Resep Masakan Soto Ayam Lamongan

Standar

soto lamongan bos

Waktunya makan- makan hehehe……gak masalah kan klo aku posting resep2 masakan? jangan dikira, gini2 aku bisa masak lho,kebetulan suka bantu- bantu mama di rumah klo beliau lagi masak, bantu2 ngabisin hahahaha…ya deh, langsung aja..tapi ini bukan menu para Vegan…menu ini buat umum :


Bahan-bahan Soto ayam:

1 ekor Ayam
4 btg Daun bawang (dipotong kecil-kecil)
3 btg Seledri (dipotong kecil-kecil)
2 sdm Kecap manis
1/2 sdt Cuka
100 gr Keripik kentang
100 gr Soun (rendam ke dalam air panas dan tiriskan)
4 butir Telur ayam (direbus kemudian kulitnya dikupas)
2 sdm Bawang goreng
Bumbu penyedap dan minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang merah
8 siung Bawang putih
1/2 jari Jahe
1 sdt Merica
Garam secukupnya

Sambal Soto:

Haluskan bumbu-bumbu berikut:
5 buah Cabe merah (direbus)
10 buah Cabe rawit (direbus)
3 btr Kemiri (digoreng)
1 siung Bawang putih (digoreng)
Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
Tambahkan air ± 4 sdm, siap disajikan dengan soto.

Cara memasak Soto:

Ayam direbus hingga empuk, pisahkan dari kaldunya.
Ambil kaldu secukupnya ± 2 1/2 liter.
Potong ayam tipis-tipis, goreng hingga setengah kering, tiriskan.
Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis sampai harum.
Tambahkan kaldu ayam, masak hingga mendidih.
Tambahkan daun bawang, kecap, cuka dan bumbu penyedap, aduk sebentar dan angkat.
Taruh soun, ayam, dan telur dalam mangkok.
Beri kuah kaldu ayam tadi, taburi bawang goreng dan irisan seledri.
Tambahkan air jeruk nipis, sajikan dengan keripik kentang.

Yup, selamat mencoba…


Iklan

3 thoughts on “Resep Masakan Soto Ayam Lamongan

  1. resep mas robby kalau boleh saya bilang adalah resep soto rumahan bukan resep soto lamongan yang dijual pada umumnya. untuk membuat soto lamongan yang tersaji biasanya tidak menggunakan irisan kentang, tapi biasanya pake soun, irisin kubis (kalau suka), dan daun seledri. selain bumbu2 yang anda sebutkan ini adalah rahasia nikmatnya soto lamongan, tambahkan bumbu anda dengan ikan bandeng atau udang yang digoreng terlebih dahulu kemudian diulek sampe halus dan dijadikan satu dengan bumbunya.

    Suka

  2. waduh…waduh..alhamdulilah ada info yang lebih valid, iya, iya makasih deh….tapi lom ta coba nih, ntar deh, tapi alhamdulilah, aku emang mengharapkan ada info yang lebih bagus untuk membuat soto

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s