sororat jika para istri bukan kakak adik.
b. Poliandri : Satu orang perempuan memiliki banyak suami.
Disebut poliandri fraternal jika si suami beradik kakak dan disebut non-fraternal bila suami-suami tidak ada hubungan kakak adik kandung.

***[ I am so sory, i do not like to part with this, because this section is not clear whether this term is the official and likely to make this part of the problem was never completed..]


B. **Bentuk Perkawinan Menurut Asal Isteri / Suami**

~ *1. Endogami.

Endogami adalah suatu perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan dalam lingkungan yang sama.

~ *2. Eksogami.

Eksogami adalah suatu perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan dalam lingkungan yang berbeda. Eksogami dapat dibagi menjadi dua macam, yakni :

a. Eksogami connobium asymetris terjadi bila dua atau lebih lingkungan bertindak sebagai pemberi atau penerima gadis seperti pada perkawinan suku batak dan ambon.

b. Eksogami connobium symetris apabila pada dua atau lebih lingkungan saling tukar-menukar jodoh bagi para pemuda..[ apa maksud yang terkandung dari kata-kata saling tukar menukar jodoh?????????]

Eksogami melingkupi heterogami dan homogami. Heterogami adalah perkawinan antar kelas sosial yang berbeda seperti misalnya anak bangsawan menikah dengan anak petani. Homogami adalah perkawinan antara kelas golongan sosial yang sama seperti contoh pada anak saudagar / pedangang yang kawin dengan anak saudagar / pedagang.

C. **Bentuk Perkawinan Menurut Hubungan Kekerabatan Persepupuan**

~ *1. Cross Cousin

Cross Cousin adalah bentuk perkawinan anak-anak dari kakak beradik yang berbeda jenis kelamin.

~ *2. Parallel Cousin

Cross Cousin adalah bentuk perkawinan anak-anak dari kakak beradik yang sama jenis kelaminnya.

D. **Bentuk Perkawinan Menurut Pembayaran Mas Kawin / Mahar**

Mas kawin adalah suatu tanda kesungguhan hati sebagai ganti rugi atau uang pembeli yang diberikan kepada orang tua si pria atau si wanita sebagai ganti rugi atas jasa membesarkan anaknya.

~ *1. Mahar / Mas Kawin Barang Berharga
~ *2. Mahar / Mas Kawin Uang
~ *3. Mahar / Mas Kawin Hewan / Binatang Ternak, dan lain-lain.

Sengaja aku gak mengutip ayat- ayat apapun untuk menguatkan argumen aku tentang apa yang aku tulis di artikel ini, itu karena aku masih mau dikritik bila nanti ada tulisan- tulisanku yang salah, dan menurutku pribadi siapapun orangnya klo sudah berani mengutip ayat- ayat tertentu, berarti orang itu sudah tau, sudah pandai dan berani tanggung resiko [bila ada kesalahan ] di depan Alloh SWT.

Pesanku buat yang sok- sok tau, ” jangan pernah latah ikut2an ngomong klo g tau apa- apa !”

Dan akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb


15 thoughts on “Ada Poligami, Ada Poliandri????

  1. r0ch4

    Dan aku memang berkata jujur[ bukan mencoba jujur ] mas, bahwa Poligami itu sangat tidak menyuarakan aspirasi wanita, biarpun aku sendiri mengakui bahwa Poligami itu secara agama sah adanya..apalagi yang namanya Poliandri, wah sangat gak cocok sekali mas dengan pemikiranku yang mungkin bagi sebagian manusia pada umumnya disaat sekarang ini bisa dibilang kuno, kaku, idealis ato apalah…

    Suka

  2. wah kamu itu lucu yaa. Di about me, kamu bilang paling gak suka dengan hal2 yang berbau feodal, mainstream, keserakahan, dan birokrasi.tapi yang paling aku benci adalah bangsa penipu, orang2 munafik yang berkeliaran seperti anjing di muka bumi ini. dan sampe sekarang aku masih belom ngerti menghadapi mereka kayak gimana.

    Kok bisa2nya bilang gini : situ tau hukumnya melecehkan Islam? HAH ! TAU GAK… darahnya halal untuk dibunuh !

    Waduh serem bener…sedangkan yg disebut melecehkan itu apa, sangat amat bisa diperdebatkan.
    Anda tahu yg anda sebut sebagai hukum islam itu aja gak jelas kok, yg mana, minimal kita kenal ada 4 Mazhab besar.
    Kalo anda pelajari masing masing, itu bisa beda jauh bro.

    Nah lho, anda mau ikut yg mana, apa salah satunya doank yg bener, terus pengikut yg 3 lagi harus dibunuh karena melecehkan Islam…bro bro, mikir panjangan dikit ngapa sih….

    Orang munafik yg anda sebut itu bisa jadi anda sendiri bro, wong anda sejatinya ndak tahu yg mana what so called hukum islam yg bener itu kok…anda berani bilang, orang yg ngejek2 poligami itu melecehkan islam.

    Lha wong anda aja belum bisa membedakan yg mana yg nilai islam beneran sama nilai budaya arab yg kebawa bawa dan dianggap islam kok, anda berani beraninya keluarin statement halal darahnya, kok enak banget yah menghalalkan darah orang.

    Anda benar benar kacau bro…

    Hati hati bro, jangan jangan anda selama ini termakan propaganda orang yg menyebut dirinya alim ulama, tapi sesungguhnya malahan menebar kebencian dan fitnah kepada orang lain.

    Tolak ukurnya sederhana saja bro, kalau anda ikut dan denger mereka, hati dan nurani anda tambah jernih, tambah lapang, tambah dewasa dalam memahami persoalan, maka anda mengikuti ulama yang benar.
    Tapi kalo hat dan nurani anda tambah uring uringan, tambah sebel sama orang lain, benci, pokoknya segala jenis perasaan destruktif lah, ya berarti anda dengerin orang yg salah bro…

    Wallahualam…(tahu kan artinya bro..)
    kalo anda tau artinya, anda tidak akan lagi gampang mengeluarkan statement, HALAL DARAHNYA…

    Suka

  3. r0ch4

    ok, and thanks atas kritikannya….aku jawab ya sanggahanmu [ gak perlu panjang lebar deh ] tapi kayaknya ada yang aneh deh di comment kamu ini, antara paragraf pertama dan paragraf kedua kata- katanya kok gak nyambung sih?coba kamu baca sendiri…betul gak tuh? ato kamu si bebek dungu itu yang punya blog gak jelas yang abis ta comment itu ? bener ya? masalahnya aku juga comment di “about me” bebekgoreng..klo bener iya, wah kamu memang sangat2 gak jelas, gak gentle..pake ID siluman lagi, tapi semoga aku salah hehehe… sebelumnya terimakasih kamu udah anggap aku lucu dan bisa jadi aku sendiri yang munafik, gimana, udah lega? sekarang gantian aku tanya, agamamu apa? apakah kamu tidak tersinggung ada orang ketawain tuhanmu?apa kamu gak marah klo ada orang yang ngolok-olok agamamu, realistis aja bro, kamu bukan nabi, bukan rosul, kamu manusia biasa seperti aku dan yang lainnya yang masih bisa emosi, masih bisa marah,murka dan lain sebagainya seperti halnya sifat binatang yang kadang- kadang sering timbul pada diri kita masing- masing !klo memang kamu ber- AGAMA Islam tapi kamu diem aja, bukankah itu yang namanya M.U.N.A.F.I.K ! memang aku marah, marah sekali…karena aku sudah bosan mendengar, membaca nilai- nilai Islam yang banyak dijadikan bahan guyonan, sehingga akhirnya orang menganggap hal itu sebagai bahan humor…aku ingin si pemilik postingan yang gak lucu samasekali itu minta maap kepada publik, gampang kan? aku tunggu balasannya bro…..wassalamualaikum Wr.Wb

    Suka

  4. waduh bro, masak ga nyambung sih, nyambung lah, anda bilang ga suka sama yg mainstream, feodal, birokratis, lah malahan ketika anda mengHalalkan darah orang itu bukannya feodal ya, dan mohon maaf sekarang ini aliran keras memang suaranya paling keras, mainstream donk, minimal suaranya.

    waduh lagi bro, anda bilang bebek dungu,bebek goreng, i dont know what you are talking about bro, lha wong saya bisa mampir di beranda anda ini gara garanya gugling nyari mp3 gratisan kok, eh malah nemuin artikel anda ini.
    bebek punya blog…? baru tahu saya, ini bebek beneran apa jadi jadian bro hehehe…

    Saya juga ndak ngerti ketika anda bilang wanita wanita yg suka (tulisan) tentang poliandri anda bilang melecehkan Islam, dimana pelecehannya…???? Jangan jangan mereka cuma protes yg mendapatkan penyaluran saja, karena ruang publik didominasi struktur budaya yg sangat mengagungkan laki laki.
    Saya yakin seperti mereka juga gak suka poligami, mereka juga gak mau poliandri kok. Emang enak punya banyak suami…ada banyak orang yg mesti disiapin sarapan, diseterika bajunya dan lain lain hehehe

    Yang melecehkan islam itu justru bagi saya adalah para laki laki yang poligami tapi pake alasan Islam, sunnah nabi lah, ini lah itu lah…ini pelecehan besar besaran menurut saya bro, kenapa? soalnya mereka itu jelas jelas alasannya nafsu belaka, lha wong lihat aja istri berikutnya pasti lebih muda atau lebih cantik kan. Kalo memang mau pake alasan seperti yg digunakan Nabi, ya silahkan kawinin janda janda tua yg miskin yg emang perlu dinaikkan derajatnya.

    Saya prihatin sungguh sekarang bro, banyak orang yg sebetulnya melecehkan nilai luhur Islam tapi malah koar koar, seolah olah dia itu yg paling Islam, sembari nunjuk hidung orang lain sebagai tidak Islam, kafir, murtad dan lain lain.

    Mikir tuh mbok ya yang positif dikit bro…

    Jujur bro, saya paling ndak suka sama orang yg dikit dikit, halal itu darahnya, hajar, bunuh, sikat…waduh trauma saya bro, sudah cukup ibu pertiwi disakiti anak kandungnya sendiri. Indonesia ini udah ketinggalan jauh dari negara negara lain, lah kalo rakyatnya masih mikirnya cupet epet epet gini gimana dan kapan majunya.

    Seperti yang saya bilang bro, 4 imam mazhab besar itu syariat nya bisa beda banget, tapi mereka gak saling melenyapkan, ga saling menghalalkan darah yg lain.Ga pengikutnya ya…

    Bro, anda ini bawa bawa Islam, tapi anda tahu gak arti Islam itu bro, Islam itu pasrah berserah, bukan dikit dikit ancam.

    Sekali lagi kalo anda tahu artinya wallahualam, anda harusnya lebih rendah hati dan tidak seenaknya menghalalkan darah orang gitu.

    Waduh dari cuma cari mp3 kok jadi berdebat begini, ga papa lah bro, yg penting sehat ya, jangan emosi lho bro.
    Kalo emosi hati panas, otak panas, ya gak ada yg didapat.

    Saya ndak perlu menjelaskan agama saya apa kan. hehehe

    Suka

  5. r0ch4

    koreksi lagi tulisannya bro…ada yang salah tuh, baru belajar agama ya? non muslim?atheis? ato apa? seharusnya kan bangga, kok malah malu? hahaha akhirnya kebaca deh, mulai pertama aku udah tau you pasti gak akan mau jelaskan apa agamamu, dan sama bro, aku juga paling gak suka dengan orang yang gak jelas..bikin comment itu dikit aja bro tapi berbobot, lha ini udah panjang, gak ada manfaatnya samasekali….percuma aku gak emosi, dari perdebatan ini satupun gak ada yang bisa aku ambil hikmahnya, mulai kemaren tulisan kamu tentang Islam Nol semua, aku kemaren kan dah bilang klo emang gak tau apa2, jangan bicara deh, belajar lagi bro….

    Suka

  6. Iya bro, saya memang baru belajar, dan saya akan belajar terus seumur hidup saya bro. Thanks bro, oleh sebab itu karena saya bodoh dan masih saja terus belajar saya ndak mau ah dikit dikit ngancam, apalagi sampai menghalalkan darah orang lain yang sama sama mahluk ciptaan Allaw SWT.

    Nabi pernah bilang : Innama buitsu li utamima makarimal akhlaq.

    Dan saya kira mengancam membunuh orang lain yang sebetulnya ndak ngapa ngapain, apalagi disebut melecehkan itu tidak sesuai dengan perkataan Nabi diatas.

    Udah ah bro, mau belajar dulu.

    Suka

  7. r0ch4

    ejaannya salah lagi tuh…iya wes, gpp,jangankan kamu, aku aja masih belajar dan terus belajar, makanya aku gak mau pake dalil2 karena ya seperti ini, disalahkan orang..selamat belajar aja deh and thanks a lot udah mau datang dan bercengkrama denganku di blog ini

    Suka

  8. kalau mau jujur pada diri sendiri dan percaya hukum dan hak Cipta, kenapa Tuhan ciptakan wanita lebih banyak daripada pria ???? poligami adalah penyeimbang porsi yang berbeda tersebut, jadi kenapa dipersoalkan ?. sedangkan pelaku yang iklas telah membuktikan tingkat sosial dan toleransi yang tinggi sebagai MANUSIA SOSIAL, laa elo-elo pada mahkluk sosial apa soksial ?. Dalam batasan ADIL manusia hukumnya amat vareatif sesuai dengan kemauannya, ADIL Tuhan maka Dialah yang paling tau. ok

    Suka

  9. andrian

    Sori…. menurut gue dalam memberi penilaian terhadap tulisan orang yang memakai filsafat yang lain dengan kita, kita harus menilai dari sudut pandang netral..

    misalnya : gue pribadi gak masalah ada temen gue yang nolak poligami… wong dia Kristen… itu kan sesuai dengan ajaran dia… gak logis dong aku nyalahin pola pikirnya dengan sudut pandang ku… dan dia juga gak ngelarang temen2 gue yang poligami, cuma dia gak setuju kalau diperlakukan padanya… gitu doang…

    misalnya lagi :
    gue juga ga mungkin dong ngelarang orang nonmuslim buat ga makan babi… itu kan larangn buat muslim..
    walopun menurut kita dagingnya ga baik dari semua segi, in the end itu kan pilihan setiap orang… kita ga boleh bilang nyalahin dia khan???

    menurut gue si testosteron itu banyak benernya juga…
    menurut gue semakin cinta agama harusnya semakin damai kepalanya… seandainya orang hina2 prinsip2 hidup yang gue pegang, gue gak akan lansung marah2 sama dia… “emang prinsip kita udah beda”.. gue malah mikir, ” loe kok gak bisa pahamin prinsip gue”.. itu aja..
    nah menurut gue juga ya,. kalo ada orang yang menghina ajaran agama kita mendingan , eh, seharusnya ding, kita doaen aja dia, biar bisa memahami atau bertaubat.. dari pada “darahnya halal””!!!!
    lebih dapat pahala kan… dan lebih damai…

    cinta itu menderita temen, kalo lo cinta agama lo, lo harus siap menderita karna agama lo,.. bukan membalas dendam karna agama lo… gue yakin Tuhan pasti lebih suka orang jahat yang bertaubat dari pada orang jahat yang dibunuh umat-Nya.

    Lagian, kita ini hanya manusia yang tidak ada apa-apanya. Kita manusia tidak akan sanggup membela Dia..
    membela agama kita. “emangnye kita punye ape??”
    Dia yang akan meluruskan jalan dengan kekuatannya….

    lagian, gue sering bilang ke temen2 gue… “kalo lo “ngerasa” lo siap di poliandri, baru poligami istri lo.” nyatanya ga ada co yang mau di poliandri khan… kalo mau poligami, nkah dong ama janda2 tua… kalo tujuannya buat naikin derajat.

    nah, kalo istri keduanya lebih muda dan lebih cuantik,
    “MASIH BANYAK KALE LAJANG YANG MAU!!!!”””
    so, emang kebanyakan ngerusak citra agama itu, ya penganut2 dari agama itu juga…

    hehe… jangan cepet emosi ya coi… kalo misalnya orang lain nulis sekasar ini mengenai prinsip lo, perasaan lo gimane??…

    gue yakin, semakin tinggi ilmu agamanya, semakin sabar orangnya… semakin memahami ajaran orang lain juga.

    gue juga yakin, gak ada artinya kita tau detil2 agama dan memperdebatkannya kalau sedikitpun kita ga pernah praktekin, ga da gunanya kita tahu seluruh isi kitab, tapi ngomong nya sangat kasar… rasa2nya…

    sori coi,. walo gue ga tau apa apa, tapi cuma coba buat damai…
    gara2 emosi agama2 kayak gini nih yang buat penulis lagu bilang”seandainya ga ada agama, mungkin dunia akan lebih tentram”.. abiz… banyak sekali orang perang gara2 agama… di postingan ini contohnya…

    lagian, kalau bicara poligami, hmm… adam cuma punya satu hawa tuh… gue mau yang kayak gitu tuh…. heheheh

    Suka

  10. gwe adlah seseorng yang menghormati wanita setelah orangtua gwe. . .

    mnurt gwe kalian semua. .hanya berputar2 dalam satu lingkaran itu2 saja alias jalan d tempat. .hanya buang2 energi. .

    menurut gwe, orang yang miskin ilmu ini . . .dalam kehidupan beragama muslim g ada istilahnya polyandri ato bersuami lebih dari satu. . .

    yang ada tuh polygami. . .yang d sunahkn rasul, ,dan kriteria wanita yang d perbolehkn berpoligami jga g smbarangn, ,

    okey2 gwe emng g ngerti msalah gtuan. . .yang pnting skarang qta g prlu ngotot, itu bener ini salah ato sebalikny. . .

    polygami ato polyandri tergantung pribadiny masing2. . .toh itu adalah hak individual, , mungkin mereka begitu . . mereka akn bertanggung jwb atas smua yng mereka lakuin, ,trus ap yang skrang qta ributn (g ad kn?). . .jadi intiny qta sbagai manusia dwajibkn blajar dari suatu peristiwa dan ambil manfaatny hilangkan madaratny. . .(seperti kita belajar dari seekor ayam yang selalu berkokok tiap pagi dari zaman ayam baru diciptain ampe skrang). .

    jujur gwe acungin jempol 4 buat postingan ini. . .selain gwe bsa nambahn ilmu. . .gwe jga bsa nyengir kuda liatin komentarny yang pedes2. . .

    AMPUN PEMERINTAH. . .I LOVE YOU FULL

    Suka

  11. cakcuk

    Weh Mas r0ch4 jadi emosi tuh!
    Mas r0ch4 yang sabar aja deh…
    yang penting wacana dah dibuka, perkara orang mau sependapat atau tidak,ya itu urusannya. kalau dia bikin posting yang merusak ya di delet saja … biar gak bikin orang yang nyasar baca artikel ini gak jadi semrawut pikirannya. gimana ?

    Suka

  12. ari

    Banyak cara untuk masuk surga, tidak harus berpoligami 🙂
    Klo itu menyebabkan banyak kedzoliman malah satu keluarga bisa masuk neraka (mis : tekanan psikologis anak, istri yg tidak bahagia, sampai istri yg sombong dan merasa yakin bakal masuk surga dan menganggap wanita lain yg tidak mau dipoligami tidak layak masuk surga).
    Juga tidak boleh menggabungkan semua istri dalam satu atap, itu juga dosa.
    Nabi Muhammad aslinya jg tidak poligami, setelah istri pertamanya meninggal beliau baru berpoligami, itupun hanya karena beliau begitu baik hati dan niatnya menolong (Bayangin mana ada cowo yg mau nikahin cewe yg 25 th lebih tua, punya anak 9 atau lebih, dan itu istilahnya sisa janda yg tidak terpilih, tidak ada yg mau nikahin dia). Klo gw sich ogah, hehehe :p
    Dari sisi wanita, memang lebih baik punya suami yg poligami asal suaminya sholeh, cukup harta dan cukup rupawan. Daripada monogami tapi suaminya kelakuannya gak bener, banyak utang dan mukanya jelek banget, hehehe :p
    Tidak apa2 klo mo nikahi janda tua atau (maaf) perawan gak laku. Tapi klo kebanyakan nikahin perawan muda dan ayu, cowok2 yg kualitasnya pas2an bisa gak kebagian, jd banyak duda gatel ama perjaka lapuk, hehehe :p
    Poligami itu solusi, bukan anjuran, apalagi kewajiban. Banyak hal wajib di Al-Qur’an yg jelas harus untuk dijalankan, orang tidak mau melakukan, sekedar baca terjemahan Al-Qur’an aja banyak yg belum pernah. Malah yg cuma dalil kyai gak jelas, karena terlihat menguntungkan, ditelan mentah2, padahal salah2 malah bisa menyeret qta ke neraka.

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

