Martabak Manis Special

Standar

martabak

Waaaaaaaa……..nih baru seeeeeeeepppp !!! Jajanan ini yang sering aku bikin waktu di kos2an dulu, rasanya maknyuss poll…ya karena bikinan sendiri sih hehehe, lagian daripada beli diluaran udah mahal tuh…kan mending bikin sendiri…bisa kita bikin macem- macem isinya, iya gak ?

*Bahan 1 :

~ 125 gr tepung terigu all purpose
~ 2 sdm gula pasir
~ 175 ml air
~ 1/4 sdt garam
~ 1/4 sdt baking powder
~ 1/2 sdt ragi instant


*Bahan 2:
~ 2 butir telur
~ 25 gr gula pasir

*Bahan buat isiannya :
~ Mentega (butter) untuk olesan
~ Susu kental manis warna putih
~Keju, Coklat dll


**Cara bikinnya :
Campur semua bahan 1 (kecuali ragi), blender dengan kecepatan rendah sampai adonan rata dan halus. Matikan blender, kemudian masukkan ragi. Aduk dengan spatula sampai rata. Tutup adonan dengan plastik wrap. Diamkan minimal 2 jam
Panaskan loyang martabak dengan api sedang kurang lebih 10 menit.(biasanya pake teflon yang dikhususkan buat bikin martabak). Campur semua adonan 2, kocok lepas. Campurkan bahan 1 yang telah didiamkan tadi, aduk rata sampai adonan halus.
Setelah loyang panas, masukkan adonan ke loyang. Tunggu sampai adonan membentuk rongga dan sedikit berbuih. Taburkan 1 sdm gula pasir. Tutup loyang dan biarkan matang (biasanya di tutup loyang teflon yang terbuat dari bahan kaca akan timbul uap air. Jika uap air udah banyak secara bersihkan dengan tisu, kemudian tutup lagi loyangnya. Uap air ini bisa menyebabkan martabak jadi basah).
Setelah matang, pindah martabak ke piring datar. Olehkan mentega (butter lebih legit) sesuai selera. Beri susu kental manis sesuai selera. Beri taburan coklat, keju (bisa juga ketan hitam yang telah direbus terlebih dahulu, wijen atau kacang tanah yang telah dipanggang). Potong dua martabak, kemudian lipat. Beri olesan butter pada bagian atasnya agar martabak lebih legit dan harum.

One thought on “Martabak Manis Special

  1. adint

    ntar aku mau coba deh,, tapi dengar2 baking powder (atau baking soda ya) itu kalo di amrik uda di larang ya sebagai tambahan makanan… okelah ntar aku ganti dgn yang lain…

    Suka

Tinggalin balasan ente ya gan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s